Google Friend Connect BETA

Mungkin anda sudah mengetahui tentang Google Friend Connect. Ya layanan yang masih versi BETA ini (ketika artikel ini saya tulis), seperti layanan MyBloglog yang menawarkan cara untuk membentuk suatu komunitas melalui blog kita. Banyak sekali blogger yang memanfaatkan MyBloglog. Nah, Google juga berusaha untuk membuat layanan yang hampir sama dengan dengan MyBloglog. Seperti yang anda ketahui bahwa di belakang layar MyBloglog adalah Yahoo sehingga saya pikir juga tidak mau kalah dalam hal ini.

Sebenarnya saya sudah tahu layanan ini sudah agak lama cuma karena masih BETA maka yang bisa berpartisipasi di dalamnya adalah orang-orang yang di invite oleh Google. Nah, malam ini ketika saya cek email saya, saya melihat ada sebuah email dari Google yang menawarkan saya untuk bergabung dengan Google Friend Connect dengan mengatakan bahwa Google sudah memasukkan saya ke daftar ‘putih’, saya bingung, lha apa selama ini Google memasukkan saya ke daftar ‘hitam’ mereka hehehe… Saya pikir, ah ngga ada salahnya lah, coba saja.

Setelah saya masuk ke situs Google Friend Connect, untuk memasang widget Google Friend Connect sangat mudah:

 

  1. Anda akan di suguhi halaman Overview dulu seperti biasa, anda dapat membaca deskripsi tentang layanan ini di halaman ini.
  2. Setelah klik Continue, anda diminta untuk memasukkan data blog anda.
  3. Di layar berikutnya kita akan di minta untuk mengunduh 2 file yaitu rpc_delay.html & canvas.html. Setelah file tersebut di ambil, upload 2 file tersebut ke root folder situs anda (biasanya public_html).
     
  4. Setelah 2 file tersebut di letakkan di public_html, klik Continue dan anda di minta untuk mencoba apakah 2 file tersebut sudah pada tembatnya dengan klik tombol Test to finalize setup.
  5. Nah, sekarang di layar berikutnya kita sudah siap untuk membuat gadget/widget untuk blog anda. Tinggal klik Get code for the Member gadget
  6. Nah di layar Set up the Member gadget, anda bisa setting ukuran dan warna. Karena saya ngga ahli design, saya biarkan saja warnanya tetapi ukuran saya rubah agar pas ke blog saya.
  7. Setelah semua di setting, anda tinggal ambil code-nya dengan klik tombol Generate code
  8. Sekarang tinggal menikmati hasilnya, saya sengaja menyandingkan widget Google Friend Connect dengan widget MyBloglog saya di bagian bawah blog saya.
     
Cuman nanti ada yang gabung ngga ya? hehehehe ya kita lihat nanti.

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

5 Komentar

Riset Menggunakan Google Trends | Edi Susanto dot Com  on December 4th, 2008

[…] akhir-akhir ini koq saya suka nulis tentang layanan Google ya? Setelah Google Chrome lalu Google Friend Connect kali ini saya ingin menulis tentang Google Trends. Menurut keterangannya, Google menjelaskan bahwa […]

KlikDana  on January 12th, 2009

mas,,saya udah gabung niyh disini,, gabung juga ya di GFC saya..hehehehe,…Buat yang teman-teman semua gabung juga OK….

artikel terakhir KlikDana | Gabung di Google Friend Connect Blog Ini

Bart. Edi  on January 12th, 2009

@klikdana: beres dah udah gabung tuh…

Krishna  on April 9th, 2009

hohoho, makacih tips nya mas 😀

Mike  on August 29th, 2012

Wah, sangat berterima kasih atas informasinya
Mike´s last blog post ..J4Y Eps: Made in Indonesia

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge