Serba Gratis

Dengan maraknya razia software diberbagai tempat, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Jogja dan Surabaya, kita dipaksa berpikir cerdik untuk mengakali hal itu. Bukan mengakali dengan kucing-kucingan, bukan itu maksud saya. Tetapi dengan mulai melihat maksud dari razia tersebut. Coba kita untuk berpikir positif sejenak, pada intinya kan razia itu hanya berusaha untuk melindungi hak-hak intelektual orang lain. Kita harus menghargai hal itu. Jalan keluar yang paling enak adalah membeli software tersebut. Menurut survey sebagian besar orang memakai Windows XP atau Vista, maka belilah software tersebut karena hal itu bisa membuat kita tenang dan belajar untuk menghargai karya orang lain. Lalu bagaimana jika kita tidak punya uang (termasuk saya hehehe)?

Cobalah melirik ke aplikasi-aplikasi yang bersifat open source, freeware atau gratis. Sekarang ini banyak sekali freeware yang ngga kalah dengan software berbayar. Coba saja lirik ke Ubuntu, OpenOffice, MySQL, GIMP dan masih banyak lagi.

Saya mencoba mendaftar aplikasi-aplikasi gratis yang ‘layak’ untuk kita pakai atau paling tidak di coba untuk merasakan kehebatannya.

Sistem Operasi
Ubuntu, hari ini Ubuntu adalah salah satu operating system open source terbaik yang tidak boleh diremehkan. Tampilannya sudah memukai, instalasi aplikasi tambahan sudah sangat gampang dan driver hardware sudah semakin lengkap saja. Kemarin saya download Ubuntu 8.04 yang sekarang semakin mudah saja mendampingkannya dengan Windows XP maupun Vista, tinggal klik tombol Install Ubuntu on Windows… selesai sudah tinggal ngikutin langkah-langkah yang diberikan. Ada bisa juga me-request CD gratis pada mereka, cuman sampai ketangan anda, anda harus extra sabar karena akan memakan waktu yang cukup lama. Jika anda punya sambungan internet unlimited, ngga ada salahnya ada coba download saja daripada me-request CD gratis. Kalau saya, cukup pakai hotspot di Galeria Mal, dalam waktu 6 jam selesai… gratis lagi.

Aplikasi Kantor
OpenOffice, aplikasi kantor yang satu ini semakin gampang saja untuk digunakan. Anda bisa menggunakannya tanpa dipungut biaya seperserpun, cukup download di site mereka, install lalu anda sudah dapat bekerja. Dipaket instalasinya, anda akan mendapat OpenOffice Write (pengganti Word), OpenOffice Calc (pengganti Excel), OpenOffice Base (pengganti Access) dan OpenOffice (pengganti PowerPoint). Memang menurut percobaan saya, aplikasi ini sedikit lambat jika dibanding Microsoft Office, tapi tidak sampai taraf mengganggu, jika komputer anda sudah cukup cepat maka tidak ada lagi alasan untuk tidak memakainya. Dan juga kompatibilitasnya terhadap format file Microsoft Office yang sudah tidak perlu diragukan lagi.

Design Graphics
GIMP, aplikasi ini memang beda dengan Photoshop untuk tampilannya, tapi jika anda ingin tampilan GIMP yang persis Photoshop, pengembangnya pun menyediakan tetapi anda harus beli meskipun tidak semahal Adobe Photoshop. Bagaimana kalau yang versi gratis? Jangan kuatir, GIMP ini cukup powerful untuk mengedit file-file foto anda. Dari Curve, Level, Saturation, Layer system sudah disediakan oleh GIMP. Dan hal itu cukup menakjubkan ketika anda dapat mendapatkannya dengan gratis.

Download Manager
Free Download Manager, meskipun Firefox di versi yang 3 ini anda dapat mengunduh file dengan tenang karena fungsi resume-nya dijanjikan sudah lebih baik dari versi yang sebelumnya, tetap saja dengan alasan tertentu anda masih membutuhkan tambahan aplikasi untuk mengunduh file-file yang bertebaran di internet. Banyak sekali aplikasi download manager gratis disana, cukup ketik “free download manager” di box google anda akan disuguhkan link-link kewebsite yang menyediakan aplikasi tersebut. Tetapi setelah beberapa kali mencoba, aplikasi Free Download Manager cukup menjanjikan untuk anda jadikan penolong ketika internet anda seperti kondisi listrik sekarang ini, yaitu byar pet… alias sering hidup tapi sering juga mati… hehehe.

FTP Manager
FileZilla, jika anda sering transfer file-file ke website anda atau mengunduhnya tentu anda membutuhkan aplikasi yang satu ini. Memang sih, aplikasi bawaan Windows XP sudah cukup memadai, tapi belum cukup kuat jika anda sering menggunakan layanan FTP. Dan yang paling menakjubkan dari FileZilla ini selain multi bahasa, FileZilla juga bisa me-resume download atau upload anda yang terputus.

Anti Virus
avast!
, memang paling bagus jika anda membeli versi berbayarnya, tapi versi gratisnya juga tidak kalah menakjubkan, anda juga disediakan update database virusnya secara gratis juga dan bersifat Auto Update, jadi begitu anda terkoneksi dengan internet maka database anda akan di update secara otomatis.

Udah dulu ah, takutnya kepanjangan artikelnya nanti akan saya sambung lagi dibagian kedua.

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

Satu Komentar

Gunakan Aplikasi Gratis Yuk… | Edi Susanto dot Com  on December 21st, 2008

[…] benar-benar membuat saya menelan ludah ketika melihatnya. Artikel ini melengkapi artikel saya yang ini.Nah, melihat hal itu saya berkeinginan untuk mencoba menggantikan semua aplikasi komersial yang […]

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge