Aplikasi Gratis Alternatif Microsoft Office

Tidak terasa Microsoft Office sudah menjadi bagian hidup kita sejak di umumkan oleh Bill Gates 32 tahun lalu (menurut Wikipedia). Tentu dalam perkembangannya Microsoft Office menjadi tulang punggung sebagian besar pengguna kantor untuk menyelesaikan dan membuat pekerjaannya, dari hanya sebagai simple database system sampai menjadi analysis tool.

Dibalik semua kemudahannya, sayangnya Microsoft Office adalah aplikasi berbayar, banyak opsi yang di tawarkan untuk menikmati aplikasi ini, dari pembelian sekali saja sampai model langganan. Untuk yang model langganan bulanan atau tahunan ini, punya nama sendiri yaitu Office 365. Sebetulnya banyak fitur yang kita dapat kalau kita berlangganan, fitur yang paling membuat saya suka dengan Office 365 adalah kita bisa bekerja secara simultan di dokumen yang sama pada waktu yang bersamaan. Hal ini bisa membuat pekerjaan di dalam tim menjadi lebih cepat dan akurat karena dikerjakan dan di koreksi oleh beberapa orang sekaligus.

Sebetulnya ada banyak alternatif untuk aplikasi Office yang bisa kita dapatkan saat ini dan gratis, sebut saja dari OpenOffice, FreeOffice, LibreOffice, dan masih banyak lagi anda tinggal cari saja di internet.

Tapi ada satu aplikasi alternatif yang menarik perhatian saya sebagai pengganti Microsoft Office yang sampai sekarang saya rasa bisa memenuhi hampir semua yang saya butuhkan dari sebuah aplikasi Office, yaitu G Suite. Banyak alasan yang membuat saya menjatuhkan pilihan pada G Suite punya Google. Dari web based application, built in cloud storage menggunakan Google Drive, pakai Google Account (jadi kalau anda sudah pakai Android ngga perlu daftar lagi, cukup login dengan Android account anda dan aplikasi ini gratis… tiss. tiss…

G Suite di dalamnya ada banyak produk, untuk urusan produktifitas ada 4 aplikasi sekaligus:

  1. Docs, aplikasi ini alternatif untuk Microsoft Word.
  2. Sheets, aplikasi ini bisa digunakan untuk menggantikan Micoroft Excel, sebagai aplikasi spreadsheet.
  3. Slides, aplikasi ini sebagai subtitusi Microsoft PowerPoint, untuk membuat presentasi.
  4. Forms, aplikasi ini untuk membuat form yang biasanya untuk survey online, atau mengumpulkan data-data dari banyak orang dan anda bisa mendapatkan hasilnya seketika.

Okay, anda bisa coba, cukup kunjungi docs.google.com, login menggunakan Google account (atau Android account) anda, dan anda bisa langsung menggunakannya, sederhana banget kan?

Ke depan kita akan membahas bagaimana Google Docs, Sheet, Slides dan Forms ini membantu dalam pekerjaan saya pribadi sehari-hari. Selamat Mencoba…..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.