Analisa Dasar Dengan Excel

Setelah banyak menulis artikel di blog ini tentang rumus-rumus Excel, saya sampai lupa menuliskan rumus untuk analisa dasar dari suatu kumpulan data. Mengapa saya katakan analisa dasar? Karena memang rumus-rumus itu dibuat untuk memberikan hasil analisa perhitungan yang banyak sekali yang saya gunakan ketika akan menganalisa data-data saya.

Biasanya, saya menganalisa rata-rata, nilai terkecil, nilai terbesar, jumlah baris data dan total dari angka data yang ada.

  1. Membuat nilai rata-rata dari kumpulan data, formula yang digunakan adalah AVERAGE. Penggunaannya sangat mudah, tinggal ketik =AVERAGE(cell_awal:cell_akhir). Misalnya, kita ingin membuat nilai rata-rata dari cell A1 sampai A10, rumus yang diketik adalah =AVERAGE(A1:A10).
  2. Mengambil nilai paling kecil. Rumus yang digunakan adalah MIN. Penggunaannya seperti AVERAGE, yaitu =MIN(cell_data_awal:cell_data_akhir). Misalnya, kita ingin mengambil nilai terkecil dari kumpulan data dengan range cell dari A1 sampai A10, tinggal ketik =MIN(A1:A10).
  3. Mengambil nilai paling besar. Rumus yang digunakan adalah MAX. Penggunaanya persis seperti MIN.
  4. Menghitung banyak data yang dihitung (jumlah baris). Jika anda ingin menghitung jumlah baris data yang ada dalam range data, rumus yang digunakan adalah COUNT. Penggunaannya persis dengan MIN atau MAX.
  5. Untuk menghitung total dari nilai data, rumus yang digunakan adalah SUM. Penggunaannya sama dengan MIN atau MAX.

Meskipun hanya dasar saja, kalau anda ingin mengambil contoh yang telah saya buat, bisa di ambil disini.

6 comments

  1. artikelnya sangat mengena di hatiku, soalnya aq lg belajar excell.mo nanya nih, gmn cara nya (rumus) mengetahui angka2 yg belum ada dlm suatu kumpulan angka2. trims mas. smoga jaya slalu……

Leave a Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.