Gunakan Aplikasi Gratis Yuk…

aplikasi gratisSudah menjadi rahasia umum bahwa pemakaian software bajakan masih sangat banyak di bumi Indonesia tercinta ini (termasuk siapa ya? hehehehe). Ada beberapa alasan kenapa hal ini berlangsung. Tetapi alasan yang bagi saya masuk akal adalah masalah pricing. Memang harga software asli memang tidak terjangkau oleh semua kalangan di Indonesia ini. Misalnya saja harga Windows XP yang mencapai ratusan dollar, Microsoft Office yang mencapai 4 jutaan rupiah belum lagi aplikasi grafis seperti Adobe Photoshop dan CorelDraw yang harganya benar-benar membuat saya menelan ludah ketika melihatnya. Artikel ini melengkapi artikel saya yang ini.Nah, melihat hal itu saya berkeinginan untuk mencoba menggantikan semua aplikasi komersial yang biasa saya gunakan dengan mengganti-nya menjadi aplikasi open source atau freeware untuk menjadi penghuni hard drive komputer saya. Karena di luar sana banyak sekali aplikasi gratis tapi tidak murahan (kaya iklan aja nih hehehe…) dan juga siapa tahu kebutuhan kita sehari-hari sudah bisa terjawab dengan aplikasi-aplikasi gratis yang makin menawan nih.

Berikut ini adalah aplikasi-aplikasi gratis yang saya pakai sehari-hari dan sampai hari ini saya belum install aplikasi komersial sama sekali kecuali Windows XP saya.

  1. OpenOffice 3.0, suite aplikasi kantor satu ini kan sudah tidak usah di ragukan lagi apalagi untuk rilis-nya yang ke 3. Jika kebutuhan anda seperti saya yang hanya buat surat-surat biasa pake Word, hitung pendapatan pakai Excel, buat presentasi pakai Power Point anda sudah sangat bisa menggantikannya dengan OpenOffice 3.0 ini.
  2. PhotoScape, aplikasi urusan gambar yang satu ini bener-bener huebat banget (waduh sampe segitunya deh). Sebelumnya saya pake Adobe Photoshop untuk urusan mengelola dan edit photo dan gambar saya tapi setelah saya pakai PhotoScape ini ternyata kebutuhan saya akan mengelola photo dan gambar untuk blog dan lainnya udah sangat terjawab dengan aplikasi yang satu ini. Dari edit, resize, rename, capture, adjust parameter basic, kasi frame sudah sangat memadai. Dan yang paling terasa adalah aplikasi ini enteng banget beda jauh dengan Adobe Photoshop jika kebutuhan anda akan pengelolaan gambar hanya untuk blog ngga sampai memanipulasi di tingkat expert. Jika anda ingin mencari aplikasi grafis yang lebih advance tapi gratis, pakai saya GIMP.
  3. Google Chrome, sebagai browser andalan saya untuk menjelajah dan mengelola blog-blog saya di samping Firefox,  Safari dan Opera juga saya install di komputer saya. Jangan kuatir, semuanya gratis koq (anda pasti sudah tahu hehehe). Karena keempat browser itu mempunyai kehebatan masing-masing terpaksa saya instal semua sebetulnya ada lagi browser yang ada di komputer saya yaitu Internet Explorer tapi browser ini satu-satunya browser yang tidak pernah saya sentuh (anda sudah tahu sendiri lah alasannya…)
  4. ePSXe, seperti yang pernah saya tulis masalah emulator Playstation satu ini yang selalu menemani saya waktu bosen. 
  5. iTunes, aplikasi pemutar dan pengatur lagu-lagu MP3 ini adalah aplikasi gratis andalan saya dari dulu. Dengan pengaturan lagu-lagu kita yang intuitif, aplikasi ini seakan-akan selalu tahu lagu apa yang sedang ingin saya dengarkan. Kelemahan program ini hanya satu, ukuran installer nya yang gedhe (hampir 80MB), tapi selebihnya magic
  6. FileZilla, ini adalah aplikasi FTP untuk update blog dan website saya.
  7. avast!, saya mempercayakan anti virus ini sebagai tameng pertama saya untuk melindungi komputer saya dari virus-virus dari luar. Saran saya, jangan lupa untuk selalu update signature virusnya. Setiap anda konek ke internet maka avast akan otomatis memperbaharui signature nya.
  8. Comodo, saya mempercayakan Comodo sebagai pengawas port-port TCP/IP saya ketika konek ke internet. Hebatnya lagi Comodo juga mempunyai built-in anti virus yang juga dapat di handalkan. Menurut saya Comodo adalah salah satu aplikasi firewall terbaik yang ada di pasaran bahkan untuk versi free-nya.
  9. Free Download Manager, aplikasi untuk mempercepat pengunduhan dan pengaturan download gratis satu ini, benar-benar hebat bahkan dia juga mendukung protokol torrent yang membuatnya semakin hebat saja.
  10. IrfanView, jika anda terlalu berat untuk download PhotoScape dan jika kepentingan anda hanya melihat koleksi photo-photo anda, maka IrfanView adalah jawaban buat anda..
  11. Notepad++, saya tidak perlu membeli UltraEdit untuk menuliskan baris program PHP saya, dengan Notepad++ saya sudah bisa membuat aplikasi PHP dengan baik.
  12. VirtualBox, jika anda suka install banyak OS di dalam satu mesin tapi tidak ingin mengobok-obok boot configuration primary OS anda, anda memerlukan aplikasi virtual machine. Memang anda bisa membeli aplikasi VM berbayar yang hebat seperti Parallels Desktop tapi VirtualBox juga adalah aplikasi VM yang hebat, gratis lagi…
  13. MySQL, ini adalah aplikasi database yang hebat. Jika anda pengembang desktop application atau web application anda tidak perlu ragu menggunakan database RDBMS satu ini. Saya sudah memakainya untuk aplikasi yang saya buat dengan VB 60, VB.Net atau PHP selama bertahun-tahun dan saya belum pernah mendapat masalah dengan MySQL.
  14. 7-zip, aplikasi kompresi yang satu ini selain bisa membuka file .rar dan .zip anda, dia juga mempunyai format kompresi sendiri dengan ekstensi 7z. Daripada membeli aplikasi kompresi berbayar seperti Winzip atau Winrar, saya mending memilih aplikasi ini.

