Converter Yang Hebat

Sejak kemunculan format kompresi audio yang biasa di sebut MP3 itu, setelah itu banyak sekali bermunculan format-format baru dengan menawarkan kompresi sekecil-kecilnya dan semakin tidak mengorbankan kualitas yang di hasilkan. Hal ini memang menyenangkan karena kita mempunyai banyak pilihan. Di sisi lain format gambar juga menawarkan beragam format dengan segala fitur-nya. Juga, dalam dunia video juga seakan-akan tidak mau mengalah dalam pengembangan didalamnya yang biasanya menghasilkan format-format kompresi video baru.

Tapi di satu sisi hal ini sangat menjengkelkan karena dengan banyaknya format, membuat kita harus mempunyai masing-masing player dari format tersebut. Maka dari itu, saya ingin mencari satu aplikasi pengubah format yang akan saya gunakan untuk mengubah berbagai macam format tersebut ke format favorite saya.

Dan akhirnya saya menemukan aplikasi tersebut, aplikasi tersebut bernama Format Factory. Format Factory mendukung buanyak sekali format yang ada di pasaran dan hebatnya lagi dia mendukung perubahan format dari audio, video, gambar dan ISO CD/DVD ROM dan hal yang terhebat dari itu semua adalah aplikasi ini gratis!!

So, langsung saja untuk menggunakan aplikasi ini berikut langkah yang harus kita ambil:

  1. Unduh dulu aplikasi-nya.
  2. Anda akan mendapatkan file dalam keadaan ter-zip.
  3. Mekarkan dulu file-nya sehingga anda mendapatkan file FFSetup170.exe (angka 170 bisa berubah berdasarkan versi aplikasi yang anda unduh, ketika saya mengunduh file tersebut aplikasi Format Factory di versi 1.70).
  4. Klik ganda file FFSetup170.exe.
  5. Anda tinggal mengikuti langkah installer-nya, kebanyakan sih tinggal klik tombol Next doang.
    Instalasi
  6. Nah, sekarang aplikasi sudah siap digunakan. Untuk menggunakan anda tinggal membukanya melalui Start -> All Programs -> FormatFactory.
    Format Factory
  7. Sekarang saya mau mencoba meng-convert sebuah file .wav ke .mp3. Tinggal klik tab Audio dan pilih All to MP3.
    All to MP3
  8. Lalu pilih file-file yang ingin anda convert dengan klik tombol Add File untuk menambah file satu per satu atau Add Folder untuk menambah semua file di dalam satu folder tertentu.
    Add file ato add folder
  9. Anda juga bisa mengkonfigurasi output/keluaran yang anda inginkan dengan klik tombol Output Setting. Jika sudah selesai menambah file dan mengkonfigurasi keluaran file, klik tombol OK.
    Output setting
  10. Di jendela utama Format Factory, klik tombol Start.
    Klik tombol play
  11. Kita tinggal menunggu hasilnya….

Dengan converter yang ukuran file-nya hanya 18MB ini, kita dapat mengubah banyak sekali file-file ke format yagn kita inginkan dengan mudah. Semoga membantu…

18 comments

  1. Format factory memang sangat simple, tetapi hasil formatnya tidak sesuai dengan yg di harapkan. Saya coba rubah format lagu WMA 3.3 megabyte durasi 3:35, setelah di konvert ke MP3 menjadi 10.3 kb dengan durasi 0.
    Kenapa hasilnya bisa demikian ? Seharusnya sama durasinya dengan originalnya.
    Apa yang harus saya lakukan ? Adakah trik yg tidak diberitahukan ?

  2. @Edi Suptratman: Selama ini saya hanya memakai langkah yang biasa pak dan selalu ngga ada masalah. Coba di convert ke format yang lain hasilnya bagaimana pak?

  3. thx infonya mas Edi,
    selama ini saya pakai freeware S.U.P.E.R (Simplified Universal Player Encoder & Renderer – http://www.erightsoft.com/) untuk mengconvert macam2 file video dan audio, tapi kadang pingin nyoba freeware lain, siapa tau hasilnya lebih bagus.
    hehe

  4. oke nih tipsnya. thanks.
    ditunggu freeware-freeware yg lain. o iya, saya ingin merombak tampilan Windows XP saya agar keliatan unik. ada yg bisa bantu ttg apa saja yg harus dilakukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.