Hukuman Itu Datang Juga

Cari uang dengan model bisnis PTR (Paid To Review) memang bisnis yang bagus jika anda hobi menulis, karena sekali menulis satu artikel anda bisa dibayar antara US$5-US$1000. Hanya saja semua itu ada konsekuensi yang harus dibayar. Indikator blog anda semakin ‘mahal’ untuk para broker review membayar anda biasanya adalah skor Page Rank (PR), Alexa dan Technorati.

Sayangnya, kebalikan dari itu Google dan mesin pencari lainnya tidak begitu senang dengan model bisnis PTR. Sehingga sering kali konsekuensi-nya datang dari mereka. Dari di ban dari index mereka sampai gebukan PR ke skor yang lebih rendah.

Hal ini juga baru saya alami di dua blog berbahasa Inggris saya. Dari PR 4, 2 bulan yang lalu digebuk menjadi 2 dan kemarin digebuk menjadi 0 :((, satunya dari PR 3 digebuk menjadi 2 dan kemarin malah jadi N/A alias di ban oleh Google.

Akhirnya, dengan sedikit mengalah saya sendikit mengerem penulisan review berbayar ini. Padahal komposisinya sudah saya set ke 1 banding 10. Jadi 10 artikel asli saya, dan 1 artikel berbayar tapi tetap saja hukuman itu datang menimpa saya. Dan memang pesta update PR kaya yang ditulis si bocah, mengenai saya juga cuman baru kena gebuk.

2 comments

  1. wow, serem banget mas..
    untungnya dari dulu saya ga tertarik sm paid to.. atau pay per..
    mungkin karena sifatnya yang tidak independen, alias cari uang tergantung pada pihak ketiga, sehingga saya mencari alternatif lain yang lebih “baik” menurut saya.

    eniwei, blog saya baru berusia 2 minggu,jadi saya ga pantes ngomongin bisnis online dulu yah hehehe

    salam kenal!

  2. hehehe iya padahal PTR adalah penghasilan terbesarku. Jadi sekarang buah simalakama, mau terus makin benjut… ya sekarang baru berbenah dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.