Nyoba IM2 Broadband 3.5G Unlimited

Setelah coba-coba beberapa koneksi interenet yang mungkin saya gunakan di rumbah akhirnya saya mentok dengan layanan StarOne. Selama ini saya memakai StarOne yang Time Based dengan rate Rp.4.500/jam. Kecepatan StarOne ya fair lah, tidak begitu lambat tapi juga tidak cepat. Cuman, masalahnya karena time based, setiap saya menulis artikel blog-blog saya, saya selalu kaya di kejar setan (kaya pernah di kejar beneran aje…) dan akhirnya banyak sekali ejaan dalam bahasa Indonesia maupun Inggris yang salah karena saya terburu-buru mengerjakannya. Lalu saya ingin mencari koneksi internet yang unlimited tetapi harus terjangkau karena kalau mahal, ya ngga kuatlah…

Akhirnya setelah sana-sini, ada beberapa yang saya taksir salah satunya adalah Telkomsel Flash tetapi setelah mencari review-nya di sana-sini ternyata banyak kabar tidak sedap (ya meskipun tidak semua sih), dari masalah mulai melambatnya koneksi sampai ke customer service-nya yang begitu deh…

Setelah lihat-lihat lagi saya agak tertarik dengan produk IndosatM2 3.5G yang Broom Prepaid karena dengan hanya Rp.100.000 kita bisa main internet seenak kita tanpa memperhatikan quota lagi. Dengan uang segitu kita mendapat kecepatan 256kbps sampai dengan 2GB setelah itu akan turun menjadi 64kbps (kalau Telkomsel Flash Rp.125.000 mendapat 3GB dengan speed 256kbps, ya sebetulnya lebih menggiurkan sih).

Karena harus membeli modem HSPDA yang harganya selalu di sekitar Rp.1jt akhirnya saya selalu menunda maksud saya untuk ganti dari StarOne ke paket-paket unlimited itu. Nah, kemarin waktu mengantar teman saya membeli laptop di sebuah toko komputer di Jl. Simanjuntak-Jogja saya melihat satu box pake Broom yang di paket dengan modem ZTE MF622 dengan harga Rp.1.499.000.

Pikir-pikir akhirnya saya mencairkan dana dari Paypal yang saya dapatkan dari Paid Review ke rekening BCA saya sejumlah harga paket tersebut dan akhirnya hari ini terwujud juga keinginan saya itu.

Pake IM2 dengan Modem ZTE MF622
Pake IM2 dengan Modem ZTE MF622

Sampai di rumah paket itu langsung saya buka plastiknya dan anda akan mendapatkan DVD Video petunjuk install dan aktivasi Broom, Modem dan buku panduan.

Isi box IM2 Broom boks
Isi box IM2 Broom boks

Modem ZTE-nya di taruh kemasan yang mirip dengan casing DVD.

Isi boks ZTE MF622
Isi boks ZTE MF622

Di boks ZTE tersebut kita mendapat modem-nya sendiri ada CD driver, DVD tutorial (double nih…) ama kabel USB Y dan kabel USB yang pendek. Tinggal mana yang kita pakai, kalau USB anda terbatas saya menyarankan untuk memakai kabel USB yang Y jadi ada satu port yang bebas lagi.

Di boks paket tersebut anda juga mendapat kartu SIM-nya juga voucher perdana-nya. Dan setelah instal sesuai petunjuk (install sangat mudah karena driver sudah ada di dalam modem, jadi tinggal tancep aja maka installasi langsung berjalan).

Jika installasi berjalan dengan lancar, maka akan ada software dari ZTE untuk konek ke inteternet lalu lakukan beberapa konfigurasi jaringan yang dapat anda lakukan dengan mudah dengan membaca buku panduan yang di sertakan.

Tampilan ZTE program
Tampilan ZTE program

Total waktu yang saya habiskan dari membuka boks sampai bisa surfing hanya 15 menit karena saking gampangnya proses installasi tersebut. Salut buat Indosat M2 yang sudah berhasil membuat panduan yang sangat sistematis. Kalau anda kurang jelas dengan buku tersebut, anda tinggal pindah ke DVD tutorial.

