Validasi Data Di Microsoft Excel

combo_exJika anda adalah pengguna Microsoft Excel, tentu salah satu tugas kita sebagai pembuat project-nya tentu kita akan membuat project tersebut berisi dengan data-data yang akurat. Tetapi sayangnya secara default, Excel tidak menjaga keakuratan data anda tersebut. Dan hal itu akan berpengaruh pada hasil analisa laporan anda karena banyak data input yang tidak sesuai yang anda harapkan. Oya, saya mencoba tip ini di Microsoft Excel 2007 tetapi anda bisa menggunakan cara yang sama pada versi-versi sebelumnya.

Tetapi jangan kuatir, Excel juga telah menyediakan cara untuk anda. Fitur tersebut bernama Data Validation. Untuk penggunaannya sebagai berikut:

  1. Setelah Microsoft Excel anda terbuka, ketikan daftar isian yang anda inginkan.
    Tulis data
  2. Arahkan ke cell dimana anda ingin isian dilakukan.
  3. Klik menu Data -> Data Validation.
  4. Di tab Settings, beri combo Allow: nilai List,  klik isian Source lalu blok data yang sudah anda buat di langkah 1.
    Settings
  5. Klik tab Error Alert. Pastikan radio check Show error after invalid data is entered dalam keadaan tercentang. Untuk Style pilih Stop lalu tulis Title kotak peringatan dan Error Message: dengan isi kesalahan. Lalu klik tombol OK.
    Error alert
  6. Nah, sekarang jika kita akan memasukan nilai di cell tersebut, akan muncul tombol anak panah kebawah yang jika di klik akan muncul nilai-nilai yang sudah di tentukan.
    hasil
  7. Dan jika anda memaksa mengisi dengan nilai di luar data tersebut, kotak peringatan yang telah anda konfigurasi tersebut akan muncul.
    Kotak peringatan

Dengan demikian data yang dimasukan bisa valid dan sesuai dengan yang anda harapkan. Oya, untuk jelasnya anda juga dapat mengambil contoh file untuk artikel ini.

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

9 Komentar

thogedhe  on May 13th, 2009

Langsung saja. Saya mau bertanya. Bisa tidak di excel membuat data dengan file gambar. Kasusnya seperti ini. Saya baru merancang sebuat database sederhana untuk raport SMP, nah di raport itu khan ada fotonya. Contohnya gini saya mau cari nilai anak dengan NIS 2525, saya tinggal tuliskan indexnya nilai otomatis keluar. Nah yang ingin saya tanyakan bisa nggak di excel dengan menggunakan rumus VLOOKUP atau apalah, fotonya sesuai dengan NISnya. Maaf panjang. Atas dibacanya posting saya ini saya ucapkan terima kasih

thexwarrior  on May 20th, 2009

Wah, terima kasih atas infonya. :)

teguh  on July 5th, 2009

oke bro cuman saya ada masalah di excel, saya menginput banyak jenis nomor seri dalam 1 wokbook. yang saya harapkan tidak terjadi double nomor seri di sheet yang satu dengan sheet yang lain.. gimana cara mencari yang double atau mencegahnya bagaimana?

didiet  on March 12th, 2010

tengkyu pak…. bermanfaat banget neeh
mau tanya… misalnya datanya bertingkat
Aktif terbagi menjadi front office, back office bagaimana formulanya apabila telah kita pilih AKTIF maka sel di sebelah kanannya ada data validasi fron office/backoffice…

Abdul Sidik  on December 18th, 2010

mantab banget nich tulisan, terutama yang baru belajar MS. Excel….maksh pak. Tp kalau anda ingin belajar banyak tentang SPSS dan LISREL bisa mampir ke sini…
Abdul Sidik´s last blog post ..SERVICE

karno  on February 5th, 2011

mau tanya, cara untuk cari accuration n contribution dari sebuah plan stock dengan hasil penjualan bagaimana ya??

arsa  on October 14th, 2011

terima kasih om, infonya. sangat membantu

yoens  on December 22nd, 2011

tanya mas…
bagaimana kalo validasi nya bertingkat
misalnya kecamatan terdiri dari AAA, BBB, CCC
kecamatan AAA terdiri dari kelurahan XXX,YYY,ZZZ sedangkan keecamatan BBB terdiri dari kelurahan PPP, QQQ, RRR … ?
Thx

Bart. Edi  on December 22nd, 2011

@yoens: kalo begitu sih pake macro kali pak

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge