Upgrade Ke WordPress 2.7

Nah, setelah di tunggu-tunggu akhirnya WordPress 2.7 di rilis juga untuk versi yang udah stabil. Sebenarnya sudah sudah mencicipi WordPress 2.7 ini yang versi Beta 3 cuman mendapat masalah dengan Permalink-nya. Setelah itu jadinya saya agak trauma dengan versi 2.7 dan memutuskan untuk menunggu versi stabil-nya. Makanya untuk versi yang RC1 dan RC2 saya abaikan.

Setelah mendapat informasi dari bar yang muncul di Dashboard saya bahwa versi 2.7 yang stabil udah di rilis, langsung saja saya download file-nya disini. Abis selesai mengunduh file WordPress yang di beri judul “Coltrane” ini dalam format .zip, langsung saya extract dan upload ke hosting saya. Oya, nama Coltrane di ambil dari nama jazzer yang bernama John Coltrane.

Saya upgrade dengan cara hapus folder wp-admin dan wp-includes lalu saya ganti dengan versi yang baru. Setelah proses upload selesai, saya langsung login ke Dashboard dan anda akan di minta untuk upgrade struktur table di databasenya dulu (proses yang sangat biasa jika anda upgrade ke versi lebih tinggi).

upgrade database

Jika sukses anda akan muncul informasi bahwa proses update table sukses. Untuk melanjutkan anda cukup klik tombol Continue dan anda akan di suguhi form login yang baru seperti gambar di bawah ini.

login form

Dan, jrengg… anda akan di suguhi dengan tampilan yang bener-bener baru dari versi yang sebelumnya.

dashboard

Selain tampilan Dashboard yang semakin enak di baca tersebut (oya semua kolom yang ada di situ bisa anda pindahkan sesuka hati anda tinggal klik header-nya dan drag ke lokasi yang anda inginkan), ada beberapa hal yang saya lihat terjadi perubahan sebagai berikut:

  1. Yang paling terasa adalah perubahan menu yang biasanya di atas, sekarang di samping kiri.Menu WordPress 2.7
  2. Tampilan ketika anda membuat post baru, kolom untuk membuat tag dan kategori sekarang di taruh di samping kanan dan untuk kolom-kolom tersebut dapat anda rubah posisi-nya ke mana yang anda mau.
    Tampilan post baru
  3. Untuk komentar, anda bisa langsung membalas komentar dari pembaca anda langsung dari Dashboard anda! Jadi anda tidak perlu lagi approve comment terus meluncur ke artikel yang bersangkutan untuk membalas komentar tersebut.
    Reply a comment
  4. Untuk membuka theme kita, sekarang di ganti di menu Appearance dan tidak lagi dengan istilah Design.
    appear
  5. Plugins, anda bisa mengupdate plugins anda secara otomatis sekarang.
    Upgrade plugins
    anda bisa klik View version Details untuk melihat tentang plugins tersebut lalu akan muncul window baru dan untuk mengupdate tinggal klik tombol Install Update Now.
    update window
    Atau anda bisa langsung klik link upgrade automatically. Kedua cara itu akan menampilkan tampilan yang sama jika sukses mengupdate plugins tersebut.
    upgrade sukses
  6. Di menu Tools, anda akan di sarankan untuk install Google Gears untuk mempercepat loading WordPress. Hal ini sifatnya hanya opsi.
    Google Gears

Saya sih baru melihat perbedaan-nya yang terlihat nyata baru itu aja, mungkin kalau ada rekan-rekan yang mau menambahkan. Nanti kalau saya ketemu sama hal yang baru akan saya update artikel ini. Oya, seperti yang di tulis di blog-nya, WP 2.7 ini dapat mengupgrade diri-nya secara otomatis dengan hanya 1 klik saja cuman saya belum melihat link-nya karena-kan belum ada versi yang lebih baru lagi.

23 comments

  1. ya sebetulnya bisa sih lewat fantastico, cuman dulu pernah kejadian ownership file-nya ngga melekat di akun saya, jadi saya ngga bisa ngapa-ngapain sama beberapa file itu. Terus sejak saat itu saya memilih untuk upgrade sendiri.

  2. Salam kenal dlu mas 🙂

    Sy lg proses upgrade ni mas.
    Cuma ada yg bingung nih :

    Saya upgrade dengan cara hapus folder wp-admin dan wp-includes lalu saya ganti dengan versi yang baru.

    Kata WPnya sndr, file2 wp-*(tdk semua), readme.html, wp.php, xmlrpc.php, license.txt, dan bbrp folder lain mesti dihapus jg.

    Kasih pencerahan dong boss..
    Binun nih.. binun.. 😥

  3. Hi, salam kenal juga. Kalo saya biasanya folder wp-admin dan wp-includes saya hapus semuanya juga file-file yang ada di root (public_html) kecuali file wp-config.php(karena di dalamnya ada akun MySQL kita jadi jangan di hapus). Karena folder wp-content berisi semua materi blog kita jangan sampe di hapus (nanti bisa bunuh diri hehehe). Lalu copy file WP2.7 (kecuali wp-content) ke folder public_html anda. Selesai… jangan kuatir wp-config.php akan ter-replace karena file instalasi WP tidak ada file wp-config.php adanya wp-config-sample.php jadi tidak akan replace file wp-config.php yang sudah ada. Semoga membantu

  4. Pingback: sonson
  5. mas untuk membuat website/blog yang bagus dan koomplit pakai apa ya?…kalau mas edi blog nya pakai apa?

    suwun mas

    salam
    amoeng

Leave a Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.