Nah, sekarang tinggal tes kecepatan layananan ini. Karena ekspektasi saya memakai layanan ini adalah mendapatkan koneksi unlimited dengan kecepatan yang sedang-sedang saja (ya, karena kan dengan hanya Rp.100.000 jangan terlalu berharap banyak) ketika saya melihat saya hanya mendapat sinyal EDGE bukannya UMTS ya saya tidak terlalu kecewa. Saya mendapat sinyal yang full di rumah saya. Kemudian saya tes dengan tester yang di sediakan Indosat M2. Hasilnya seperti ini:

Hasil Tes
Hasil Tes
Hasil Tes Ping ke blog ini
Hasil Tes Ping ke blog ini

Seperti layanan internet yang lain, ketika hari semakin malam, kecepatan semakin bagus karena mungkin pengguna-nya semakin sedikit yang menggunakannya. Kalau saya lihat hasil tes-nya ya ngga begitu bagus lah, mungkin karena hanya dapat EDGE. Cuma saya kembali lagi ke kebutuhan saya, saya ingin mengembangkan blog-blog saya ini tanpa takut over kuota. Dan saya pikir kecepatan IM2 ini sudah menjawab kebutuhan saya meskipun kecepatannya di bawah harapan saya.

Jadi, sekarang saya bisa nulis blog-blog saya dengan santai tanpa di kejar waktu yang habis atau kuota volume yang menipis…

99 comments

  1. gw lebih parah lagi ga jelas nihbaru 2 hari pake nih katanya 3.5g tapi sinyalnya gprs trus cuma dapet speed 56.3 kbps,trus edge bisa 253 kbps tapi banyak gprsnya buat dl jadi lamapemakai yang di sini ada yang sama kek gw ga ?trus dl 10 mb kadang bisa 19 menitan,3,5 mb bisa 9 mnt :emank rata2 klo dl 10 mb ama 3,5an kira2 klo pake im2 unlimited brp lama…,soalnya sinyal modem gprs klo ga edge apa ga bisa lebih cepat ya
    oh..jadi klo yg prime paket eco kan rp 160000 kuota 700mb dibandingkan ama yang broom clasic yang 200 mb = 100 rb klo mo 700 mb biayanya 350rb dengan kecepatan sama 3.6 mbps berarti enak ambil eco drpd broom clasic,ada petunjuk?
    satu lagi type clasic borosnya minta ampun tp speednya juga minta ampun..jadi kesimpulan ambil eco kuota 700 mb cuma 160rb,clasic klo mo dpt 700 mb hrs 350b..rugi dah

  2. @kingki: kalo selama ini saya coba sih, untuk download 10MB ya butuh 20-30 menit-an itu pun kan download jam 10-an malam, tapi overal cukup worth lah kalo cuman 100rb. IMHO

  3. Pagi mas…
    Kemarin sabtu saya disuruh untuk installasi im2 broadband, semua sudah di lakukan sesuai petunjuk dari buku panduan, alhasil ketika saya konek ke internet, tidak mau terkoneksi juga. Mungkin mas edi bisa bantu untuk setting jaringannya. Mgkn pihak indosat ada yang kelupaan dalam membuat manual yang diberikan.
    Terima kasih sebelumnya mas edi.

  4. memakai modem apa mas? kalo saya yang paket 622 ZTE itu, manualnya sangat lengkap. Tinggal masukin Network Settings -> Config File. Klik tombol Add, lalu isi namanya dengan IM2, nomor dial nya *99#, user name dan password lihat di kartu perdana (atau kartu vouchernya), APN isi dengan indosatm2. Lalu klik OK.
    Lalu pilih config file IM2 dan klik Set as default.
    Lakukan aktivasi di website indosatm2.com. Setelah aktivasi selesai, ganti user dan password di modem anda sesuai dengan user dan password yang baru.
    Udah deh, tinggal klik tombol Connect…

  5. Pake flash kurang lebih sama speednya Pak Ed. Saya pake gprs dapet downstream antara 60-70an Kbps, uploadnya yg kecil cuma 15-25 Kbps. Tapi lumayan lah daripada pake im3 ato starone. Yah sapa tahu im3/mentari/starone ngeluarin pake unlimited kaya Indosat 3.5G (Matrix) itu. Kan lebih sip..

  6. Sama ya? tapi ya emang gitu sih kalo sharing connection. Dan GSM itu akan mendahulukan voice dulu baru data. Jadi kalo yang nelp banyak, ya siap-siap untuk super lambat. Kaya saya kalo browsing pake IM2 ini jam 6-9 malam, lambatnya bisa buat test kesabaran.

  7. Setau saya IM2 berbeda dengan Indosat (GSM) pak. Karena secara struktural Indosat dan IM2 terpisah. Jadi jalur untuk IM2 memang khusus untuk Internet. Sedangkan jalur Indosat 3G dicampur dengan voice dan text.

