Uninstaller Tersembunyi

Saya teringat ketika sekitar 7-8 tahun yang lalu ketika saya mencoba Windows XP di bulan-bulan pertama, saya sempat frustasi karena beberapa hal. Hal yang paling saya ingat ketika saya ingin meng-uninstall satu program bawaaan Windows. Karena waktu itu tau sendirilah berapa ukuran hard drive yang sedang popular 7-8 tahun yang lalu. Maksud saya ketika itu ingin menghemat space hard drive dari file-file yang tidak berguna dan salah satunya adalah meng-uninstall program yang tidak kita perlukan.

Saya jujur aja sih lupa program apa aja yang saya uninstall waktu itu, tapi di artikel ini saya akan mencoba meng-uninstall program permainan Pinball. Kalau anda melihat di daftar program yang bisa disingkirkan di Control Panel (Anda bisa melihat melalui Start ->  Control Panel, klik ganda Add or Remove Programs, klik sidebar Add/Remove Windows Components, pilih Accessories and Utilities lalu klik tombol Details…), anda tidak mendapati Pinball ada disana. Lalu bagaimana menghapus program satu ini tanpa program utility tambahan?

Pinball tidak ada

Anda bisa coba cara ini (moga-moga sih bisa hehehe):

  1. Klik Start -> Run, isikan %windir%\inf\sysoc.inf lalu tekan Enter.
    membuka file sysoc.inf
  2. Perintah di atas akan membuka file sysoc.inf dimana konfigurasi uninstall untuk program bawaan Windows di simpan. Lalu cari program bawaan Windows yang ingin anda uninstall tetapi tidak terlihat di Control Panel. Dalam kasus ini saya coba akan menghilangkan Pinball. Kalau anda lihat gambar di bawah ini anda bisa menemukan di baris Pinball=ocgen.dll,OcEntry,pinball.inf, HIDE,7. Untuk memunculkan Pinball, hilangkan kata HIDE sehingga menjadi Pinball=ocgen.dll,OcEntry,pinball.inf,,7.
    Cari program yang ingin di uninstall
  3. Simpan perubahannya dengan menekan tombol Ctrl+S atau melalui menu File -> Save (biasanya terbuka di Notepad).
  4. Coba lihat lagi di Control Panel -> Add or Remove Programs -> Add/Remove Windows Components -> Accessories and Utilities lalu tekan tombol Details…, Pinball sudah ada disana.
    Pinball sudah muncul

Jika anda ingin membatalkan hal ini, tinggal masukan lagi kata HIDE di dalam baris yang anda ubah tadi.

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

2 Komentar

lutfi  on October 27th, 2011

saya sudah menghapus smua file hide, tapi kok ada salah satu program yang tetap tidak muncul di add/remove program………….. gimana solusinya?

kampung inggris fabelia  on February 10th, 2016

masalahnya,,, file sysoc.inf gak ditemukan,,,, agan punya solusi lainnya gak?
kampung inggris fabelia´s last blog post ..Variasi arti pussy dalam bahasa Inggris

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge