Troubleshoot Memindah Database

Seperti biasa saya membuat website di mesin localhost dulu baru kalo sudah mantap saya pindah ke hosting saya. Langkah-langkah standard saya ambil untuk melakukan pemindahan itu, yaitu men-zip semua file CMS saya (saya biasa memakai Joomla) lalu mendump database MySQL-nya. Langkah berikutnya adalah menyalin zip file ke folder public_html saya lalu mengekstrak file terkompresi tersebut lalu saya meng-import file dumping MySQL saya baru kemudian menyesuaikan file configuration.php untuk Joomla dan wp-config.php untuk WordPress.

Penyesuaian yang saya maksud adalah mengubah user dan password untuk koneksi ke MySQL database-nya. Juga jangan lupa buat dulu database baru untuk menampung file dumping tersebut. Kalau saya boleh menyarankan buatlah juga user baru untuk database anda tersebut untuk memudahkan memanage database anda.

Nah di kasus saya ini, saya menampung database Joomla di localhost saya di dalam schema bernama J15-2 dan nama schema di hosting adalah nama_account_jbaru. Lalu dengan pede saya membuka phpMyAdmin di cPanel X saya, klik tab Import, klik Browse arahkan ke file dumping lalu klik tombol Go.

Setelah menunggu 5 menit, eh saya mendapat error dengan pesan bahwa akun MySQL saya tidak cukup priveleges untuk melakukan create schema baru. Setelah pikir-pikir penyebabnya ternyata saya lupa satu hal yang sepele yaitu menghapus perintah SQL di file dumping tersebut yang memerintahkan MySQL untuk membuat database baru J15-2 jika tidak ditemukan. Lalu saya buka file dumping tersebut dengan Notepad++, lalu saya buang perintah ini:
CREATE DATABASE IF NOT EXISTS `j15-2`;
USE `j15-2`;

biasanya ini di bagian atas file dumping anda lalu simpan perubahan tersebut. Lakukan import lagi ke database baru saya dan jrenggg… (norak banget sih…)….

Akhirnya file SQL saya bisa berpindah dengan sukses…

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

2 Komentar

adinata  on December 12th, 2008

he he he, pingin belajar my sql, tapi lom kesampean .. jadi cuma mudeng sedikit aja, but thx for sharing ya …

Bart. Edi  on December 12th, 2008

ngga sulit koq, bahasa SQL udah kaya bahasa inggris gitu.

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge