Hasil Pemasang Iklan Di Facebook

Setelah memasang iklan (gratis) di Facebook, bagaimanakah hasilnya? Saya pun membuat sedikit analisa mengenai hal tersebut. Sebagai informasi, saya mulai memasang iklan di Facebook 4 hari yang lalu dengan target pembaca iklan dari Indonesia, jadi hanya muncul untuk akun-akun Indonesia saja. Alasannya karena memang target blog ini untuk pembaca dari Indonesia (biar juga ngirit kredit yang cuman US$100 itu hehehe).

Berikut ini pengamatan saya terhadap perubahan-perubahan di blog saya ini setelah iklan terpasang:

  1. Kenaikan jumlah pengunjung sekitar 100-250 UV(Unique Visitors). Berikut cuplikan kenaikan yang di rekam oleh WordPress Stats. Sebenarnya saya juga mau tampilkan screenshot dariย  StatCounter saya, cuman baru error tuh StatCounter jadi terpaksa WordPress Stats yang bisa di tampilkan disini. Perlu diingat bahwa yang ditampilkan oleh WordPress Stats graph ini adalah Pageviews aja. Untuk Pageviews sendiri naik sebesar 500-1000 pageviews.
    grafik WordPress Stats
  2. Yang klik iklan? Tidak begitu menggembirakan untuk iklan KlikSaya dan Bidvertiser tidak mengalami kenaikan yang berarti meskipun untuk KlikSaya ada penambahan yang lumayan. Mungkin benar juga yang di katakan oleh sahabat saya Mas Wawan di komentar-nya di artikel ini bahwa konversi iklan di Facebook itu kecil.
  3. Jumlah komentar ya sedikit naik.
  4. Kenaikan Alexa Rank yang di update rata-rata per 3 hari itu, naik sedikit dari 255rb ke 254rb, ya bisa dikatakan tidak begitu terlihat.

Tapi ada yang sedikit menggembirakan saya yaitu returning visitor saya juga naik bagus, ini tandanya ada pengunjung yang suka dengan blog saya ini. Harapan saya sih yang kembali tersebut adalah pengunjung yang merasa terbantu dengan artikel-artikel saya ini, yang menandakan bahwa artikel-artikel blog ini tidak sia-sia ditulis. Semoga…

26 comments

  1. @anime7graphic: hehehe ya ada berita baik dan buruknya sih tapi karena gratis ya kaga ada ruginya. Btw, doa saya bersama mu sobat ๐Ÿ˜€

  2. Nih g korban dari iklan anda di Facebook koq..
    hahhahaha…

    hmm
    menurut g si ga bisa signifikan
    soalnya kebanyakan yang maen facebook itu kan cewe n having fun aja..
    jadi perhaps mereka ga begitu tertarik…
    kecuali yang emang “addicted” ma dunia kompie..
    nice blog…

    ^ ^

  3. @Willy – KL: Saya memang tidak pernah mengadakan riset khusus untuk pengguna Facebook tetapi karena gratis ya… saya coba hehehe

  4. @aaWawan: Ya memang sih cuman US$100, tapi ya lumayan bisa drive traffic besar sekali ke blog ini. Coba kita berhitung ya, kalo setiap hari saya set budget max ke US$5 dan CPC saya set ke US$0.01 (pelit banget sih hehehhe), kita bisa punya traffic 500 orang ke blog kita tiap hari selama 20 hari. Lumayan sekali kan?

  5. hi Bro, mnrt gw kl pd dasarnya tiap org pny jiwa suka berbagi kpd sesama, masalahnya cm ada yg di komersilin ada yg free, jd ga usah dipikirin mau naik traffic nya/ga, yg pntg opini & knowledge kt bs berguna bagi sesama, bnr ga?

    Let’s share our best for a better world

  6. @august: Ah, satu kalimat lagi yang saya suka… Thanks udah berbagi pikiran yang positif.

  7. Wah bener tuh aq juga baru tau blog anda dari iklan FB pertama nya isenk2 kunjungi Ternyata bagus juga dah dapat pengetahuan yang Banyak Thx ya Sharean nya Bro..

  8. @Raph: Jadi malu saya… terima kasih atas tanggapan positifnya, senang artikel saya bisa sedikit berguna.

  9. @hary: Kalau boleh kasi saran, di optimalkan aja warna dan lokasi-nya, di coba-coba terus…

  10. Pak Edi apakah memesang iklan d facebook itu gratis?
    kita dibayar menurut besarnya bid dan daily budget?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.