Melihat Proses Tersembunyi

Biasanya ketika saya merasa Windows saya jalan agak berat, saya mulai curiga ada apa dengan sistem saya. Langkah pertama yang saya lihat adalah memeriksa program apa saja yang sedang berjalan di Windows saya. Untuk melihat proses tersebut saya akan melihat Windows Task Manager untuk menampilkan semua proses yang sedang berlangsung dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Del. Didalam Task Manager klik tab Processes. Namum sayangnya Task Manager ini saya rasa kurang lengkap dalam menampilkan detailnya. Seperti file library apa saja yang dipakai oleh satu program. Apalagi tidak semua program yang sedang berjalan bisa di tampilkan oleh Task Manager, ya… ada yang tersembunyi ternyata.

Lalu saya mencari satu program yang bisa menampilkan semua proses yang sedang berlangsung beserta detailnya. Setelah cari-cari ada nih saya program yang bernama Process Explorer buatan Mark Russinovich. Saking hebat nya, program ini sampai di dukung oleh Microsoft sendiri.

Pertama coba kita bandingkan Task Manager yang asli bawaan Windows dengan tampilan seperti ini:

Task Manager asli

Meskipun kita sudah set untuk menampilkan semua field yang ada, anda tidak akan mendapat detail dari suatu program tertentu.

Dengan Process Explorer anda akan terbantu, karena Process Explorer akan menampilkan semua file dan bahkan Registry value yang terlibat.

Process Explorer

Untuk mengetahui library yang berkaitan dengan suatu program, kita tinggal klik program yang kita inginkan maka secara otomatis Process Explorer akan menampilkan detailnya, jangan lupa untuk menampilan panel bawah dulu dengan klik ikon Show Lower Panel (ato tekan tombol Ctrl + L).

Show Lower Panel

Untuk mendapatkan aplikasi ini anda tinggal download, ekstrak filenya dan jalankan file procexp.exe. Gratis dan tanpa instalasi.

Dan satu lagi, anda bisa menggantikan Windows Task Manager dengan Process Explorer.

2 comments

  1. mas… tolong task manager windows xp ga bisa dibuka katanya Task Manager has been disabled by your administrator. Tulungin ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.