Membulatkan Suatu Nilai

Artikel ini akan membahas bagaimana membulatkan suatu angka atau tanggal. Sebenarnya kegiatan bulat membulat ini juga untuk mengatur jumlah desimal. Untuk mengatur jumlah desimal anda juga bisa menggunakan tombol Increase Decimal atau Decrease Decimal yang terletak di-toolbar. Tetapi hal itu kurang efisien. Anda bisa mengaturnya melalui rumus ROUND.

Demikian penggunaan rumus ROUND. Misalnya, data anda di cell A3 dengan nilai 12,54678 dan anda ingin membulatkannya ke 2 digit, cukup tuliskan =ROUND(A3;2). Maka hasil dengan dua digit akan anda dapatkan dengan mudah. Anda juga bisa mengatur jumlah digit didalamnya.

Anda juga bisa menggunakan untuk membulatkan data jam. Anda bisa mengalikan dulu dengan nilai 1440 (angka nilai 1440 dari 24 jam dalam sehari dan untuk mendapatkan jumlah menitnya kalikan saja 24 x 60 menit=1440 jam). Anda bisa membulatkan nilai 8:02:58 menjadi 8:03:00. Misalnya nilai itu terletak di cell A3, untuk membulatkannya ketik =ROUND(A3*1440;0)/1440.
Untuk mendapatkan contoh dari rumus ROUND, anda dapat ambil disini (Ziddu).

3 comments

  1. Terima kasih buanyaaaaak, rumus anda sangat menbantu saya. mudah-mudahan bisa di tampilkan rumus yang lain agar bermanfaat bagi kita semua

Leave a Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.