Kirim SMS Gratis Dengan Yahoo

logo smsYahoo Messenger adalah IM (Instant Messaging) andalan saya. Memang sih banyak sekali aplikasi IM di luar sana. Cuman ya saya pakai satu ini saja daripada di campur-campur tambah bingung. Meskipun sudah banyak bahasan tentang pengiriman SMS gratis dengan Yahoo Messenger, saya akan coba menuliskannya lagi sesuai pengalaman saya.

Ya, dengan Yahoo Messenger ini kita dapat mengirimkan SMS kepada teman-teman kita secara gratis! Tapi memang YM belum mendukung semua operator di Indonesia. Daftar operator yang telah di dukung YM dapat anda baca di sini. Sesuai dengan daftar nya sih baru:

Indonesia: Excelcom — 9246, Hutch3 — 92466, Indosat — 946, Telkomsel — 4246

Kali ini saya akan coba mengirimkan ke handphone saya sendiri yang ikut operator Telkomsel (kaga promosi lho ini…).

  1. Buka Yahoo Messenger anda dan login.
  2. Klik kanan kontak anda dan pilih menu Send SMS Message.
  3. Jika di data kontak anda belum ada data no mobile nya maka anda akan di minta memasukkannya. Perhatikan karena kode internasional Indonesia adalah +62, maka anda harus awali no hp-nya dengan +62. Misal no hp teman anda adalah 081111111, maka anda harus menuliskannya +6281111111 lalu klik tombol OK.
    Masukkan No Handphone
  4. Lalu tinggal tulis pesan anda di layar chat. Jumlah karakter yang bisa anda kirimkan adalah 149 karakter, berbeda dengan SMS melalui handphone biasa yang bisa 160 karakter. 11 karakter lainnya akan di pakai keterangan pengirimnya oleh YM.
    Ketik SMS
  5. Menurut percobaan saya, SMS langsung masuk hampir tanpa jeda.

Menurut saya lumayan lah, kalo ingin ngirit pulsa HP kita.

30 comments

  1. wah enak yah klo mang bisa…

    tp klo ke CDMA bisa g….

    misalnya ke esia/flexi gtu…?

    trus depan nomor nya di kasih kode apa klo bisa..?

  2. @danker: untuk operator yang saya sebutkan diatas emang sudah saya coba dan masuk. Untuk CDMA belum ada yang bisa sih. untuk kode seperti yang saya jelaskan di atas pakai kode internasional indonesia yaitu +62. Kalo nomor HP nya 081xxx jadi +6281xx

  3. @taufik: penulisan nomor udah benar ya pak? saya ketika menulis artikel ini memakai nomor XL dan berhasil. Coba saya tanyakan ke Yahoo pak… Oya, 6 angka depannya apa ya pak?

  4. @Zackie: yang awalannya 085 ya? saya coba pake simpati dan xl pra bayar, bisa masuk deh mas. Coba kali-kali saya photo-kan ya…. ini baru saya tanyakan ke Yahoo 2 hari yang lalu, tapi ini belum ada jawaban.

  5. Kalau mau kirim sms ke grup bagaimana caranya? Lalu untuk memindahkan nama kontak dari buku alamat ke grup yang kita buat di YM gimana ya? Apalagi kalo orangnya belum ada e-mail, tapi mau kita daftarkan ke grup supaya bisa kirim sms gratis. Tks.

  6. omong” kalo sa kirim ke im3… pulsa im3 teman ku berkurang ga ?

    trus teman ku gmn cara balas nya ?

  7. saya mau tanya. klo hutch3 itu jaringan apa ya? apa biasa yang di sebut “three” (3).. atau apa?.
    thank`s

  8. @indra: Ya pak, setahu saya itu provider dari china, biasa di sebut 3 saja… CMIIW

  9. kok ga bisa ya…
    muncul :
    Phone number +628139280xxxx is not currently served by our SMS messaging partners.
    apa lagi seh yang harus di setting?

  10. @ebin: kemungkinan provider nomor tersebut belum di dukung oleh Yahoo

  11. sms gratis hanya bisa dikirim 5x untuk nomor yang sama. jika ingin terus bisa digunakan, recipien harus membalas 1x setelah itu kita bisa kirim 5 sms lagi ke no recipien tsb bgtu seterusnya. so what… gw bisa bikin akun yang banyak….

  12. Kalau balas pesan text dari hp ke YM di kenakan tarif sms international (per sms). Jadi mahal dong yg balas ke YM?

  13. maaf nih pak sy kurang ngerti penjelasannya….!

    sekeder penegasa……
    jaadiii setia kali mau smsan gratis ke teman msti log in di ym ????????

    THANKS

  14. Tapi bro, kalau nomor yang kita kirimi sms itu membalas kita melalui jalur ini, kasihan juga. Kena biaya gede ih, lupa saya berapa duit itu…. Tapi mahal lah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.