Tentang Google Adsense for Search

Saya sudah lama menggunakan fasilitas Google Adsense for Search daripada menggunakan fasilitas search yang build ini di WordPress maupun Joomla. Karena jika menggunakan Google Adsense for Search jelas sekali kita akan berpeluang mendapatkan penghasilan. Tetapi ada hal yang mengganjal hati saya masalah T.O.S dari Adsense for Search ini, yang paling dominan adalah pertanyaan “Apakah boleh saya menggunakan Adsense for Search di blog saya sendiri?” Biasanya saya menggunakannya untuk tujuan apakah layout dan fungsi di halaman hasil cari sudah sesuai harapan atau belum.

Beberapa teman blogger mengatakan hal itu tidak boleh di lakukan karena akan melanggar T.O.S dari Adsense. Lalu kemarin saya mencari-cari, eh ternyata di blog Google Adsense memuat hal tersebut. Artikel tentang masalah tersebut bisa anda baca di sini.

Ternyata memang hal itu diperbolehkan dan tidak dianggap melanggar T.O.S cuma Google sendiri menyarankan agar kita tidak menggunakannya dengan alasan:

  1. Memperbesar kemungkinan ternjadinya klik yang tidak sengaja sehingga terjadi invalid click, kalau ini pasti melanggar T.O.S
  2. Membuat data query search di report Adsense anda menjadi tidak akurat. Seperti anda ketahui, di laporan Adsense kita, kita bisa tahu berapa orang yang mencari melalui fasilitas Adsense Search di website kita.

Ternyata itu jawaban-nya! Tapi saya pribadi juga merekomendasi untuk tidak sering menggunakan fasilitas itu, takutnya terjadi invalid click yang seharusnya tidak terjadi.

6 comments

  1. wah hari ini blog saya yang jelek ini di kunjungi para master-master hehehhe, iya bro beberapa teman saya juga sudah mengingatkan hal tersebut, but I don’t have some options to turn to other service to monetize it my blog, any idea?

  2. ya kali gitu pak, cuman menurut saya jangan di biasakan memakai search di blog kita sendiri, takutnya menaikkan rasio invalid click nya…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.