Membuka Folder Options

Virus-virus lokal selain suka mengunci aplikasi Regedit Windows anda, juga seringkali menyembunyikan menu Folder Options pada Windows Explorer (Tools -> Folder Options). Terus terang saya bingung kenapa menu Folder Options yang di sembunyikan. Dan saya langsung tersadar bahwa di dalam Folder Options kita dapat mengkonfigurasi untuk membuat Windows Explorer ‘menyembunyikan file-file yang beratribut Hidden. Kenapa? Karena file-file virus yang biasa nya adalah autorun.inf, .vbs file, .exe file di sembunyikan dari pandangan kita ‘hanya’ dengan memberikan attribut Hidden pada file-file virus tersebut.

Jadi dengan memperhatikan 2 ciri tersebut sudah dipastikan 99% komputer anda ada virus yang bercokol di dalam-nya (kecuali kalo komputer anda di set begitu ama Administrator ato EDP perusahaan anda lho).

Folder Options hilang!

Untuk menyembunyikan menu Folder Options sangatlah mudah, pasang saja value NoFolderOptions dengan DWORD value dan di beri data value 1 di registry key: HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer.

Nah, untuk memunculkan kembali secara logika kita cukup menghapus value NoFolderOptions saja di registry key yang sudah saya sebutkan diatas. Caranya, kita akan menggunakan perintah reg lagi. Kita bisa menuliskannya langsung di Run menu atau di DOS Console (dengan menuliskan perintah cmd di Run menu).

Ketikan perintah ini: REG DELETE HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer /v NoFolderOptions lalu tekan Enter.

Ketik perintah lewat Run menu

Dan jawab Y ketika di konfirmasi.

Ketik perintah melalui DOS console.

Restart komputer dan menu Folder Options akan muncul kembali.

23 comments

  1. bagus…
    artikel ni original ga?
    saya sering baca artikel kayagini, saya bingung sapa yg pertama, tapi ya sudahlah emang ilmu itu kan bagusnya dibagi bagi. maju terus iptek, cayo….

  2. @gde: Originalitas ya? Kalau mau tahu artikel yang original ya dokumentasi asli dari Windows XP pak. Kalau artikel ini original dari pengalaman saya. Yaitu menggabungkan pengetahuan tentang registry dan penggunaan tool reg.

  3. bagus artikelnya om.
    cuman saya mau nanya kalo virus merubah icon MY COMPUTER & REYCLE BIN jadi lambang winamp ataw mp3.itu dikembalikannya seperti biasa lagi gimana om soalnya icon nya sudah diubah sama virusnya ..
    mohon bantuannya ..

  4. @Bart.Edi: kalo cara mengaktifkan kembali windows task manager itu gimana caranya.
    soalnya pada komputer saya saat saya akan membuka task manager muncul tulisan “your task manager has been disabled by your administrator” padahal admin nya adalah saya sendiri, dan saya tak pernah mendisablekan itu. saya harus bagaimana?

  5. @Thio: Saya coba bantu dikit ya. Itu keliatannya komputer mas thio kena virus lho. Untuk meng-enable Task Manager anda bisa menggunakan juga perintah reg. Coba ketik perintah ini di run input: REG DELETE HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System /v DisableTaskMgr lalu tekan Enter.

  6. @bart.edi: mas saya udh coba enable task manager yg seperti mas sarankan,udh bs sieh tp menu task manager nya muncul bntr trus ngeclose ndiri gtu…mohon bantuannya mas…..

  7. setelah di restrart baru ketauan klu F.OPs ‘nya…

    ada gak cara lain untuk memunculkan folder option selain cara yang di atas tanpa merestart komp.

    mohon pencerahannya ya mas.

  8. Mkasih Atz Info na, huff pass bnget ktika aku susah ngbalikin folder option eh ada bang edi yang pnxa solusi,

  9. Om, comp gw ada masalah nih, minta bantuannya dong..,

    di Tools – Folder Options – View – Hidden Files and Folders – Hide Protected Operating System Files (Recomended) udah gw hilangin centangnya tapi setelah lese di Apply – Ok, trs dicek lg kok tercentang kembali Om..?

    Thx..

  10. ….di DOS Console (dengan menuliskan perintah cmd di Run menu).

    Ketikan perintah ini: REG DELETE HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer /v NoFolderOptions lalu tekan Enter…

    Mas, saya aga gaptek, mohon dibimbing. ketika saya bisa kemabali memunculkan folder option, apakah hal ini berarti dengan antivirus yang sama saya bisa clear the viruses?

    br/daru

  11. makasih ya mas, atas info nya buat munculkan folder options yang di hidden sama virus, ternyata cara yang mas buat ntuh mudah ya cara kerjanya.

    thx ya mas, ternyata ga perlu di restart komputer nya folder options nya sudah kembali.

  12. Mas….slm knal pertma2…
    mas tlong donk…..
    ko waktu saya ketik cmd di run cmdnya cm muncul ngga sampai 1 detik trus hilang lg….knp bs bgtu mas? mhon di bantu ya mas!

  13. AsS bos,,, aqu punya masalah nhe,,, aqu kunci folder aqu lewat RUN, setelah aqu ingin membukanya kembali, kok ga’ mau, tolong pencerahan nya,, ditunggu……

  14. @yudhi: sudah coba command seperti di artkel ini pak? pesan yang keluar dari console nya apa?

  15. Ass.. maaf mas saya agak gaptek nih.. program di komputer saya nggak bisa di buka,misalnya winamp,photoshop,corel, dan ada juga yang lainnya. please pencerahannya ya mas supaya program2 tersebut bisa di buka kembali.makasih sebelumnya. alfan23_al@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.