Selain itu saya juga install Adobe Acrobat Reader sebagai pembaca PDF saya, Apache sebagai webserver, PHP sebagai interprenter PHP, BitTorrent sebagai pengunduh file .torrent,  Yahoo Widget, dan Yahoo Messenger. Dan semua itu adalah aplikasi freeware.

Dan semua aplikasi-aplikasi tersebut saya pilih berdasarkan pengamatan pribadi saya dan pemakaian memory dan space hard disk yang kecil. Maklum spek komputer saya kuno yaitu Celeron 1,8GHz, RAM 1GB dan hard disk cuman 30 GB. Menurut pengalaman saya, setelah semua saya install semua aplikasi di atas, space hard disk saya masih tersisa 21GB yang berarti semua aplikasi yang sudah di plus Windows XP baru memakai 9GB saja. Itu saja sudah terpakai data dan MP3 saya yang menempati hard disk saya sekitar 2GB.

Dan yang paling penting dengan aplikasi-aplikasi gratis tersebut saya sudah dapat bekerja dan membuat uang dari aplikasi-aplikasi tersebut…

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

9 Komentar

rayearth2601  on December 28th, 2008

mantap nih pak daftar program gratisnya

saya suka yang gratis gratis

artikel terakhir rayearth2601 -> Latihan SEO Untuk Pemula, sebuah cerita

Bart. Edi  on December 28th, 2008

Wah makasih kembali, saya juga suka ama yang gratis-gratis hehehehe, btw salam kenal ya…

PhotoScape 3.3 Sudah Keluar | Edi Susanto dot Com  on January 6th, 2009

[…] yang sudah saya tulis di artikel saya yang ini, saya mengandalkan PhotoScape sebagai ‘teman’ saya untuk menggarap gambar-gambar di […]

anton  on February 22nd, 2009

maz bisa tlg kirim epsxe plus bagian2nya. .
saya abiz dnlod tp g’ lengkap…
tlg krm ke emailq electric_boy91@yahoo.com
makasih

Ricky H. Arsyad  on July 21st, 2010

Salam hormat, ada aplikasi chatting komputer untuk 2 arah, aplikasi gratis dapat didownload di http://www.ciauldownload.blogspot.com, terima kasih

Ardy  on March 19th, 2011

Numpang download yaa pakkk,,???
hehehee…

MAkasihh…

ateprahmat  on November 19th, 2011

wah mantap gan aplikasinya,izin sedot ya…….
ateprahmat´s last blog post ..Kumpulan aplikasi gratiss

ateprahmat  on November 21st, 2011

mantap dah aplikasinya.di tunggu kunjungan baliknya………

bayu  on February 9th, 2012

thanxs pak.,menambah pengetahuan sy yg awam ini,,misal boleh ad aplikasi gak untuk pendukung usaha sy d bidang pemasaran/industri skala kecil???thanxs atas atensinya……

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge