Gaji Pertama Dari KlikSaya.com

Ketika pertama kali blog ini saya buat, saya terus terang agak bingung untuk memonetize-nya. Hal itu dikarenakan saya suka dengan Google Adsense, sehingga fokus saya untuk menghasilkan uang hanya pada Google Adsense. Sedangkan seperti yang anda tahu, Google Adsense belum membolehkan unit iklannya di pasang pada blog yang ditulis dengan bahasa Indonesia yang tercinta ini. Sehingga di bulan pertama saya memasang Google Adsense for Search untuk memonetize-nya. Akhir pada bulan ketiga (sekitar 9 bulan yang lalu), saya mencari provider iklan yang di kelola oleh anak bangsa sendiri yang bisa dipastikan mau menerima blog dalam bahasa Indonesia.

Setelah observasi kesana-sini, saya mencoba KlikSaya. Setelah memasang unit iklan-nya yang berukuran 450×80 (seingat saya sih), saya menunggu hasilnya. Ternyata klik yang saya harapkan datang tidak segera kunjung tiba, selidik punya selidik, ternyata memang zona iklan yang terpasang di blog ini belum dilirik oleh pemasang iklan. Hal itu dikarenakan karena jumlah pengunjung yang sangat sedikit masih di kisaran angka 1000-3000 pageviews per bulannya. Dan selang seminggu kemudian saya mendapat email dari perusahaan iklan yang di kelola oleh Bapak David Ciang ini bahwa zona iklan saya di ‘pecat’ karena ternyata KlikSaya menerapkan sistem yang ketat terhadap peraturannya. Yang membuat zona iklan di blog saya ini di turunkan ternyata saya tidak memenuhi syarat akan minimal pageview yang di minta yaitu 10.000 views.

Waktu itu sih saya agak geregetan juga sih hehehehe… yang sekelas Google Adsense aja tidak segitunya terhadap tuntutan pageview-nya. Tetapi lama-lama saya juga sadar sih, lha kalo ngga ada yang liat ya mana ada yang klik iklan itu. Dan kalo ngga ada yang klik dari mana pendapatan kita? Akhirnya setelah menyadari itu, saya semakin terpacu untuk meningkatkan jumlah kunjungan di blog saya ini.

Di bulan Februari 2009 ini saya coba memasang iklan dari Bidvertiser,  tetapi hasilnya tidak seperti yang saya harapkan. Akhirnya saya teringat lagi dengan KlikSaya. Karena pageview blog ini sudah di atas 10.000 view/bulannya, saya memberanikan diri untuk memasang zona iklan lagi di blog ini. Setelah saya pasang, di sebelah kiri (format text ads 120 x 600) dan kanan (dengan image ads 125 x 125) saya menunggu hasilnya.

Setelah satu bulan menunggu, hasilnya sudah Rp.100.000 lebih. Jumlah segitu bagi saya ya besarlah… meskipun kalau di banding Google Adsense tentu jumlah Rp.100.000 hanya US$8-9 (saya pernah mendapatkan US$12 dalam satu hari) tentu hanya darimana cara pandang kita sendiri. Rp.100.000 bisa membantu saya untuk membayar tagihan hosting dan mentraktir anak saya ke Pizza Hut hehehe… KlikSaya bagusnya selalu menunjukan total komisi dan komisi hari ini. Gambar di bawah ini saya ambil tadi jam 1 malam.

Screen komisi

Sesuai dengan perjanjian di KlikSaya, bahwa pembayaran akan di lakukan melalui bank. Dan ini yang sedikit mengagumkan bahwa KlikSaya memberikan keleluasaan dalam transfer bank karena banyak sekali pilihan bank yang disediakan, saya memilih BCA sebagai media transfer komisi saya.

Pilihan Bank

Dan sesuai perjanjian juga, bahwa komisi akan di transfer setiap hari minggu pada minggu pertama di setiap bulannya. Saya pertama sih bingung koq malah hari minggu sih? Kan bank pada tutup tuh? Ya biarlah… itu kan kebijakan KlikSaya yang penting komisi di kirim hehehehe. Nah, kemarin kan hari minggu di minggu pertama untuk bulan April ini, dan komisi saya sudah di atas minimal payout yang di tentukan oleh KlikSaya sebesar Rp.60.000, tentu saya berharap-harap cemas apakah benar KlikSaya ini benar-benar mengirim.

