Cara Submit Sitemap Ke Google

Sebagai seorang webmaster, tentu anda sudah tahu tentang traffic yang akan di datangkan ke website kita tersebut. Ada yang submit ke free directory, ada yang pakai iklan PPC, ada yang pasang pakai direct ads dan yang terakhir adalah mendatangkan traffic dari search engine seperti Google. Google di yakini memiliki peran yang besar dalam keberhasilan seorang webmaster untuk mendatangkan traffic ke website nya.

Kali ini saya mencoba sharing bagaimana agar website kita bisa di index secepatnya oleh Google. Di index, berarti website kita segeral di kenali oleh Google. Banyak orang beranggapan bahwa Google sebagai organic traffic memiliki kualitas tinggi dalam mendatangkan traffic ke website kita. Saya setuju akan hal tersebut. Karena ketika orang mencari informasi di search engine dia ingin mendapatkan informasi yang sesuai dengan kata kunci yang dia inginkan dan jika website kita relevan, maka traffic yang berkualitas pun akan kita dapatkan.

Untuk itu, anda harus memberikan satu peta kepada search engine agar seluruh isi website anda bisa di explore dengan mudah dan cepat. Nama peta itu biasa disebut dengan sitemap. Jika anda memakai CMS, banyak sekali plugins yang menawarkan fasilitas untuk men-generate sitemap secara otomatis. Karena saya memakai WordPress, maka saya akan menulis artikel ini untuk WordPress. Saya menggunakan plugins WordPress yang bernama Google XML Sitemaps. Dengan plugins itu, kita dapat membuat sitemap untuk beberapa search engine sekaligus. Seperti Google, Yahoo dan MSN.

Setelah plugins terinstall dengan baik (jangan lupa mengaktifkan dulu). Sekarang kita tinggal me-register sitemap tersebut kepada Google. Google sudah menyediakan Webmaster Tool untuk kita me-submit sitemap website kita.

Jika kita sudah mempunyai akun di Google, kita tinggal masukkan account yang sama ke Google Webmaster Tools. Berikut langkah yang bisa anda ikuti:

  1. Klik Sign In to Webmaster Tools.
  2. Masukan User dan Password anda di kotak login.
  3. Jika website anda belum terdaftar di dalam Google Webmaster Tools, ketikan URL website anda ke kotak Sites dan klik tombol Add Site.
  4. Lalu kalau URL anda belum terindex sama sekali oleh Google, anda akan diminta mengklaim website tersebut. Google menawarkan beberapa cara, kalau saya memilih untuk mengupload file kosong dengan nama yang telah di tentukan oleh Google. Format file tersebut adalah htm. Maaf saya ngga bisa kasi contoh, masalahnya semua domain saya sudah terindex oleh Google.
  5. Kalau proses klaim sukses, anda akan di bawa ke halaman overview yang berisikan summary tentang status index domain anda.
  6. Untuk submit sitemap domain anda, klik menu Sitemap di sebelah kiri.
  7. Lalu kalau anda belum pernah submit sitemap sama sekali, tinggal klik link/tombol Add Sitemap.
  8. Pilih type Add General Web Sitemap di drop down.
  9. Lalu masukkan nama dan lokasi sitemap anda, lalu klik tombol Add General Web Sitemap.
  10. Udah selesai, tinggal kita menunggu aja Google mengunjungi site kita.

Waktu Google crawl website kita bisa bervariasi, dari hanya 1 jam sampai seminggu.

57 comments

  1. Thaks informasinya, bagus perlu untuk newbie seperti saya, ini mas edi susanto yang di surakarta, jebres, pangung rejo, bukan? Kalo iya, lama ngak ketemu, klo bukan, salam kenal master, Maaf sekedar memastikan apa .

  2. @alif: salam kenal mas alif, saya bukanlah seorang master kang, saya hanyalah seorang teknisi komputer 😀 dan saya hidup di jogja utara sekarang…

  3. Ini nih yg aku perlukan, dari kemaren mau coba submit ke google.. gagal maning..gagal maning 🙂

    Salam kenal tuk blogger2 senior nyang ada di mari, mampir ke blogku donk …he..he..

  4. @iva Jual permata: maksudnya blogspot? kalo blogspot keliatannya ngga bisa sih

  5. Tips yang bermanfaat sekali. Akhir sudah bisa submit sitemap ke Google. Kalo cara submit sitemap WP ke Bing dan Yahoo koq ngga dibahas sekalian pak ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.