  8. Yup, I hope so. Kemarin di dekat rumah saya kan ada galian indosat lagi, katanya mau tambah bandwith lagi…

  9. haloo pak..
    saya berlangganan IM2 Broadband 3.5G . saya berasal dari batam [ riau ] . disini IM2 Broadband 3.5G sangat memuaskan . saya memakai pake ecO unlimited dengan quota 2gb . pada waktu malam jam 10-an adalah saat yang terparah bagi semua pengguna saya juga mengalami. tetapi pada saat lewat jam 12. maka speednya ga tanggung tanggung lagi.. saya download anime [70 mb ] hanya dalam 1,2 menit dapat selesai mendownload .
    jadi kalau bapak pingin mengepost blog blog.. mendingan di waktu sebelum atau sesudah jam 10 ..

  10. @alfha: wah saya setuju itu, kalo jam 12 malam keatas… it’s time to download….

  11. utk jogja ktnya memang padet BTS di bbrp lokasi
    tp dah ada tambahan kapasitas jaringan bertahap
    saya sempet nulis ttg itu
    plg padet ya jam 10-1 malem kt manajer areanya πŸ™‚

  12. KLU AKU PAKE TELKOMSEL FLASH UNLIMITED
    KECEPATAN DOWLOADX LEBIH BAIK DARI IM2X INDOSAT
    UPLOAD DATAX JUGA LUMAYAN
    MUNGKIN KARENA UDAH PAKE UMTS YAA,,,,
    BEDA AMA IM2 YANG MAKE EDGE

  13. @NDIEZ: ya lumayan kalo dapet UMTS, masalahe saya di ndeso jadi dapetnya cuman EDGE πŸ˜€ tapi ya tetep worthed lah wong cuman 100rb unlimited

  14. saya mau sharing.. pengguna tsel flash.. udah hampir 1 bulan setengah saya langganan.. overall mantepzzz.. siang malam dapet sekitar 248 kbps.. buat donlod Transfer rate nya 32kBps.. kadang di tengah2 donlod sering naik ampe 50an kBps.. oia lokasi di mrican jogja..

    yang saya khawatirkan sebenernya setelah 3 bulan.. banyak yang share utk flash di awal2 pemakaian emg cepet tapi setelah 3bulanan??? jadi ya nunggu waktu aza..

    kalo denger dari share orang2 sbnrnya ragu mau pake flash.. tapi kmren nekat aza, n ternyata puas juga.
    oia utk jogja udh gk bisa apply flash.. untuk wilayah joglosemar sementara saat ini cuma solo n semarang yang bisa. kebetulan saya apply flash wilayah bandung itu pun ke reseller.

    artikel terakhir bendhotzz | Our Links

  15. Waduh mas….saya juga pake im2, awalnya sih asik aja. Tapi sekarang susaaaaahhhh banget koneksinya. jangankan dipake browsing, untuk bisa konek aja susah…

    kapan ya ada koneksi internet murah, unlimited dan tanpa masalah? …huahahaha…

  16. @Andika: Koq di tempat saya (jogja utara) masih belum bermasalah. Iya nih, kapan ya, punya koneksi murah berkualitas? Khayalan level tinggi πŸ˜€ ya

  17. kalo saya pake fastnet..
    1 bulah 135ribu.. dapet 384 Kbps..
    unlimit.. download sepuasnya deh.. hehee..
    fastnet tidak pernah down..
    lumayan enak sih daripada speedy..

  18. @Andrew: Ya bro saya dengar fastnet emang sip, tapi sayang belum masuk ke jogja jadi saya bisanya gigit jari dengar cerita dari teman2 saya di jakarta πŸ˜€

  19. salam kenal.Bung edi, sy ingin mencoba menggunakan 3.5G im2. bisa gak kira2 kalo saya menggunakan yg unlimited truz di sharing ke 40 PC. kebetulan sy dah make im2 unlimited yg kabel utk 60 pc. jd sy pengen pake 2 isp biar gak lemot2 banget. gimana caranya …
    mohon pencerahannya

  20. @tahtagathi: Hall salam kenal juga. Kalau saya boleh rekomendasi untuk mempercepat akses internet bisa memakai program internet turbo dan sejenisnya (cuma ya ngga begitu signifikan karena aplikasi semacam itu hanya mengoptimalkan registry value saja). Untuk 60pc apa ngga terlalu lambat pak? Coba aja di atur dengan aplikasi semacam http://www.winroute.com untuk mengatur bandwith ke seluruh client.