Sekitar jam 7 malam saya cek rekening BCA saya melalui KlikBCA,  dan ternyata KlikSaya benar-benar tepat waktu dalam mengirim komisinya… Terima kasih KlikSaya, hari ini saya bisa mengajak anak dan istri saya ke Pizza Hut biar mereka menikmati gaji pertama saya dari KlikSaya…

Hasil

Peserta Kontes Menulis Panduan KlikSaya.Com Periode Final

44 comments

  1. pak edi, mohon pencerahnnnya dong….bedanya number of visits, pages dan hits iytu apa ya ? kalau unique visitor sih aku tahu…terimakasih

  2. @susi: Coba saya bantu dikit ya CMIIW. Number of Visits: hitungan berapa kali satu artikel di kunjungi, Pages adalah berapa jumlah total view yang di lakukan oleh seluruh pengunjung kita. Nah kalo hits ini saya menemukan beberapa pandangan yang berbeda tentang istilah ini, tapi hits dalam pandangan saya seperti number of visits.

  3. @fraders: Betul sekali anda bro, kelemahan PPC lokal kita yang terbesar adalah isinya yang agak membuat saya ‘merinding’ yaitu sebagian besar penjual mimpi

  4. @adhi: Ya tingal daftar aja, nanti pasang script dari mereka dan … tunggu hasilnya.

  5. @fans asmirandah: Di transfer otomatis (mbak ato mas nih? hehehe) setiap hari minggu pertama di setiap bulannya jika komisi kita sudah mencapai Rp.60.000 di akhir bulan sebelumnya. Kalo anda udah sampai 100rb bulan ini, tunggu aja komisi akan di kirim ke rekening anda di hari minggu pertama bulan depan. Btw, udah ngisi data rekening di profil anda kan?

  6. weekz, mantap om!

    sampai sekarang saya mainnya gugel adsense dan kumpul blogger, hasilnya lumayan untuk beli hosting sendiri, hehehe…

  7. @Aldy: Aduh,saya sendiri belum begitu bisa meningkatkan traffic blog. Tapi menurut pengalaman saya, traffic blog ini menjadi lumayan bagus ketika saya selalu menulis artikel hampir tiap hari. Cari peluang iklan (yang gratis hehehe) bisa aja di iklan baris yang gratis-gratis itu. Lalu belajar aja SEO di artikel ini -> http://www.brokencode.biz/2009/02/11/inilah-rahasia-seo/ sang pemenang SEO contest dunia… semoga bisa membantu

  8. Kalo saya lihat Blog Pak Edi, sangat menarik, perlu banyak belajar dari bapak. Btw mo tanya pak, saya udah join adsense tapi Adsense for content-nya gak muncul cuma ada adsense for search. Kira-kira gimana ya cara munculin Adsense for content-nya ?

  9. @Sentoso: setahu saya memang publisher Indonesia tidak diijinkan untuk memeasang Google Adsense for Content, hanya for Search aja.

  10. mas edi, saya baru tau kliksaya hari ini.Startnya untuk pasang iklan gmana nih?Nb: Saya masih AWAM masalah online bisnis & blog.Mohon sarannya..Thx

  11. @iklan baris gratis: wah yo lumayan lah pak itu, saya sepertiga nya aja…

  12. @abusyafiq: Mas Abu, setahu saya kliksaya.com ngga lihat parameter alexa dan PR, yang dilihat adalah jumlah kunjungan yang minimal harus 10rb/bulan

  13. mas edi saya tertarik bagaimana cara mendapatkan uang di internet, seperti yang dijelaskan di madiun beberapa waktu yang lalu.. bagaimana cara mendaftar domain sendiri.. situs apa yang harus saya buka.. trim

  14. mas edi gimana yah cara datangkan traffic untuk sesuaatu web yang bener2 baru. bisa tidak dibuatkan tutorial untuk hal itu. terimakasih atas pencerahannya. sungguh saya menjadi semangat lagi setelah melihat testimoni yang jujur.

  15. pak Edi yang baik….bolehkah saya ikutan menulis pada blog anda? bagaimana caranya? tolong jawabannya dikirim via messages Fb dengan nama tersebut.
    Terima kasih.

  16. Saya mau nany untuk iklan PTC seperti kliksaya, sebenarnya di berapa blog mas pasang? atau adsense, anda pasang di berapa blog dan dimana posisi yang paling tepat menurut anda. thanks

  17. saya baru mencoba klik saya neh om, btw kapan ya kita masukan data bank kita, apakah kalau saldo sudah mencapai 100 ribu atau belum
    terimkasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.