Wisata Ke Kaliurang


Sebetulnya ini ngga bisa di sebut wisata sih, karena jarah antara kaliurang dan rumah saya hanya berjarak 14 km aja. Jadi pakai sepeda motor pun hanya 30 menit udah sampai ke tempat wisata kaliurang yang sering di tuju ama para wisatawan ke Kaliurang, yaitu Telaga Putri atau biasa di sebut Tlogo Putri. Memang sih banyak tempat tujuan lain yang ada di daerah Kaliurang, Jogja. Dari gardu pandang, taman bermain dan ada beberapa lagi. Dengan lokasi yang ada di bawah gunung merapi membuat Kaliurang bersuhu sejuk jika di banding di kota Jogja-nya sendiri yang makin hari tambah sumpek saja sehingga sangat cocok untuk mendinginkan kepala yang sedang panas dan jenuh.

Dari pertama anda masuk ke Kaliurang anda harus membayar tiket masuk. Kalau saya dengan anak dan istri memakai sepeda motor total tiket yang harus di bayar hanya Rp.1.500 saja. Dari gerbang masuk sampai ke Tlogo Putri anda hanya perlu naik lagi sekitar 2 km. Jangan kuatir ada papan petunjuk-nya (karena jalan-nya memang membingungkan untuk yang pertama kali ke sana).

Suasana hutan

Sampai ke Tlogo Putri, anda tinggal parkir aja di sekitar situ dengant tarif parkir untuk sepeda motor Rp.1.500. Di Tlogo Putri anda bisa berenang di situ tapi sayang kolam renang-nya kurang terawat. Selain itu anda bisa makan dan minum di warung banyak sekali menjajakan makanan di sana. Dari sate kelinci, soto dan segala macem dah. Dan jangan lewatkan di situ anda juga bisa beli makanan khas di kaliurang yaitu tempe bacem, tahu bacem, wajik dan jadah. Oya, jangan lupa salak pondoh khas jogja pun dapan anda dapatkan dengan mudah.

Pusat jadah/tempe

Pusat jadah/tempe

Salak Pondoh

Kereta wisata

Atau mungkin juga anda mau masuk Wana Wisata di situ alias masuk sedikit ke hutan yang dengan point of interest nya adalah air terjun. Ya, cukup lah untuk sedikit menghilangkan kepenatan. Untuk masuk hutan anda tinggal membayar tiket yang juga cukup murah (jujur saja saya jarang masuk sekali ke situ tapi ya sekitar RP.1.500 kali ya..).

Jika anda ingin berputar-putar daerah kaliurang, anda bisa menggunakan jasa kereta api ‘jadi-jadi-an’ alias kereta api dari mobil yang di gandeng begitu. Di situ pun anda tinggal merogoh kocek Rp.3.000 saja anda sudah bisa melihat dan berputar-putar di daerah kaliurang.

Nah dengan wisata murah saya yang paling sekeluarga saya ngga sampai menghabiskan uang Rp.100.000, saya dan keluarga sudah bisa sedikit menghilangkan kepenatan dalam diri saya. Murah kan?

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge