Tambah Koleksi Clip Art Anda

Tidak usah di ragukan lagi, bahwa clip art sangat membantu kita dalam memperindah tampilan dokumen kita. Baik itu dokumen resmi maupun tidak resmi semacam undangan ulang tahun dan sebagainya. Saya juga biasanya menggunakan clip art dari Microsoft Office untuk memperindah blog-blog saya. Tapi sayangnya jika kita mengandalkan koleksi clip art yang kita dapatkan dari instalasi default Microsoft Office tentu anda akan kecewa. Hal ini di sebabkan karena sangat terbatasnya koleksi yang included di dalam bawaan instalasi Microsoft Office.

Tapi jangan kuatir, Microsoft tetap menyediakan bagi kita koleksi clip art yang sangat besar untuk kita gunakan dan hebatnya lagi secara gratis (Ya saya tahu kita memang harus beli license Microsoft Officenya dulu 😀 ).

Nah, artikel ini akan menunjukan pada kita bagaimana menambahkan dan menggunakan clip art dari Microsoft Online.

  1. Dalam kasus ini saya akan menggunakan Microsoft Word sebagai perantara saya untuk mengunduh clip art-clip art online tersebut. Tetapi di kemudian waktu anda bisa menggunakan clip art unduhan tersebut di dalam Microsoft Excel dan Microsoft PowerPoint (dan aplikasi yang lainnya yang tergabung dalam Microsoft Office tetapi di beberapa aplikasi yang sudah mendukung OLE, kita juga bisa menggunakan clip art gallery milik Microsoft Office).
  2. Setelah Microsoft Word terbuka, klik menu Insert lalu klik ikon Clip Art di ribbon bar.
    Insert -> Clip Art
  3. Lalu sidebar Clip Art akan muncul di layar sebelah kanan. Lalu klik combo Search in lalu pastikan Web Collections sudah dalam keadaan tercentang. Opsi ini tentu akan mengikut sertakan koleksi clip art online milik Microsoft. Lalu ketikan kata kunci clip art yang anda inginkan di isian Search for dan terakhir klik tombol Go.
    Centang Web Collections
  4. Ada kemungkinan jika ini adalah pencarian kita yang pertama kali, anda akan di tanya tentang pengikut sertaan pencarian online, jawab Yes aja.
    Konfirmasi
  5. Lalu Microsoft Word akan mencari clipart dengan kata kunci yang anda maksud. Kalau dalam artikel ini saya akan mencari clip art “komputer”. Setelah menunggu beberapa detik, akan keluar hasilnya dalam bentuk thumbnail-thumbnail.
    Hasil cari
  6. Untuk memasukan clip art yang anda inginkan ke dalam dokumen anda, arahkan mouse anda ke gambar yang anda maksud dan klik panah ke bawah pilih menu Insert atau anda bisa langsung klik clip art tersebut.
    Insert clip art
  7. Nah, ini dia clip art setelah dimasukan ke dalam dokumen Word saya.
    Hasil
  8. Perlu di ketahui bahwa hasil cari tidak akan di simpan secara otomatis ke dalam clip art galery. Untuk memasukan clip art kesayangan kita dari hasil cari online ini, lakukan seperti langkah 6, hanya saja pilih menu Make Available Offline…
  9. Lalu simpan ke dalam folder gallery pilihan anda, jika anda ingin membuat folder tersendiri, klik tombol New lalu berikan nama yang representatif.
    Masukan ke folder yang representatif

Oya, untuk melihat hasil unduhan, anda bisa klik link Organize clips… di side bar Clip Art bagian bawah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi rekan-rekan.

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

7 Komentar

sapimoto  on March 11th, 2009

Wew, mantab banget Pak…
Saya udah jarang banget melihat clip art yang tersedia di office, terimakasih informasinya…

artikel terakhir sapimoto | Ponari Tersingkir

Bart. Edi  on March 11th, 2009

@sapimoto: waduh dapat pujian dari sang master…

byme  on March 11th, 2009

siip bos infonya
maknyus dan tetap semangat
byme salam kenal

artikel terakhir byme | priegs merenung sampai mati

rachmandani ardiyanto ardiyanto  on March 12th, 2009

wow mas edi berkat semua postingan mas edi semua kendala saya hampir terpecahkan tapi dikarenakan internet saya ingin di cabut 2 minggu lagi dan saya belum sempat baca semua tolongin dong kirimin semua postingan mas dalam format doc tolong bantu ya mas oh ya kirimin ke sini ya rachmandani_ardiyanto@yahoo.co.id

rusty  on April 22nd, 2009

sbenarnya ada juga alternatif lain untuk cari2 clipart microsoft baik yg basis bitmap maupun vector, tdk hrs punya microsoft office asli, lgs log on ke http://office.microsoft.com/en-us/clipart, free download koq, tgl insert (update) ke clipart gallery yg sdh ada di PC. Saya sarankan jika aplikasi clipart sifatnya komersial spt ilustrasi untuk brosur, banner, dll supaya aman lebih baik clipart diedit dulu sebagian, yg penting tidak mentah2 aslinya yg dipakai, krn ada term yg di antaranya menyatakan tidak boleh digunakan untuk kebutuhan komersial.

Maharani  on July 23rd, 2009

mas makasih bnyak atas infonya..
Brmanfaat bngt…
oiya mas kalau ada artikel ttg Ms. FrontPage dan Adobe Pagemaker tolong ditampilkan ya mas…
atau dikirim ke email saya
maharani_april@yahoo.com
tolong ya mas,
Terima kasih…. 🙂

mrs.tyas  on October 22nd, 2011

ini baru OK

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge