Mengirimkan Detail Komputer Kita

Ketika komputer teman saya mengalami trouble, saya diminta untuk membantunya untuk memperbaikinya. Sayangnya saya tidak mengetahui secara detail spesfikasi dan konfigurasi komputernya. Dan celakanya lagi, temen saya ini juga tidak bisa membantu untuk melihat spesifikasi komputer nya sendiri (pokoknya dia paling hobby hanya pencet tombol power dan klik dial modem lalu konek ke internet deh… sambil ngelirik sahabat saya ini). Akhirnya saya ada ide untuk mengidentifikasi komputer dia.

Kita akan pakai aplikasi yang luar biasa tapi sering kita lupakan. Aplikasi ini sudah ada di Windows kita sejak kita menginstal Windows. Aplikasi ini bernama System Information. So berikut kronologinya:

  1. Saya minta dia klik Start -> Run lalu ketik msinfo32 lalu tekan Enter (bisa juga di panggil melalui Start -> All Programs -> Accessories -> System Tools -> System Information).msinfo32
  2. Setelah System Information terbuka, saya minta teman saya itu membacanya satu per satu, cuman saya baru ngga sadar kalo informasinya kan buanyak sekali.System Information
  3. Setelah pikir-pikir saya minta dia mengirimkan aja semua detail komputer dia itu. Untuk melakukan itu yang perlu di lakukan adalah klik menu File -> Export lalu beri nama yang representatif dan klik tombol Save.Export to text file
  4. Nah, file hasil ekspor itulah yang saya minta dia untuk mengirimkannya ke email saya. Sebelumnya sih dia protes karena ukuran filenya sangat besar, maka dari itu saya minta dia untuk men-zip file itu dulu sehingga bisa menjadi kecil ukurannya.

Dan dari file itulah saya akhirnya bisa membantu dia. Oya, kita juga dapat melihat spesifikasi komputer rekan kita yang tergabung dalam satu jaringan lokal melaui menu View -> Remote Computer, isikan nama komputernya lalu tekan Enter. Semoga artikel ini juga bermanfaat buat rekan-rekan.

7 comments

  1. Jika Jaringan komputer saya tidak pakai Nomor IP, caranya gimana ya om… ? Trus bisa nggak ya melihat detail komputer teman di tempat lain via internet ? makacih om….

  2. @SUSANTO HIDAYAT: Kalo di jaringan pasti dapat nomor IP pak, karena untuk konek dengan sesama komputer IP sebagai unique ID nya. Mungkin yang bapak maksud itu memakai DHCP ya? Jika memakai DHCP memang seakan-akan komputer tersebut tanpa IP. Saran saya di ping aja pak nama komputer nya untuk mendapatkan IP nya. Hmmm kalo di internet sih secara teori bisa pak, cuman kan kalo udah lewat provider, banyak port service yang di tutup untuk security reasons. Jujur aja saya belum pernah coba hal ini.

  3. gimana kalo pake dxdiag gimana om?
    agak sedikit lebih ringkas dan memuat yang biasa dibutuhin kalo lagi mau beli komputer hehehehe..

  4. @Reydi: Boleh juga, saya juga biasa menggunakan dxdiag, cuman sayang dxdiag tidak menyediakan informasi hard drivenya. Dan itu informasi yang penting juga buat saya. But, terima kasih atas informasi tambahannya.

  5. Om,saya mw nanya ,,,om kan saya rasa progammer tw gak masalh PC saya knp,,,
    gini critana:
    1. tiap mw ngidupin komputer ,pas window na mw muncul,,, selalu ada bacaan one of your dick need to be checking C n D.background layar nya kuning tuh knp ya om?
    2. Sya mw maen game on line,tptnya luna online indonesia..syarat udah di penuhi…dah start game,versi OK…tapi tiba2 ada bacaan dari aplkasi yg bernama scanner(scanner doang tulisanna) bacaannya “Detected #31:Auto Script
    ***Please Unload It From Memory”

    Please solve my problem om,,,kirim email yah

Leave a Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.