Membuka Taskbar Kembali

Seringkali ketika kita bekerja di dalam sistem operasi Windows XP, hang adalah peristiwa yang kerap kita alami (iya ngga sih…). Solusi yang kita biasa pakai adalah menekan tombol Ctrl + Alt + Del untuk memanggil Task Manager lalu klik aplikasi yang mempunyai Status: Not Responding dan terakhir klik tombol End Task. Selesai masalah… Nah yang menjadi masalah adalah ketika yang hang adalah explorer.exe. Biasanya kalau kita membuka sebuah folder lalu komputer tidak merespond apa-apa biasanya hal itu disebabkan karena explorer.exe mengalami crash di memory.
Beberapa kali di pengalaman saya ketika explorer.exe di End Task di Task Manager adalah menghilangnya Taskbar. Dan ini akan cukup merepotkan kita, karena tanpa Taskbar kita tidak bisa memerintahkan apa-apa kepada Windows, karena Start menu juga berada di Taskbar ini.

Solusi terhadap masalah itu adalah memanggil explorer.exe kembali agar Taskbar juga kembali terbuka. Nah disini masalahnya dari mana kita harus mengeksekusi kembali explorer.exe? Lha wong Start menu nya aja ngga ada apalagi menu Run. Nah untungnya, Microsoft sudah memikirkan hal ini. Untuk memanggil explorer.exe cukup tekan tombol Ctrl + Alt + Del untuk membuka Task Manager kembali lalu klik menu File -> New Task (Run…), isi explorer.exe di kotak isian lalu tekan tombol Enter.

Jreng… kembali sudah Taskbar kita.

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.