Nyoba IM2 Broadband 3.5G Unlimited

Setelah coba-coba beberapa koneksi interenet yang mungkin saya gunakan di rumbah akhirnya saya mentok dengan layanan StarOne. Selama ini saya memakai StarOne yang Time Based dengan rate Rp.4.500/jam. Kecepatan StarOne ya fair lah, tidak begitu lambat tapi juga tidak cepat. Cuman, masalahnya karena time based, setiap saya menulis artikel blog-blog saya, saya selalu kaya di kejar setan (kaya pernah di kejar beneran aje…) dan akhirnya banyak sekali ejaan dalam bahasa Indonesia maupun Inggris yang salah karena saya terburu-buru mengerjakannya. Lalu saya ingin mencari koneksi internet yang unlimited tetapi harus terjangkau karena kalau mahal, ya ngga kuatlah…

Akhirnya setelah sana-sini, ada beberapa yang saya taksir salah satunya adalah Telkomsel Flash tetapi setelah mencari review-nya di sana-sini ternyata banyak kabar tidak sedap (ya meskipun tidak semua sih), dari masalah mulai melambatnya koneksi sampai ke customer service-nya yang begitu deh…

Setelah lihat-lihat lagi saya agak tertarik dengan produk IndosatM2 3.5G yang Broom Prepaid karena dengan hanya Rp.100.000 kita bisa main internet seenak kita tanpa memperhatikan quota lagi. Dengan uang segitu kita mendapat kecepatan 256kbps sampai dengan 2GB setelah itu akan turun menjadi 64kbps (kalau Telkomsel Flash Rp.125.000 mendapat 3GB dengan speed 256kbps, ya sebetulnya lebih menggiurkan sih).

Karena harus membeli modem HSPDA yang harganya selalu di sekitar Rp.1jt akhirnya saya selalu menunda maksud saya untuk ganti dari StarOne ke paket-paket unlimited itu. Nah, kemarin waktu mengantar teman saya membeli laptop di sebuah toko komputer di Jl. Simanjuntak-Jogja saya melihat satu box pake Broom yang di paket dengan modem ZTE MF622 dengan harga Rp.1.499.000.

Pikir-pikir akhirnya saya mencairkan dana dari Paypal yang saya dapatkan dari Paid Review ke rekening BCA saya sejumlah harga paket tersebut dan akhirnya hari ini terwujud juga keinginan saya itu.

Pake IM2 dengan Modem ZTE MF622
Pake IM2 dengan Modem ZTE MF622

Sampai di rumah paket itu langsung saya buka plastiknya dan anda akan mendapatkan DVD Video petunjuk install dan aktivasi Broom, Modem dan buku panduan.

Isi box IM2 Broom boks
Isi box IM2 Broom boks

Modem ZTE-nya di taruh kemasan yang mirip dengan casing DVD.

Isi boks ZTE MF622
Isi boks ZTE MF622

Di boks ZTE tersebut kita mendapat modem-nya sendiri ada CD driver, DVD tutorial (double nih…) ama kabel USB Y dan kabel USB yang pendek. Tinggal mana yang kita pakai, kalau USB anda terbatas saya menyarankan untuk memakai kabel USB yang Y jadi ada satu port yang bebas lagi.

Di boks paket tersebut anda juga mendapat kartu SIM-nya juga voucher perdana-nya. Dan setelah instal sesuai petunjuk (install sangat mudah karena driver sudah ada di dalam modem, jadi tinggal tancep aja maka installasi langsung berjalan).

Jika installasi berjalan dengan lancar, maka akan ada software dari ZTE untuk konek ke inteternet lalu lakukan beberapa konfigurasi jaringan yang dapat anda lakukan dengan mudah dengan membaca buku panduan yang di sertakan.

Tampilan ZTE program
Tampilan ZTE program

Total waktu yang saya habiskan dari membuka boks sampai bisa surfing hanya 15 menit karena saking gampangnya proses installasi tersebut. Salut buat Indosat M2 yang sudah berhasil membuat panduan yang sangat sistematis. Kalau anda kurang jelas dengan buku tersebut, anda tinggal pindah ke DVD tutorial.

