Membuka Regedit Yang Terkunci

Regedit adalah salah satu gerbang untuk merubah dan melihat isi dari registry Windows kita. Dan registry adalah pusat dari hampir semua konfigurasi Windows. Jika registry kita bermasalah maka bisa di pastikan bahwa Windows anda tidak akan berjalan dengan baik. Dan celakanya, akhir-akhir ini virus lokal maupun import (virus komputer koq import ya…) sering kali memainkan registry sebagai trigger-nya.

Dan lebih menjengkelkan lagi, sering kali virus juga memblok Regedit alias Registry Editor sehingga kita tidak bisa melihat di key-key startup registry. Jika kita paksakan membuka Registry Editor maka kita akan mendapat pesan kesalahan.

Ada beberapa cara untuk membuka kembali regedit, tapi ada satu cara yang menjadi favorite saya karena kita akan memakai alat built-in Windows untuk merubah nilai-nilai registry kita, yaitu perintah DOS reg.

  1. Klik Start -> Run, ketik cmd lalu tekan Enter.
  2. Di prompt, ketikan REG DELETE HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System /v DisableRegistryTools lalu tekan Enter.
  3. Ketik Y ketika di konfirmasi.
    ketikan perintah reg
  4. Regedit anda sudah terbebas dari kuncian virus dan bisa dibuka kembali.

Lalu tinggal hapus baris-baris perintah yang memanggil aplikasi virus-nya atau melakukan tindakan-tindakan yang lain yang berkaitan dengan registry.

120 comments

  1. Makazih ya? Soalnya regedit di komp q udah lama terkunci. . .
    Truz kalo caranya mau hapus autorun.inf gimana? Blaz di email q. . . .

  2. “Lalu tinggal hapus baris-baris perintah yang memanggil aplikasi virus-nya atau melakukan tindakan-tindakan yang lain yang berkaitan dengan registry.”

    maksudnya apaan tuh…???

  3. @Anak IT: Disini aja ya biar buat informasi yang lainnya juga. Biasanya autorun.inf memang mempunyai atribut Hidden sehingga secara default tidak keliatan apalagi jika autorun yang di buat oleh virus. Untuk memunculkan autorun.inf yang tersembunyi itu, ada 2 cara yang saya bisa sharingkan:
    1. Lewat DOS console. Pindah ke drive anda dengan mengetikan huruf drive anda:. Misalnya D:. Lalu ketikan attrib -h autorun.inf lalu enter. Untuk menghapus pakai perintah del autorun.inf.
    2. Jika dengan GUI mode, setting dulu Windows Explorer agar membrowse hidden file juga. Setting bisa di lakukan di Tools -> Folder Options, klik tab View dan pilih opsi Show hidden files and folders lalu klik tombol OK. Lalu hapus autorun.inf yang sudah keliatan itu dengan cara biasa (menekan tombol Del).
    Untuk masalah atribut anda bisa baca di: http://www.edisusanto.com/mengembalikan-atribut-file-dan-folder/

    Semoga sedikit membantu ya…

  4. @hegel: Hmmm, karena virus sekarang kan sering kali meletakan trigger-nya di registry, biasanya di path HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run atau bisa yang lainnya. Nah salah satu langkah untuk ‘melumpuhkan’ virus salah satunya adalah menghapus beberapa key atau data value yang mereka buat disana dan jika Registry Editor tidak bisa dibuka kan akan menyulitkan kita untuk memanage registry kita.

  5. Malam bos, sy sudah melakukan seperti yang tertulis untuk membuka regedit yang terkunci tetapi kok tidak bisa? akhirnya saya install windows xp lagi, tetapi sehabis policies untuk sytem kok tdk ada, yang ada hanya explorer saja, apakah windows sy rusak? terima kasih atas jawabannya,untuk dikirim ke e-mail saya.

  6. @purwanto: Untuk instalasi Windows baru, kemungkinan besar key untuk policies memang belum ada. Oya, sama itu tidak jalannya apakah ada satu langkah yang terlewati pak? Karena pada dasar nya perintah reg itu adalah perintah DOS, dalam eksekusinya biasanya kesalahan yang terjadi terletak di salah ketik.

  7. Bos Bart.Edi aq sudah memakai cara yg pakai dos, tetapi setelah pakai del Autorun.inf pd dos prompt kok ada jawaban access denied. bagaimana cara hapusnya. terima kasih tlg dikirim ke e-mail saya

  8. @purwanto: Kang Purwanto, kalo masih keluar access denied itu berarti dia masih punya attribut read only. Coba reset semua attribut file autorun.inf dengan ketk attrib -r -s -h autorun.inf lalu ketik Enter.

  9. Halo Mas… kenalkan saya Yulianto. komputer saya juga sedang mengalami masalah regedit saya terkunci sama virus Microsoft. saya agak bimbang dengan saran mas. kalok menghapus String untuk membuka regedit. sedangkan nama “Value Name dan string” nya ja berbeda dengan yang “Value Name N string” yang digunakan ma Virus buat ngeblok regedit. apakah harus mengetahui dulu “value name” yang digunakan oleh virus terlebih dahulu? saya agak bingung

    artikel terakhir Yulianto | Recording MIDI from Spiral in FL Studio

  10. @Yulianto: Ya kekurangan memakai program REG ini kita ngga leluasa melihat isi registry. Tapi tetep bisa koq pake parameter REG QUERY nama key

  11. mas edi,regedit saya terkunci virus.trus saya sudah coba membuka regedit dengan cara yang mas anjurkan di web ini,tapi regedit saya tetap tidak bisa dibuka..saya minta saranya n kalo bisa tolong disertai dengan cara lain..thanks …

    fahruk

  12. mas drive e sya tdak bsa dibuka…. gmna cara membukany?…..
    jika saya klik drive e maka keluar disk formated…
    klaw tmen sya bilng it bad sector….. saya formated pun tdak bsa……
    tetapi jlan 1 nya sy instal ulang….
    sy kehilngan 20g dr hardisk sya….
    selang beberap minggu…. temen saya membalikan hardisk sya yg 20g itu… saya tanya gmn cra nya dia hanya tersenyum mas….
    saya ingin tau bagaiman cara nya mas…..
    thanks b4…….

  13. Hai . .
    TloNgn anet dunk . .
    Gni Loh . . Anet kan Gx merasa Make pasword kok tibA2 pas anet buka laptop kok ada terkunci GiTu windows nya.Pke username n pasSword . . .Truz gk bisa lg dbuka . . .Anet uda nangIs2 tau saking seDiHny aBiz byak Tugas LaGi . . .Anet mhoN BanTuan anet dunk . . .Kirim ke email anet ya . . .PLiz scpat mungkin.Ampe gk bs tidur ni anet mikir . . .HwaAa tlunk . . .

  14. mas, tolong dong
    cara merubah drive d: menjadi drive a: gimana sich???

    mohon bantuannya, demi kesuksesan kita bersama.
    sebelumnya terimakasih.

  15. maaf pak sebenarnya ini bukan komentar\opini tapi saya punya unek-unek nih gimana cara membuka run yang terkunci karena virus????????

  16. kenapa y task manager di komputer saya terkunci apa gara gara virus trus gmana cara ngebuka nya,,,,

  17. setelah saya tulis ;
    REG DELETE HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System /v DisableRegistryTools
    yang keluar malah,
    ERROR: the system was unable to find the specified registry key or value

    mohon pencerahannya.

  18. @Rocky: Berarti di komputer mas Rocky belum ada value itu, karena value DisableRegistryTools memang tidak di dapati di semua registry komputer.

  19. akhirnya dapat dibuka dengan cara “attur regedi.vbs” mas…
    thx ya mas…

    klu task manager di disable kan, aktifinnya gmana mas???

    mohon pencerahannya lagi…

  20. sudah bisa mas dengan cara “atur regedit.vbs”

    sekarang folder optionnya mas?

  21. mas,thanks ya.artikelnya membantu sekali.nah permasalahannya adalah…virusnya sembunyi dmn ya?artikel tersebut kan cm membahas cara membuka folder option,task manager dan registri editor.nah virusnya sendiri dmn tuh?makasih

  22. terima kasih untuk, tip dan triknya yang sederhana tapi bagi saya itu sangat besar manfaatnya

  23. om aq d masalah ni

    komputer aq saat main gameonlne sangat macet padahal sinyal internetna bagus
    lalu d yg sarankan buad download tuneup

    om apa aq harus download tuneup

  24. mas mw tanya ni,sy lg bingung bgt sm office kompi sy..pake ofice 2007. trus kyanya kna virus, udah ta’ scan pake smadav,tp pas ud dscan,officenya jd g fungsi. Cm bs buka tp gak bs ngedit..ktanya kekunci gitu? mohon infonya y mas,cz sy awam bgt u/ masalah kompi..apalagi softwarenya..thx b4..

  25. thank lagi mas..

    klo taskmanager yg di kunci gmna cara buka nya mas… apa bisa lwat script vb??

    mohon saran dan kebijakannya

  26. cmd, regedit,gpedit.msc tidak bisa di buka cuma muncul perintah C:\windosws\system32\error
    bagaimana mengembalikan printah semula tanpa harus instal uang winows, saya mohon penjelasannya……?

  27. aq ada masalah di file registry… perintahnya ad yang harus di delete.. dikarenakan aq kemarin hbs uninstall sofware..
    klo mau buka file registry gimana ya di windiws xp

  28. Saya sdh pernah pake cara di ats tapi regeditnya tetap tdak bisa terbuka. bagaimana solusi lain dari masalah ini

  29. ksih tw dunkz membuka website yang diblokir oleh server wifi gmn?
    tp lwt regedit y./.

  30. @terry: kalo yang di blok server mah kaga bisa di buka lewat registry, karena biasa kalo ada website di blok lewat server, server tersebut memakai software router + firewall….

  31. REG DELETE HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System /v DisableRegistryTools
    yang keluar Error : Invalid command-line parameter.
    Apanya yg salah tuh mas?? thx’s utk pencerahannya.

  32. om saya maw minta tentang regedit dunk

    apa sich kegunaannya..?

    TOlong dikirim ke Email gw ya…

    thanks….

  33. @untuk mengedit/memanipulasi registry Windows, hampir semua configurasi Windows kita di simpan di registry.

  34. Malam Pak,makasih yaa regeditnya berhasil dibuka,namun terbukanya cuma beberapa detik saja sdh itu hilang lagi”Registry Editor”nya.terus gimana Pak,tolongin lagi ya………………………thk

  35. KAK SAYA SUDAH MENCOBA YANG ADA DI ATAS
    TETAPI REGISTRY TETAP SAJA TERKUNCI DAN PADA CMD TERTULIS “REGISTRY EDITOR HAS BEEN DISABLE BY YOUR ADMINISTRATOR”
    KAK TOLONG BANTUANNYA YA….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.