Emulator Playstation Idaman

Waktu masih bujangan dulu (wah kaya udah tua aja nih…), saya seorang penggemar game yang mania karena itu sampe hari ini saya bekerja di tempat sebuah game center di Galeria Mal hehehehe… meneruskan hobi. Nah, kalau di rumah sih dulu senengnya main Playstation (PSX) atau Playstation 2 tapi kalo sekarang sih udah agak-agak males. Permainan PSX yang sangat saya sukai yaitu Final Fantasy series. Dari Final Fantasy 1 sampai Final Fantasy 12 sudah pernah saya mainkan semua tapi keliatannya sih Final Fantasy ke 13 ini kaga bisa main sih karena munculnya di Playstation 3 (mahal bo…).Tapi akhir-akhir ini saya rasanya kangen ingin main Final Fantasy lagi terutama FF7 dan FF9. Masalahnya ada jika saya main Playstation di TV ruang keluarga udah di ‘duduki’ ama istri saya, dan kalo di TV kamar udah di ‘duduki’ ama anak saya yang sibuk lihat Dora The Explorer. Nah, kalo bapaknya ini cuman kebagian di komputer saja. Akhirnya saya tanya ama adik saya tentang masalah ini. Akhirnya dia merekomendasikan pake emulator saja jadi bisa main Playstation tanpa Playstation.

Saya di rekomendasikan mencoba beberapa emulator, tapi ada satu yang saya bener-bener cocok yaitu ePSXe. Setelah download emulator-nya, saya tinggal cari BIOS-nya dan plugins-nya. Kalau secara legalitas-nya sih anda harus punya mesin Playstation-nya baru bisa memiliki BIOS-nya (tapi ini secara legal nya).  Untuk lengkapnya sih anda bisa baca di sini. 

Game pertama yang saya coba adalah Final Fantasy IX, ini ada beberapa screen yang saya tangkap.

ff9 awal

ff9 tengah

Ya, kalau menurut saya emulator ini sudah sangat baik karena jarang nge-lag ama suara yang keluar pun di produksi dengan baik.

7 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.