Nah, sekarang tinggal tes kecepatan layananan ini. Karena ekspektasi saya memakai layanan ini adalah mendapatkan koneksi unlimited dengan kecepatan yang sedang-sedang saja (ya, karena kan dengan hanya Rp.100.000 jangan terlalu berharap banyak) ketika saya melihat saya hanya mendapat sinyal EDGE bukannya UMTS ya saya tidak terlalu kecewa. Saya mendapat sinyal yang full di rumah saya. Kemudian saya tes dengan tester yang di sediakan Indosat M2. Hasilnya seperti ini:

Hasil Tes
Hasil Tes
Hasil Tes Ping ke blog ini
Hasil Tes Ping ke blog ini

Seperti layanan internet yang lain, ketika hari semakin malam, kecepatan semakin bagus karena mungkin pengguna-nya semakin sedikit yang menggunakannya. Kalau saya lihat hasil tes-nya ya ngga begitu bagus lah, mungkin karena hanya dapat EDGE. Cuma saya kembali lagi ke kebutuhan saya, saya ingin mengembangkan blog-blog saya ini tanpa takut over kuota. Dan saya pikir kecepatan IM2 ini sudah menjawab kebutuhan saya meskipun kecepatannya di bawah harapan saya.

Jadi, sekarang saya bisa nulis blog-blog saya dengan santai tanpa di kejar waktu yang habis atau kuota volume yang menipis…

99 comments

  1. @herry165: saya memakai yang prabayar pak, jadi begitu udah ngga bisa di gunakan, ya saya ngga pakai aja kartunya.

  2. aku juga pake im2, enak sih, cuman karna hobi download jadi rasanya kurang mantep, kayaknya sih mau pindah telkomsel flash yg time based, soalnya kan speednya mpe 3,2 mbps. kalo internetan pake im3 enak ga ya? pingin yoba buat browsing2 aja. mungkin ada yg udah pernah.
    pengalaman pake im2 sih karna di bogor jadi selalu dapet sinyal HSDPA, tapi kalo pas pulang ke magelang paling banter cuma dapet edge. tapi kalo udah ngabisin lebih dari 5gb perbulan biasanya dari operator im2nya jadi dilambatin dan susah dapet sinyal HSDPA, cuman dapet GPRS doang. kalo udah gitu sih mendingan gak ngenet. lemotnya ga ketulungan soalnya.

  3. @ida: ya memang ini bervariasi sih kecepatannya, saya di rumah download dapat 10-20 kB/s karena dapatEDGE, kalo di kantor di galeria mal dapat 50-80kB/s kalo untung browsing sih lebih dari cukup menurut saya…

  4. Salam kenal mas edy,saya dah sering baca artikelnya cm br bs gabung..,byk ilmu yg saya dpt dr coment2 tmen2 smua,maklum soale kt org baru bgt,di sby im2 lumayan,gak lemot2 amat,tp ya biasa lbh banter klu sambil ronda mlm,he,he…

  5. @Jo: Hehhee nek di buat ronda sip tenan… lainnya bawa kenthongan, kita bawa laptop 😀

  6. @arif: Ya, blog ini buka ajang promosi provider tertentu koq pak hehehe, saya juga bukan apa2 nya indosat, saya hanya menuliskan pengalaman saya aja…

  7. saya mw tanya, sya pke modem vodafone E172 tp sinyal yg slalu saya dapatkan hanya GPRS. gmn caranya agar mendapat sinyal HSPDA?

  8. @BAYU: kemungkinan besar sinyal HSDPA belum ada di daerah anda untuk provider yang anda pakai… mungkin coba hubungi provider-nya.

  9. Indosat mah lemot abis, jangan mau dibohongin INDOSAT perusahaan kampungan. Coba deh internet jam 18.00 s/d 01.00 malam bisa sinting lemotnya. Mana torrent diblokir pula. Makan t#*k tuh INDOSAT PENIPU.

  10. sy berlangganan im2 broadband 176rb/bln, awalnya sih lmyn.. eh tau nya skrg tambah parah… ping aja srg request time out… klo mlm (19.00-01.00) buka facebook aja lamaaaa bgt…, srg error malah..
    pdhl sinyalnya lmyn bgs… emank indosat lg ada perbaikan ya? koq mlh jd tambah parah, bkn nya membaik?

