Manipulasi Teks Dengan Excel

Selain mempunyai rumus-rumus untuk memanipulasi angka-angka di laporan kita, Excel juga handal dalam hal memanipulasi data teks. Salah satunya adalah mengubah suatu data teks menjadi berhuruf kecil semua, besar semua atau besar di awal kata saja.
Kali ini kita akan membahas pemakaian 3 rumus untuk melakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Membuat huruf besar semua, rumus yang dipakai adalah UPPER. Rumus ini akan membuat teks asal anda menjadi huruf besar semua, penggunaan rumus ini adalah UPPER(teks_asal). Misalnya data anda di cell A1, maka anda tinggal ketik rumus tersebut di satu cell kosong =UPPER(A1).
  2. Membuat huruf kecil semua, rumus yang dipakai adalah LOWER. Rumus ini akan membuat teks asal anda menjadi huruf kecil semua, penggunaan rumus ini adalah LOWER(teks_asal). Misalnya data anda di cell A1, maka anda tinggal ketik rumus tersebut di satu cell kosong =LOWER(A1).
  3. Membuat huruf besar di setiap awal kata, rumus yang dipakai adalah PROPER. Rumus ini akan membuat teks asal anda menjadi huruf besar di setiap awal kata, penggunaan rumus ini adalah PROPER(teks_asal). Misalnya data anda di cell A1, maka anda tinggal ketik rumus tersebut di satu cell kosong =PROPER(A1).

Cukup mudah kan? Anda dapat mengambil contoh penggunaan rumus-rumus diatas di sini.

15 comments

  1. mantap banget makasih yah,,

    jangan pernah berhenti membuat artikel yang bagus kaya gini…

    sukses ye brooooooo

  2. Sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak memberi manfaat pada orang lain, dan anda termasuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.