Mengembalikan Atribut File Dan Folder

Belakangan ini virus mulai bermain sembunyi-sembunyi-an file dan folder kita. Seperti yang kita ketahui bahwa di dunia Windows, file mempunyai 4 atribut; Archive(A), Read Only(R), Hidden(H) dan System(S). Nah, kalau file tersebut mempunyai atribut Hidden maka file atau folder tersebut akan di sembunyikan dari explorer anda. Sebetulnya anda bisa men-set opsi Windows Explorer anda untuk menampilkan semua file termasuk file yang mempunyai atribut Hidden melalui menu Tools -> Folder Options lalu klik tab View kemudian anda tinggal pilih opsi Show hidden files and folders. Dengan aktifnya opsi itu file tersembunyi anda akan terlihat. Tetapi sang pembuat virus juga ngga kalah akal…

Banyak virus lokal sekarang yang menyembunyikan menu Folder Options sehingga kita tidak bisa set opsi seperti yang di atas. Dan hal itu menimpa komputer teman saya kemarin.

Akhirnya saya mencoba melalui DOS command, saya bermaksud menggunakan perintah attrib. Untuk menggunakan DOS command anda harus masuk ke console-nya dulu dengan cara tekan tombol Windows + R secara bersamaan, ketikkan cmd di kotak input dan tekan tombol Enter.

Lalu arahkan ke folder dimana folder atau file anda di sembunyikan dengan perintah cd <nama_folder>. Misal jika nama folder anda WordPress maka ketikkan cd WordPress lalu tekan enter. Setelah anda masuk ke folder tersebut, dan misalnya anda ingin menghilangkan atribut Hidden di folder wordpress-2.6, gunakan perintah attrib.

Sintaks dari attrib ini sangat sederhana, penggunaannya adalah attrib +/-attribut[R/H/S/A] nama_folder atau nama_file. Jika anda ingin menghilangkan atribut Hidden di folder wordpress-2.6, ketikkan attrib -h wordpress-2.6 lalu tekan Enter.

Nah sekarang folder tersembunyi anda sudah muncul kembali, selamat mencoba….

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge