Tentang PIN Google Adsense

Walaupun bukan (apa belum ya? :D) seorang internet marketing yang sudah pakar, saya tetap memberanikan diri terus menuliskan artikel tentang Google Adsense. Setelah prolog tentang Google Adsense, saya ingin menuliskan tentang kelanjutannya. Saya ingin bercerita tentang PIN Google Adsense.

Setelah anda mendaftar dan mulai memasang kode Google Adsense di website anda, maka tugas anda selanjutnya adalah mengoptimalkan iklan-iklan anda tersebut. Dari ukuran, palette warna, dan letaknya. Tujuannya cuman satu untuk menaikkan CTR (Click Through Rate). Apa itu Click Through Rate? CTR adalah hasil pembagian dari jumlah klik yang anda dapatkan dibagi dengan jumlah impression-nya. Jadi umpama klik yang anda dapatkan adalah 5 dan page view nya adalah 100, maka CTR rationya adalah (5/100) x 100% =5%. Didalam report Adsense anda CTR akan di tampilkan dalam persen. Nah, tugas anda juga menjaga senatural mungkin CTR anda, jika CTR anda adalah 100%, tinggal tunggu waktu untuk dapat surat cinta dari Google. Entah teguran atau langsung talak tiga alias banned. Untuk masalah letak dan warna iklan akan saya share di lain waktu.

Nah setelah anda mengumpulkan dollar per dollar, Google akan membayar anda dalam bentuk check setelah earning anda mencapai > US$100. Tetapi sebelumnya ada proses verfikasi yang dilakukan oleh Google. Hal ini untuk mengkonfirmasi keabsahan alamat anda. Dan bentuk verifikasinya bagi publisher adalah PIN (Personal Identification Number). Maka dari itu untuk para publisher tulislah alamat anda selengkap-lengkap nya dan cek dengan teliti ketika anda mengisi data untuk akun anda di Google Adsense. Kalau PIN ngga nyampe kan rugi. Biasanya pengiriman PIN akan memakan waktu 1- 2 minggu. Menurut pengalaman saya, PIN saya dikirim dalam waktu 7 hari udah sampai rumah. Saya sertakan contoh PIN yang dikirimkan oleh Google kealamat saya.

Halaman Depan PIN

Halaman Dalam PIN

Lalu dihalaman belakang ada logo Google besar banget. PIN ini sih di print pake printer inkjet biasa.

Untuk memasukkan PIN yang anda dapatkan (sorry, harus saya blurr karena takut melanggar TOS) melalui menu Payment History lalu di dalam halaman itu klik link Please Enter your PIN. Setelah itu masukkan PIN anda di textbox yang tersedia. Selesai sudah.

Kapan kita dapat PIN? Kalau dulu anda harus mencapai earning US$50 dulu, kalau sekarang (per sekitar Januari tahun 2008 ini), anda cukup meraih earning US$10 saja. Dan PIN anda akan dikirim. Tapi minimal payout-nya tetap US$100.

Dan perlu diperhatikan bahwa batas waktu memasukkan PIN adalah 6 bulan. Jika dalam 4 bulan PIN yang dikirimkan tidak dimasukkan, maka iklan anda akan PSA semua alias iklan layanan masyarakat yang tidak menghasilkan apa-apa. Dan jika dalam waktu 6 bulan, PIN belum juga dimasukkan maka akun Adsense anda akan di-disable.

Selamat ber-Adsense ria… And please be nice and honest Indonesian publisher.

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

60 Komentar

Sewa Villa  on November 16th, 2011

Gampang gak capai 10$ ?
Sewa Villa´s last blog post ..Luxury Homestay in Denpasar – Bali Corner Residence

atep  on November 17th, 2011

aku baru daftar lagi gan

atep  on November 17th, 2011

maaf gan komenya tambah,maju trs gan

chasan  on November 20th, 2011

menarik memang mendapatkan $ dari google.
yg ingin saya tanyakan. bolehkah isi blog saya berbahasa Indonesia? apakah ini sebuah pelanggaran atau bukan?
terima kasih

Newbie  on December 7th, 2011

gmana sich cara daftar GA yang bisa lansung diterima?

vivie  on December 31st, 2011

kog adsense saya sudah 118$, tp ga ada my account tab-nya apalagi payment history, pdhl tertulis payment will be issued before december 15
bingung nih….hiks! sedih

Agus  on January 19th, 2012

yah nih mas, google adsense saya ko belom di kirimin pin na. padahal sudah saya isi sesuai dengan ktp yang berlaku. halahhh gimana ini
Agus´s last blog post ..Cesc Fabregas Tattoos Action Lifestyles

Bart. Edi  on January 23rd, 2012

@Agus: payout sudah sampai US$10 pak? karena itu angka yang harus di raih untuk mendapat pin.

Ibrahim  on January 28th, 2013

mas, mau tanya ni, saya kan dah nerima pin tapi dengan alamat di medan, nah setelah saya masukkan pin itu, apa boleh saya rubah alamatnya di kampung saya, soalnya ktp saya di sana
Ibrahim´s last blog post ..7 Daerah yang Terkena Banjir Di Jakarta

obat susah tidur  on November 29th, 2015

makasih infonya
obat susah tidur´s last blog post ..Agen Obat Perangsang Wanita Manjur

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge