Membuka File PDF Secured

PDF (Portable Document Format) adalah format yang sering dipakai oleh pengguna komputer diberbagai kalangan. Dari untuk approve cetakan sampai ‘hanya’ untuk eBook yang sekarang semakin banyak saja. Selain memang format-nya yang bagus, PDF memiliki satu keunggulan lagi yaitu proteksi yang bagus terhadap pembajakan. Di PDF maker yang bagus, anda bisa memproteksi file PDF anda sehingga file PDF anda memiliki status SECURED. Dengan status tersebut, anda tidak bisa copy isi, bahkan anda tidak mencetak dokumen PDF tersebut.

Hal tersebut memang menguntungkan tetapi kemarin saya agak direpotkan dengan fasilitas SECURED PDF tersebut. Jadi ceritanya saya dikirimi email yang berisi file laporan dalam format PDF tetapi oleh teman saya, file tersebut di proteksi sehingga saya pun tidak bisa mencetak dokumen tersebut.

Akhirnya setelah cari sana-sini saya ketemu tool yang bisa membuka proteksi PDF tersebut. Memang sih, alat ini bisa saja merugikan beberapa pihak yang memang menerbitkan eBook misalnya secara legal dan apabila diterima oleh seorang yang tidak membeli dan ingin mencetak eBook tersebut, tinggal memakai alat ini saja.

Tapi ya saya coba positif thinking aja, semoga dipakai yang positif-positif saja, misalnya kasus saya diatas. Dengan tool ini saya bisa membuka proteksi PDF dari dokumen yang saya terima dan akhirnya saya bisa mencetaknya. Nama tool tersebut adalah PDF Unlocker dan anda bisa mengunduhnya disini.

Cara pemakainnya sangat mudah, setelah aplikasi tersebut terinstall di komputer kita, di desktop kita akan ada icon PDF unlocker, drop PDF files here. Jadi sesuai nama ikon-nya, untuk membuka proteksi PDF kita tersebut, tinggal klik dan drag ke ikon PDF unlocker, drop PDF files here yang berada di desktop.

Lalu tinggal tunggu proses, selesai lalu anda akan mendapati di folder yang sama hasil PDF yang sudah di unlock.

32 comments

  1. g bisa mas! tetap gak bisa dicop paste! file yang saya coba tu kayak ada stamp atau gambar ditengahnya! jdi filenya kayak dalm bentuk gambar cuman ekstensinya pdf! gmana ya caranya?

  2. Terima kasih atas Infonya< tapi kenapa hasilnya hanya 1 halaman ya??? apa ada cara lain??

  3. wah…mantab! sangat membantu…banyak dokumen saya yang lupa password proteksinya yang kini bisa di buka berkan sharing saudara, terimakasih banyak ini sangat membantu, semoga anda makin sukses!

  4. makasih banget mas atas infonya, sangat-sangat memantu saya, ilmu baru bagi saya ….

  5. @Bagus: saya belum pernah coba pak di Windows 7, di versi baru mesti nya udah dukung untuk OS terbaru pak…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.