Pembuat PDF Yang Gratis Dan Handal!!

Saya suka sekali mengirimkan atau membuat satu dokumen menjadi file dengan format Portable Format Document (PDF). Format besutan Adobe ini memang tidak perlu di ragukan lagi kualitas dan portabilitasnya. Dengan PDF ini saya tidak perlu memusingkan lagi akan tidak bisa di bacanya dokumen tersebut oleh penerima saya. Yang dibutuhkan hanya Adobe Acrobat Reader saja yang bisa diunduh secara gratis, belum lagi sekarang aplikasi pembaca PDF yang sudah bertebaran banyak sekali, tinggal pilih saja. Hanya sayangnya Adobe belum memberikan aplikasi pembuat PDF ini secara gratis karena memang disinilah titik temu bisnis yang diingkan oleh Adobe.

Tapi jangan kuatir, hari ini banyak sekali pengembang yang mau dengan sukarela mengembangkan aplikasi pembuat PDF yang dapat di unduh secara gratis. Bahkan sekarang saking banyaknya, membuat kita bingung mana yang harus di pilih.

Kalau saya mencari aplikasi pembuat PDF dengan spesifikasi: mempunyai kemampuan memberikan proteksi password pada file yang dibuat dan dapat memilih kualitas hasil PDF.

Kebanyakan aplikasi pembuat PDF akan membenamkan satu driver menjadi virtual printer. Sehingga akan memudahkan dan memberikan fleksibilitas kita dalam membuat file PDF. Sebetulnya sih saya suka dengan doPDF yang sangat ringan dan bagus tapi sayang tidak mempunyai kemampuan proteksi password pada file PDF hasilnya. Akhirnya saya menemukan satu aplikasi pembuat PDF yang sesuai harapan saya yaitu Bullzip PDF Printer.

Untuk memakai aplikasi ini sangatlah mudah:

  1. Unduh dulu aplikasi Bullzip PDF Printer.
  2. Mekarkan file hasil unduhan tersebut lalu klik ganda file .exe di hasil pemekaran file .zip hasil unduhan tadi.
  3. Di dalam proses instalasi anda akan diminta untuk mengunduh Ghostscript, pastikan anda mencentang opsi ini, karena kalo anda tidak mengunduh script yang menjadi semacam framework pagi Bullzip PDF Printer, maka aplikasi ini tidak akan bisa jalan.
  4. Setelah proses instalasi, maka anda bisa melihat satu printer ‘baru’ di dalam Printers and Faxes.
  5. Untuk menggunakan, coba anda membuka salah satu dokumen anda. Format file tidak menjadi masalah, bisa Word, Excel, CorelDraw atau yang lainnya.
  6. Jika dokumen sudah terbuka, coba cetak dokumen tersebut, biasanya melalui menu File -> Print
  7. Pilih Bullzip PDF Printer sebagai printer anda.
    Pilih Bullzip PDF Printer
  8. Untuk konfigurasi kualitas file output, klik tombol Properties. Lalu di tab Layout klik tombol Advanced. Klik OK jika anda sudah selesai mengkonfigurasi kualitas output. Anda bisa melewati langkah ini, jika anda ingin memakai setting standart
    Konfigurasi kualitas file PDF
  9. Klik OK di jendela Print untuk memulai mencetak.
  10. Lalu anda akan di tanya nama file dan konfigurasi yang lain seperti pemberian password pada file output.
    Beri nama file
    Beri password
  11. Klik tombol Save untuk mulai membuat file PDF.
    Tombol Save 

Mudah sekali bukan?

12 comments

  1. wah thanks yah mas edii,,
    smuanya artikelnya bkin gw tertarik,,eh ga sgaja baca artikel yg ini,,sblumnya emg pgen cari prf to word bwt tugas praktiuku kul saya,,tp malah dpet yg sdh tersaring,,wah asik…

    trus update sllu ya…

  2. @Willy – KL: Iya bro, sayangnya extension word 2007 juga harus sama-sama download dulu dan opsinya sedikit. Ya memang seperti bullzip ini bisa kasi password untuk PDF. Restrict nya bisa macem-macem, dari mencegah cetak dan buka. Software crackingnya tentu ada seperti Advanced PDF: http://www.elcomsoft.com/apdfpr.html

  3. Thanks buat tipsnya.. saya dah coba,,, amazing… berhasil.. Saya cuma belajar komputer otodidak n dah cari2 yg kayak gini .. pingin buat dok pdf.. Thanks a lot ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.