  21. Wah aku baru putus ama tuh produk.. abis untuk bisa dapet koneksi nyaman kudu “nyubuh”. Bisa ancur siklus hidup gw!..Sekarang lagi pindah kelain hati mudah2an ok terus..ya lag dikit sih dimaafkan

  22. @3LK13: Iya bro sekarang saya harus nyubuh terus nih… jam 2 keatas baru manusiawi untuk kecepatannya. Pikir2 mau pindah speedy nih.

  23. IM2 Broom modemnya d’lock khusus buat operator ybs.
    tadi awalnya mo peke ini, tapi pas pameran Mega Bazaar d jCC kemaren sempat nyanol ama genre barunya telkom flash SpeedUp yg cuma di bandrol harga paket Rp.1,250 k n gratis pemakain dengan quota 777MB/bln selama 5 bln (lumayan biar sedikit lemot tp bisa digandeng ama kartu lain) coz modemnya kagak d’lock (dah dicoba pake XL, ok )

  24. Waduh ngeliat artikel ini jadi bingung nih cari koneksi internet… Sebenernya saya pengen pake diantara 2 produk itu (TFLASH/IND IM2), coz skr saya tinggal di daerah Tasikmalaya, yang susah banget cari koneksi internet selain SPEEDY, padahal Speedy yg unlimitednya mahal, jadi alternatif lari ke koneksi broadband, tapi akhirnya ngeliat artikel ini jadi mikir2 lagi, pake TFLASH gak yah??, coz klo INDOSAT di daerah sini cuma dapet sinyal gprs yg lambat (nyoba pake IM3). Duuuh bingung, jadi kangen rumah di Jakarta yang langganan Fastnet (PUaaasss Euuyy).

  25. @HazBee: Aduh, sorry banget ngga bermaksud membuat tambah bingung, hanya menulis pengalaman saja πŸ˜€ Tapi jadi warga Jakarta enak nih ya… ada FastNet… murah cepet… (katanya lho…)

  26. saya juga pake im2 mas, di tempat saya udah umts. koneksinya gk teratur kadang cepet (sekitar 100kbyte/s [800kbps]) kadang lambat (sekitar 8kbyte/s [64kbps]).
    Pernah nyoba pake flash (pake simpati), umts juga, kecepatannya juga ditu, naik turun.

    artikel terakhir Inov | Banyubiru

  27. Hm… soal sinyal UMTS kalao pengalaman saya, ya ganti settingan ke manual saja. Lalu set agar hanya mencari inyal UMTS, bukan auto search. Ditambah dengan Indosat internet accelerator, walaupun sebenernya cuman bikin tampilan gambar jadi jelek, tapi cukup membantu speed untuk sekedar browsing. Kalau untuk download musik or movie… siap-siap untuk mendongkol saja…

    artikel terakhir Lucky | Strange Familiar

  28. saya pengguna indosatm2 broadband dengan menggunakan modem ZTE juga, tapi kenapa signal yang saya terima dirumah saya cuman GPRS, trus gimana ngedapetin signal EDGE atau UMTS nya ??

    Thanks.

  29. @astika: Kalo modem sudah di setting auto detect dan masih kena GPRS berarti ya sinyal di rumah mbak astika belum ada sinyal 3G nya…

  30. klo pake timebased, knp mesti d kejer2, mas?

    kan bisa diketik dulu d notepad ato word scara offline, trus begitu selesai ngetik. tinggal konek k starone. copy-paste. upload. beres. plg makan waktu 5 menit. hemat waktu, hemat duit.

  31. @numpanglewat: Hehehehe, dulu saya juga berteori seperti itu mas. Cuman setelah di jalani, begitu di paste, eh ada kalimat yang kurang pas, eh ingin mengambil informasi dari website A, ato mau me-link ke website B dan hal itu yang membuat saya pribadi tidak nyaman. Tetapi jika anda bisa begitu, ya lebih baik hehehehe

  32. @numpanglewat: Hehehehe, dulu saya juga berteori seperti itu mas. Cuman setelah di jalani, begitu di paste, eh ada kalimat yang kurang pas, eh ingin mengambil informasi dari website A, ato mau me-link ke website B dan hal itu yang membuat saya pribadi tidak nyaman. Tetapi jika anda bisa begitu, ya lebih baik hehehehe. Itu belum termasuk kalo pas koneksi lambat, 1 jam hanya untuk meload 5 page, saya sering merasakan itu dengan StarOne…

