Salah Satu Cara Mempercepat Booting Windows

Mengapa disebut salah satu cara? Ya, karena untuk mempercepat waktu booting Windows banyak cara untuk melakukannya. Jika, anda mengalami booting lama dengan tanda, lampu hard drive diam untuk beberapa saat, keliatannya trik ini bisa rekan-rekan coba untuk lakukan.

Windows XP seperti sistem operasi yang lainnya,  dia akan memeriksa semua peratalan yang tersambung dan mencocokannya dengan driver yang terinstal. Nah, ada satu poin yang saya perhatikan ketika saya merasa Windows XP saya booting memakan waktu terlalu lama yaitu konfigurasi Auto Detect pada controller IDE.

Biasanya, kita hanya mempunyai satu buah hard drive (yang sekarang berukuran sangat besar antara 160 GB – 1 TB) dan seperti di konfigurasi BIOS, Windows memberikan nilai Auto Detect pada semua port/channel IDE Controller yang tidak terpakai (tidak terpasang hard drive atau CD-ROM/DVD/Bluray drive).

Hal itu akan membuat Windows akan mencoba mendetek tipe device di channel yang sebetulnya kosong itu (kita tahu bahwa setiap satu controller, misalnya Primary mempunyai 2 channel yaitu Master dan Slave), biasanya hal itu terjadi pada channel Slave.

Untuk mempercepat booting, gampang saja… just make it disable.

Caranya sebagai berikut:

  1. Klik Start -> Control Panel -> System (bisa juga melalui klik kanan My Computer -> Properties).
  2. Klik tab Hardware.
  3. Klik tombol Device Manager.
  4. Klik tanda + pada IDE ATA/ATAPI controllers.
    Expand IDE controllers
  5. Anda akan melihat 2 channel di situ yaitu Primary IDE Channel dan Secondary IDE Channel. Sekarang coba klik ganda di Primary IDE Channel. Lalu klik tab Advanced Settings.
    Auto detect di device 1
  6. Di gambar di atas, anda melihat 2 device. 2 device ini seperti yang saya ceritakan di atas (Device 0=Master dan Device 1=Slave). Seperti di konfigurasi komputer saya, bahwa Device 1 (Slave) yang tidak terpasang apa-apa terkonfigurasi Auto Detection. Dan Windows XP akan mendetek device di channel tersebut padahal sebenarnya tidak ada device yang terpasang! Tugas kita adalah mengubah konfigurasi tersebut ke None. Lalu klik tombol OK.
    Set ke None.
  7. Lakukan juga untuk Secondary IDE Channel. Jangan kuatir untuk mengubah ini karena jika ada peralatan yang terpasang, maka anda tidak bisa mengubah konfigurasi nya (di set oleh Windows XP ke disabled mode, di tandai dengan abu-abu).

Menurut percobaan saya, hal ini bisa menghemat waktu booting Windows saya sekitar 60-90 detik (tapi hasilnya sangat bervariasi antar komputer). Lumayan sekali kan?

5 comments

  1. boleh boleh tips.a smoga akan brhsil d kom gua .

    tnkz

    klo da tips2 laen boleh tuh d krim k email gua

Leave a Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.