Menggunakan MySQL

MySQL adalah salah satu aplikasi database server yang sangat terkenal hari ini. Hebatnya lagi MySQL adalah produk open source yang terus dikembangkan oleh MySQL AB. Memang sih, ada produk yang enterprise. Tetapi untuk kebutuhan saya sebagai programmer, MySQL sudah dapat diandalkan. Selain gratis juga sangat reliable.

Selama ini saya selalu mengkombinasikan antara Visual Basic 6 atau Visual Basic 2005 dengan MySQL. Sebelum MySQL versi 5 memang anda tidak akan menjumpai yang namanya View (Virtual Table), Stored Procedure dan Triggers. Tetapi setelah MySQL 5, semua ‘syarat’ untuk menjadi RDMS database server sudah ada semua.

MySQL sebetulnya lebih dikenal didunia programming web, karena biasanya jika anda memakai CMS (Content Management System) sudah hampir dipastikan pasti anda berhubungan dengan MySQL. Bahkan konon, MySQL pun dipakai oleh Yahoo Finance dan tentu hal itu bisa sedikit menenangkan kita sebagai programmer karena sudah terbukti ketahanannya.

OK, kembali lagi antara kombinasi antara Visual Basic 6 dengan MySQL. Kenapa masih pakai Visual Basic 6. Ya, karena compile time nya secepat kilat, debugging nya masih simpel-simpel aja, karena jarang memakai library-library yang ada di framework-nya .NET ya jadi semakin malas aja memakai VB 6 keatas. Memang jika dibandingkan dengan Microsoft SQL, MySQL ini kalah dukungan, maklum satu pabrik antara Visual Basic dan Microsoft SQL. Dengan Microsoft SQL, connector nya pun udah ngga perlu pakai ODBC yang katanya lambat itu, connectornya sudah tersedia dan bisa langsung akses melalui OLEDB ngga perlu muter ke ODBC dulu.

Sebetulnya kalau kita ingin aplikasi database server yang gratis sih ada beberapa pilihan, yaitu: MySQL, PostgreSQL, Microsoft SQL Server Express Edition, dan Oracle 10g (yang express edition kali ya… tapi saya tahunya ada versinya yang gratis). Tapi orang biasa memilih MySQL atau PostgreSQL yang karena open source jadi alat bantunya banyak yang mengembangkan.

Nah, kembali ke MySQL, jika anda memang berniat untuk memakainya untuk programming dengan Visual Basic 6, langkah pertama yang perlu anda download adalah:

  1. MySQL Server.
    Ini tentu saja aplikasi database servernya.
  2. MySQL ODBC Connector.
    Ini adalah konektor antara aplikasi Visual Basic 6 anda dan MySQL Server-nya.
  3. MySQL GUI Administrator dan Query Browser.
    Ini adalah alat untuk mengatur dan meng-query database server anda.

Ini dulu ah, nanti akan saya lanjutkan untuk membuat aplikasi database di artikel berikutnya.

13 comments

  1. Saya selama ini membuat aplikasi dg vb6 dan mysql koneksi dan pengolahan datanya menggunakan tool tambahan Vb2MySQL. Dng tool ini mempermudah saya dlm melakukan koneksi dan cepat dlm mengeksekusi perintah SQL.

  2. mas aku coba koneksi pakek mysql tapi proses nya kok jadi lambat ya
    padahal aku berharap pakek mysql bisa jadi cepet
    misalnya mau tambah data ,delete,update
    dll

  3. koneksi dengan bahasa apa ya bro? lalu konektor nya pake apa? saya pake vb 6 dan vb.net menggunakan ODBC versi 5 nya cepat sekali tuh untuk query sampai 20rb record.

  4. mohon bantuannya,lagi skripsi neh,
    waktu mau konek ke server lewat ODBC failed terus uy,
    tulisanya

    [Microsoft][ODBC SQL Server Driver][TCP/IP Sockets]SQL Server does not exist or access denied.

    knapa yah?? kalo ada yg tau mhon bantuannya,,

  5. @harys: Coba cek apakah MyODBC sudah terinstal? Firewall sudah di off kan (atau di tambahkan ke port exception nya?)?, user and password sudah benar? apakah user tersebut sudah di berikan hak akses ke sebuah database schema?

  6. mas, saya minta dikirimi contoh program tentang aplikasi nilai dengan VB 6.0 dengan database mysql.
    boleh ya…
    tolong dikirim ke email aku ya…
    please..!!!!
    hehehe…

  7. mas mau tanya nih kok muncul ini ya
    [mysql][odbc 3.51 driver][mysqld-4.1.14-nt]unknown column ‘fsession’ in ‘field list’

  8. Berbagi adalah salah satu jalan untuk menyelamatkan bangsa dari kebangkrutan. Sedekah ilmu seperti yang dilakukan lewat tulisan, semoga juga memberikan manfaat yang serupa. Terimakasih atas kesempatannya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.