Menghitung Jumlah Huruf

Ada kalanya ketika kita memasukkan data kontak kita, jumlah huruf/karakter harus kita ketahui. Apalagi kalau kita berhubungan dengan pembuatan label alamat atau kartu pos. Karena kalau karakter nama atau alamat melebihi dari jumlah maximal kapasitas labelnya, maka nama atau alamat kontak kita akan terpotong. Untuk menghindari itu, anda bisa menghitung jumlah karakter input anda, dan gabungkan dengan fungsi IF.

Penghitungan karakter, bisa memakai rumus LEN. Contoh paling gampang, anda bisa mengetikkan di salah satu cell Excel anda dengan =LEN(“Coba ya”) maka return dari rumus itu adalah 7. Untuk penggunaan secara dinamis anda bisa merujuknya ke cell-cell data anda. Misalnya anda ingin menghitung karakter di cell A2, maka tinggal ketik =LEN(A2). That’s it.
Untuk memudahkan monitor, anda bisa menggabungkannya dengan fungsi IF.

Misal anda ingin data anda untuk field nama tidak melebihi 20 huruf serta data anda ada di cell A2, rumus LEN anda ada di B2, maka untuk memonitornya dengan fungsi IF, tinggal ketikkan =IF(A2>20;”Kepanjangan”;”Pas”) misalnya di cell C2. Sehingga kalau input anda di A2 kepanjangan maka di cell C2 anda, akan diingatkan dengan teks Kepanjangan.

Anda bisa mengunduh contohnya disini atau kalau ngga bisa, coba disini(update soon, ini baru daftar jogjaupload.com, jaga2 kalo sidunya trouble).

4 comments

  1. bos saya mau tannya kalau

    misalkan dalam kalimat ini ada huruf a saya ingin ngitung jumlah huruf a nya aja bisa ga???

    tolong kalau bisa kirim ya bos

  2. @Om Didien: iya LEN untuk seluruhnya, untuk karakter tertentu saya juga belum pernah menggunakannya gan, coba kalo nanti tahu saya tulis di blog ini..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.