  33. ya sa jg pake im2 nih…
    di dlm rmh ku, krg banget signal…
    sa jam” 10 pagi ampe 8 malam pake EDGE (hoky”an dpt HSDPA), slaen jam itu pake HSDPA…

    sa cmn saran kan…
    kalo pake m2 n kurang signal, tolong pake modem manual network, biar bisa dpt UMTS ~
    kalo modem na ga sanggup ke UMTS (HSDPA) , ya otomatis ke GPRS (EDGE) ~

    o ya, bang edi ~
    kalo daerah abang, kurang signal…
    krn krg na signal cmn dpt GPRS (EDGE), pake antena GSM bang…
    biar menambah sdkt signal na…

    SPEEDY sih kencang pd umum nya, tp kalo udah penyakit lemod, ya lama banget sembuh nya…

  34. Halo..
    salam kenal, mau tanya masalah indosatm2 dan modem nokia (e61i)? mohon bantuannya..
    aku pk servis im2 broom unlimited, sudah siap pakai, tp kok ga bisa connect lewat 3g/umts? padahal sinyal 3 dari 5, setting-an dah ikutin panduan, nokia pc suite sudah terbaru 7.1, driver juga sudah update.
    koneknya lewat pc suite/one touch access, sudah setting apn, username, pass.. tp ga mo konek kl lwt umts “ngomongnya: could not establish through this device” ,
    anehnya kalo di set ke gsm only / dual mode, bisa konek.. tapi cuma gprs, lamo niaaan..
    kira2 ada yang perbah ngalamin ini? ada salahkah settingan saya atau kurang barangkali..
    tolong pencerahannya, thank alot!

  35. @hendra: Apakah di rumah mang hendra ada sinyal UMTS-nya? Kaya di rumah saya hanya ada EDGE, jadi saya hanya dapat EDGE saja dan tanpa 3G…

  36. aku pake m2 juga..di samarinda..ughhh susah amat connectnya..suka putus-nyambung

  37. slm knal.
    sy pke ZTE mf622 (persis ky diatas) yg uda di-unlock, pkenya telkomsel flash. uda 3 bln ini.
    bbrp hr trakir ini cm bs konek pke GPRS aja, soalnya klo UMTS, service typenya slalu brubah ke C, g prnah steady di PC. pdhl klo pke modem tmn sy yg vodavone oke2 aja..
    kira2 knp ya, mas?apa musti ditambahin antena?
    apa krn sy klo mke klamaan yak, biasanya smp panas modemnya πŸ˜€

    thx b4

  38. @Ooka: saya juga pakainya terus2 an pak, 24 jam sehari πŸ˜€ wong komputer jarang mati tapi alhamdulilah ngga pernah masalah pak…

  39. salam kenal pak….
    senangnya dah punya im2 broom…
    tapi kabarnya sekarang dah g secepat dahulu y?
    penjualannya dah mulai dibatasi…
    saya sebetulnya mo beli im2,tapi jaringan di daerah purwokerto belum ada 3g nya….
    mending im2 ato telkomsel flash ya?

  40. @omahinfo: iya sekarang agak lelet.Di purwokerto yang 3G apa? mending anda langganan yang sinyal udah 3G

  41. @omahinfo
    telkomflash jelek boz. mending pake isat de. nnt isat yang 3.5G maw ada penambahan bandwith si katanya.

  42. tergantung lokaksi mas EDI, coba anda test di daerah yg ada 3Gnya, misalkan klo di jogja, daerah malioboro pokoknya daerah yg deket dgn pusat kota dan usahakan tdk terlindung dengan bangun2an tinggi, saya juga memakai M2, kecepetan Download 256kbps dan upload 53 kbps dan itu udah buka browsing2 lain, buka met4 utk forex yg sllu update, jd saya rasa udah sangat2 cepet kok, sekedar info saya pakai modem sierra 881 model USB harga 750rb… thanks infonya πŸ˜€

    artikel terakhir Fatary | Senjata Nuklir adalah Warisan Paling Berbahaya

  43. @Fatary: Ya bang, anda sangat benar. Saya juga membawa modem itu ke kantor saya yang terletak di Galeria Mal Lt.3, disana saya mendapat HSPDA kecepatannya ya cepat, kadang Speedy aja kalah. Saya menggunakan 2 modem Sierra 881U dan ZTE 622 hasilnya sama. Tapi kalo di daerah rumah saya yang cuman EDGE, hasilnya ya not bad lah kalo quota 2GB saya masih, kalo sudah pakai yang 64kbps, tau sendirilah πŸ˜€

  44. kayak kentut tu telkomflash! pertamanya doank bau, udahan nya ilang bau nya! blaunk!

  45. @brown: Hehehehe mas Brown bisa aja, ya saya juga berharap telkomsel flash bisa lebih baik…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.