  11. @Rere: Iya nih, kali pelanggannya membludak jadi speed per user makin lambat aja…

  12. Wah…saya pakai lancar2 aja tuh
    Buat yg bermsalah udah lapor ke CS nya belum
    Saya dulu juga sempet…uh…rasanya kaya siput, lama bgt mau ngapa2in
    Tapi setelah saya lapor ke CS nya, ada perbaikan tuh

  13. saya jga pake lancar2 aj.. g masalah…. g ad problem mo malem mo siang g ngaruh tetep lancar hehhe

  14. sama bro..
    ane di daerah tanjung priok n thamrin, lancar2 aja pake broom…

  15. Mas mohon, panduan yang sip dong (secara bahasa awam sih) tentang pemilihan paket internet. Sebelumnya saya pakai speedy 1GB (200.000/bln). Kecepatannya ya bagus sih, mungkin karena pake kabel ya dan stabil. Cuma kadang2 (malah sering) over quota. Ini yang bikin mahal. Saya sih mau beralih ke yang unlimited tapi mahal. Maunya ke semacam telkomflash dll, cuma stlh baca reveren sai mas jadi mikir lagi. Enaknya gimana ya. Kegiatan saya lebih banyak download sih untuk rev sekolah, kalo istri ya facebookan dan mengelola milist. Bgmn?? mohon solusi mas. Salam Damai

  16. @agung ks: mas Agung, kalo saya sih mending milih Speedy yang unlimited sekarang kan cuman 195rb tuh, cuman selisih dikit. Kalo kegiatan mobile nya ngga begitu tinggi mending speedy

  17. im2 aja mas.. saya make m2 ni.. bagus kok di daerah saya.. trz jg sekarang lagi make gprs m3 yang voucher 5rb bisa internetan 4jeman.. hehe.. maknyuuisss.. salam kenal yaa,, ^^

  18. gw makai kok broomm.. hehe.. stabil di daerah gw.. bisa browsing lancarrrr.. hihihi. mantabzz

  19. TIPs BROWSING:
    Umumnya sebuah situs memiliki banyak iklan yg memperlambat loading N boros bandwidth. ini adalah tips browsing internet TANPA IKLAN.

    1. Jika komputer/laptop belum ada mozillaFireFox maka, INSTALL browser MozillaFireFox
    DOWNLOAD http://www.mozilla.com

    2. Setelah installasi selesai kemudian :
    – Jalankan MozillaFirefox tsbt.
    – Install Addonsl “Adblock Plus”, dgn cara membuka halaman di bawah ini pd browser MozillaFirefox :
    https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/downloads/latest/1865/addon-1865-latest.xpi?src=addondetail

    – Tutup/Restart MozillaFirefox (close)
    – Jalankan kembali MozillaFirefox

    – Download kill_ads.txt :
    http://jemix.web.id/kill_ads.txt (klik kanan link ini, pilih save link as..)

    – Pilih menu Tools – Adblock Plus..
    – Pada Adblock plus pilih menu Filters – Import Filters… – Pilih file Kill_ads.txt tsbt.
    – klick overwrite atau append.
    – Klick OK, selesai.

    silahkan dicoba….

  20. mo ty pak,saya pake broombastic unlimited
    nah, setelah sy aktivasi via internet dan berhasil..
    setiap pakai im2 (modem) kok halaman aktivasi lagi yg muncul yah?
    misal saya ketik face****.com atau mail.*****.com kok halaman aktivasi yg muncul istilahnya redirect mlulu ke halaman aktivasi…
    ada ide atau masukan ??
    trima kasi sebelumnya…
    boleh lewat imel sy jg di apranatakusuma@gmail.com

  21. produk IndosatM2 3.5G Broom Prepaid klo pake modem siera nya AT$T punya kira-kira cocok tidak?

  22. cucok mas.. mantabeee.. hehehe.. kenceng ya im2 belakangan ini.. jadi semangat internetan.. ahaha

  23. mas sy br bl im2 zte mf622 lom diinstall cd drivernya hilang, cd drivernya bs didonlot gak ya…klo bs sy minta alamatnya dong,thanx

  24. kata syp ga da kuota??kta syp sinyalnya bagus??

    w pake broom Xtra unlimited,modem huawei E220.w jg tinggal ga di pelosok2 amat..
    koneksi pas awal2 sih kenceng
    tp pas pertengahan masa aktif tiba2 dia blg (kurang lebih ) “kuota anda sudah habis ”
    setelah muncul kya gtuan..koneksi jadi kaya tai kucing!! pdhl masa aktif masih sisa.

