Waduh Koq Timeout?

Pagi ini saya mencoba install sebuah component di Joomla yang saya install di localhost. Setelah klik tombol Upload File & Install seperti biasa, dan menunggu beberapa saat, tapi bukannya mendapat layar yang mengatakan bahwa komponen tersebut terinstall dengan baik tetapi saya malah mendapat sebuah error message.

Pesan kesalahan yang saya dapatkan:

Fatal error: Maximum execution time of 30 seconds exceeded in C:\Program Files\Apache Software Foundation\Apache2.2\htdocs\j15-2\libraries\joomla\database\database.php on line 357.

Dengan setengah berpikir akan penyebab masalah ini, saya teringat dengan konfigurasi yang ada di konfigurasi Apache dan PHP yang saya pakai sebagai webserver di komputer saya. Akhirnya pertama saya telusuri konfigurasi Apache (httpd.ini), saya tidak mendapatkan baris setting yang saya cari.

Lalu saya alihkan untuk mencari di php.ini, dan saya akhirnya menemukan setting untuk pengaturan timeout ketika mengeksekusi sebuah script. Kalau anda mengalami hal yang sama cari baris di php.ini: max_execution_time = 30     ; Maximum execution time of each script, in seconds

PHP mempunyai konfigurasi standard untuk eksekusi script adalah 30 detik. Untuk mengatasi masalah ini saya membesarkan nilai timeout-nya menjadi 60 detik. Lalu simpan php.ini kemudian restart Apache anda.

Setelah Apache di restart, kemudian saya mencoba instal kembali komponen tersebut dan viola… komponen tersebut dapat terinstal dengan baik di Joomla saya.

3 comments

  1. Saya ketemu masalah yang kira-kira sama di hosting rumahweb. Akibatnya kalau upload untuk instal suatu modul joomla misalnya, gagal terus. Dari pihak rumahweb sendiri tidak mau menaikkan angka 30 itu, dengan alasan akan mengganggu kinerja server. Repot ini, banyak hal yang bermasalah karena timeout ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.