Riset Menggunakan Google Trends

Waduh akhir-akhir ini koq saya suka nulis tentang layanan Google ya? Setelah Google Chrome lalu Google Friend Connect kali ini saya ingin menulis tentang Google Trends. Menurut keterangannya, Google menjelaskan bahwa Google Trends di peruntukkan bagi pengguna yang ingin membandingkan sampai dengan 5 ‘dunia’ menurut database Google. Seperti yang anda ketahui bahwa Google banyak menguasai market share untuk search engine di berbagai belahan dunia. Jadi hasil dari komparasi topik-topik yang anda kehendaki menurut saya bisa terwakili oleh Google Trends ini.

Penggunaan Google Trends ini sangatlah mudah, anda cukup ketikkan topik-topik yang ingin anda ketahui dengan mengetikkan topik tersebut ke search box dan pisahkan topik-topik tersebut dengan tanda koma (,). Misalnya saya ingin mencari tentang cat, dog dan bird, ketikkan saja di search box-nya cat, dog, bird lalu klik tombol Search Trends atau tekan Enter.

Di halaman depan anda juga bisa mengetahui Hot Trends yang sedang melanda Amerika, jadi yang di tampilkan di Hot Trends adalah kata kunci yang mengalami perkembangan paling cepat yang di cari dari Amerika.

Nah, kita kembali pada pencarian kita dengan contoh cat, dog dan bird setelah kita menekan tombol Search Trends maka anda akan di suguhi hasil seperti gambar di bawah ini.

Dari gambar di atas kita bisa mengetahui tren dari ketiga kata tadi dari tahun ke tahun. Untuk skalabilitas-nya kita bisa mengetahui dari skala yang di tampilan di atas grafik, yaitu cat(1.00), dog(1,68) dan bird(0,44). Jujur saja ketika pertama kali melihat ini saya bingung bagaimana membaca grafik ini tetapi ternyata anda bisa mengetahui jawabannya disini. Jadi gampangannya volume pencarian untuk bird itu adalah separuh kurang dikit daripada cat dan dog mempunyai volume pencarian 1,68 kali lebih banyak daripada cat. Dari tahun ke tahun anda dapat melihat stabilitas pencarian untuk masih-masih kata kunci. Untuk grafik bagian bawah itu adalah mewakili jumlah artikel yang pernah di muat di Google News untuk masih-masih kata kunci.

Dan anda bisa melihat contoh berita dari Google di samping grafik tersebut.

Dan di bagian bawah kita dapat mengetahui dari mana pencarian itu berasal dan juga bahasa yang di gunakan.

Nah, dari riset tersebut di atas kita dapat melihat bagaimana kira-kira posisi topik yang akan kita buat di blog atau website baru kita. Tetapi meskipun begitu, saya tetap melihat kompetensi kita dalam suatu topik tersebut. Misalnya kita menguasai tentang dunia cat, kita jangan beralih ke dog gara-gara kata kunci dog lebih tren padahal kita tidak menguasai apa-apa tentang topik dog. Tapi paling tidak dengan Google Trends ini kita bisa mengetahui posisi kata kunci yang akan kita bahas.

Selamat mencoba…

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.