Mencari Traffic Dari Facebook

facebookSiapa yang tidak tahu Facebook hari ini? Facebook dengan cepat menarik hati banyak pengguna internet hari ini. Bahkan dari analisa saya menurut Alexa Rank-nya sudah mengalahkan Friendster yang terlebih dulu lahir. Setengah tahun yang lalu saya mencoba mendaftar sebagai salah satu ‘nasabah’nya karena ajakan dari seorang teman. Akhirnya setelah daftar selama 4 bulan akun Facebook itu saya biarkan dan lupakan tanpa menyadari bahwa sebenarnya Facebook bisa menjadi ladang traffic buat blog-blog saya.

Berawal dari keisengan saya menambahkan widget dari AddThis yang memasukan Facebook di dalamnya, saya mencoba untuk mem-bookmark halaman blog saya sendiri ke akun Facebook saya. Sebagai catatan karena malas cari teman, ‘teman’ saya di Facebook hanyalah sekitar 17 orang, sangat sedikit…

addthis widget

Di Facebook ini, tautan saya di letakan di sebelah kiri dan juga di daftar kegiatan saya. Ini sangat menguntungkan karena tautan (apakah benar terjemahan link itu adalah tautan? karena itu yang sering saya lihat)  itu akan di baca oleh teman-teman kita.

tautan di facebook

Dan lagi kalau ada teman kita yagn senang dengan ama artikel di blog kita, dia akan membantu untuk mentautkan artikel blog ke Facebook. Memang sih, kunci-nya tetap membuat artikel kita menarik bagi teman-teman kita.

Ditautkan oleh teman

Hasilnya? Dengan 17 orang teman saja, saya bisa mendapat 5-6 UV per hari dan 10-15 pageviews. Lumayan kan? Ya paling tidak itu lumayan buat ukuran blog saya yang hanya mendapat 250UV dan 700 pageviews per hari ini (tapi moga-moga sih terus meningkat hehehe). Dan berikut penggalan dari shoot laporan WordPress Stat saya.

refferal WordPress Stat

Lagi-lagi yang sangat saya suka, traffic gratis hehehe… Itu aja dari hanya 17 teman, bayangkan kalau tiap hari kita rajin cari teman setiap harinya dan berhasil mempunyai 300 teman lebih.  Tentu traffic gratis terus mengalir ke blog anda.

20 comments

  1. hebat mas saya tambahin idenya yach buat nambah traffic.
    1. Kasih link di blog yang nerima dofollow, klo bisa PR-nya yang udah 4 keatas.
    http://www.google.com/coop/cse?cx=010363265520675485990:xjmxcyokkls

    2. Buat groups bertemakan gossip/topik yang lagi trend/musiman (mis:artis), sertakan link (link tersebut harus nyambung dengan isi kontennya lho!!! he he he …)

    3. Biar nano-nano (tambah macem2) belajar terus dari ebook negeri luar misal http://rapidshare.com/files/166456444/031.2.mal.www.softarchive.net.rar

  2. @glaydenty: wah makasih ya atas tambahan info nya… Ya cari inbound link sebanyak mungkin tapi isi blog kalo bisa mempunyai topik yang sama lho ya…

  3. @glaydenty :
    makasih linknya bro 🙂

    ia emang traffic dari facebook juga mantep 🙂

    ( kalo saya sih, buat group sendiri, invite user sebanyak2nya 😉 dan post deh url disitu dengan url yang menarik 🙂 )

    btw, thanks for sharing.
    .-= sentabi´s last blog ..DNS Server List =-.

  4. pak edi…blog nya bagus, tapi saya tidak punya blog/website krn memang sy tidak tahu bikin blog, kesana kemari sy cari info yg mudah bagaimana caranya saya bisa dapat duit dari facebook dengan contoh seperti diatas (klw ada yg versi bhs indo aja), mohon bantuannya, terimakasih sekali semoga sukses selalu buat pak edi yg mw berbagi ilmu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.