Memetakan Pikiran Dengan Aplikasi

Ketika kita memikirkan sebuah strategi atau sesuatu yang kompleks, biasanya kita mulai coret-coret di kertas atau menulisnya secara linear. Cara ini akan menjadi masalah ketika banyak detail yang mulai muncul sehingga kadang kita kehilangan jejak menuju pokok permasalahannya, karena saking rumit-nya.

Lalu muncul konsep mind-mapping, tujuannya memetakan pikiran agar bisa memudahkan kita untuk mencari jalur berpikir dari sebuah detail menuju induk konsep-nya.

Cara-nya dengan membuat diagram, dengan membuat dimulai dari induk konsep-nya dulu, lalu membuat detail-detail induk itu, setiap detail bisa di pecah lagi menjadi detail-detail kecil lagi.

Satu tokoh yang saya perhatikan selalu menggunakan mind-mapping ini adalah Bapak Ridwan Kamil (waktu tulisan ini dibuat beliau sebagai Gubernur Jawa Barat). Beliau selalu memakai mind-mapping untuk mengurai masalah sehari-hari beliau sebagai Gubernur. Berikut salah satu mind-mapping yang di buat oleh beliau, ketika membedah masalah Covid-19 di Jawa Barat.

Dan sekarang banyak sekali aplikasi di berbagai platform yang mempermudah kita melakukan mind-mapping. Saya menggunakan aplikasi FreeMind, alasan saya menggunakan FreeMind karena aplikasi ini gratis hehehe…..

Untuk menggunakan FreeMind sangat mudah:

  1. 350Download dulu aplikasi nya di website nya. Download sesuai OS anda.
  2. Install aplikasinya.
  3. Pertama kita di beri project kosong, tinggal diganti nama menjadi nama konsep kita.
  4. Untuk menambah node di bawah konsep-nya tinggal klik kanan dan pilih menu New Child Node. Untuk membuat detail yang mempunyai level sama, pilih menu New Sibling Node.
  5. Berikut saya membuat contoh sederhana untuk sebuah mind-mapping.

Semoga dengan mind-mapping, ini bisa membantu pikiran kita ketika membuat sebuah konsep strategi dari sederhana sampai rumit.

Selamat mencoba…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.