    Oiya yg lebih parah lagi..akhir2 ini blum jg dapet pesan yg begituan..ALIAS BARU ISI ULANG,,EHHHHH..sinyalnya kaya TAI KUCING BGT!!

    Saran gw, TELITI SEBLEUM MEMBELI !!..
    thx

  25. slm kenal smuanya….mau tanya nih…………….

    kalu modem zte mf 626 ,chip apa saja yang bisa dipakai? krn sy coba pk chip ponsel proxl,ko ga bisa….malah disuru mskkn code 16 digit,pdhl kode yang dulu aq sd lupa,mhn bantuannya nih,t.ksh…

  26. INDOSATM2 HEBAAAT Bnaget LEMOT-nya…..

    Mau TOP-UP aja butuh waktu 3-4 jam….
    Buka Facebook butuh waktu 7-10 menit termasuk 6 kali gagal login cause auto disconect…

    Keren Yaaa… Ktnya sih punya INDOSAT tapi….
    lebih mirip punya KangIRSAT…

  27. wah2 akhirnya bisa juga koneks . networknya pake automatic bukan yg gsm only. edge emang payah

  28. Prior to the purchasing the Sierra Wireless USBConnect 881, my wireless life was tethered to Starbucks and T-Mobile HotSpots

  29. mas edi..
    modem saya im2 sama persis punya mas edi… sebelumnya enjoy dipake… tp beberapa hari sy dapat masalah… statusnya CONECT dengan signal hampir penuh… tapi sy tidak bisa melakukan browsing.. selalu gagal masuk ke page yg saya tuju.. stelah sy cari2 di referensi, katanya DSN nya yg bermaslah, jadi sy menggunakan yg manual, sudah lumyan banyak yg sya coba gonta-ganti.. tp samuanya sama saja… tetap g bisa browsing padahal dalam status CONECT… mohon bantuannya mas… bingung nih… mungkin solusinya bisa di kirim ke email sya andryivo@gmail.com
    terimakasih banyak sebelumnya mas…

  30. Slm kenal Mas Edi,
    Gini mas, saya udah lama pake m2 dikantor saya tp udah sebulan ini kok mau top up pake cara biasa kok g’ bisa masuk ya mas. Apa ada cara lain untuk Top Up mas ? saya pake Broom unlimited yg 100Rb.
    makasih

  31. Trus terang aj.sy kmarin baru greyen modem merk “Huawei” dengan perdana telkom flash, gampang sih aktifkan tinggal registrasi perdana Flash, kemudian 2 hari berikutnya coba beli IM2…… tapi tuk konekkan SIM card dengan Modem masih binggung sampai sekarang. tolong dong bantuan aktivasi sim card IM2 nya biar tidak mubadzir . trim’s

  32. saya da semua kartu kucoba,untuk modem hasil nya sama aja. lelet, padaha ada yg xl unlimited, tel flah, m2 ah sama aja,,, bahkan pake 3 5gb+25%. capedeh… jadi korban Promosi operator.. tuh ada promo baru smart paling 3bulan ini aja anti leletnya… jadi hibauan untuk teman2 klo mau cepat pake speedy,, hitung – hitung pengluaran perbulannya cuma beda2 dikit tp kita puas,,,,,,

  33. mending pake prv three aja.. modem pake d link 457 saya aja download 1 giga cuman 30 menit. speed download nya normal di 350-400kbps. kalo kuota blom habis bisa tembus 500 lebih. modem nya sekitar 1,4 jt

  34. siang mas edi.sy mau nanya mas. sy aktifasi perdana m2 broom merdeka pakai modem flash. tp ketika sudah sy isi semua data yang diminta trahir perintah ‘aktifasi’dan sy enter.tp selalu ada jawaban INVALID VERIVICATION CODE. padahal sdah hampir 50 kali sy masukan kode seperti yang timbul dikotak kode verivikasi.tlg mas edi.

  35. mas…saya mau bertanya nih…saya juga pke IM2 Broadband 3.5G…koneksinya lancar,apa-apa puas dh klo pke itu…tpi suatu saat modem saya ini kaya error gtu..trus saya setting ulang…eh malh tetep g bisa..nah saya lgi mau nyari simcardny..ya buat ganti yang barulah…kira2 ada g y mas?terutama daerah jogja…mohon bantuannya..terimakasih.

    (NB:modemnya bru setahun saya pke…apa karena jarng diisi y?)
    ophan´s last blog post ..Resize Gambar Lebih Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.