Layanan Iklan PPC di Indonesia

Saya sudah hampir satu tahun gabung dengan layanan Google Adsense, layanan PPC (Paid Per Click) international paling terkenal di muka bumi ini. Setiap pebisnis online pasti kenal dengan Google Adsense. Sayangnya sampai artikel ini ditulis, Google tidak mengijinkan iklan nya di pasang diblog dengan content Indonesia (baca: belum diijinkan). Beberapa ada yang mencoba tetapi banyak yang cerita kena badai PSA. Google Adsense hanya mengijinkan Adsense Search yang boleh dipasang diblog berbahasa Indonesia. Saya pun sebagai blogger pemula, penasaran adakah iklan PPC di Indonesia ini?

Setelah mengetik PPC Indonesia di box Google, saya mendapatkan beberapa result yaitu PPCIndo.Com, KlikSaya.com, KumpulBlogger.Com dan kelihatannya ada beberapa lagi, tapi saya akan mencoba salah satu dulu. Kenapa? Karena ngga mungkin blog ini dikasi iklan di sana-sini nya. Fokus ke satu layanan dulu.

Akhirnya setelah pikir-pikir, saya gabung dengan KlikSaya.com, karena satu bisa customize warna text dan backgroundnya. Cara gabungnya gampang sekali. Setelah register dengan mengisi data diri, dengan mengisi nama dan sebagainya. Anda pun langsung disetujui dan bisa login dengan user name dan password yang barusan anda bikin.

Untuk membikin “Channel” di KlikSaya.Com, anda tinggal set yang namanya Zona Iklan. Tentukan nama zona, setting warna background, border dan teks, lalu anda kan dapat kodenya. Saya menyarankan pilih yang pakai Java Script daripada yang pakai iFrame. Selain lebih bagus, anda tidak perlu copy-paste lagi jika anda akan merubah warna.

Teknik peletakan anda bisa gunakan teknik yang seperti anda terapkan pada Google Adsense. Kalau saya pilih yang blend dengan content. Hasilnya akan saya ceritakan nanti, abis baru copy paste sekarang. Dan visitor blog ini masih di bawah standard (hiks…), jadi mungkin nanti cerita hasilnya agak lama hehehehe. Kalau earningnya sih sekitar 200 rupiah per klik nya.

Oya, seperti di Adsense, please don’t click your own ads.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.