Penerjemah Hebat Dari Google

Sebagai orang Indonesia yang kebanyakan berbicara dengan bahasa Indonesia (ya iyalah…) tentu menjadi satu tantangan tersendiri ketika kita akan menulis blog dengan berbahasa Inggris. Meskipun hal tersebut tidak mutlak (menulis blog dengan berbahasa Inggris) tetapi blog berbahasa Inggris memiliki pasar yang jauh lebih luas dibanding dengan yang berbahasa Indonesia. Memang kita harus mempunyai interest di bidang bahasa Inggris dulu sebelum membuat blog berbahasa Inggris dan untuk memudahkan kita, kita bisa menggunakan aplikasi-aplikasi penerjemah yang banyak beredar di pasaran.

Hanya menurut saya aplikasi-aplikasi tersebut selain harganya mahal juga hasilnya tidak akurat. 6 bulan yang lalu saya sih berharap bahwa layanan Google Translate bisa memasukkan bahasa Indonesia di dalam layanannya karena waktu itu baru 10 bahasa kalo ngga salah yang di dukung oleh Google Translate dan bahasa Indonesia tidak termasuk di dalam-nya.

Lalu saya iseng masuk ke Google Translate lagi 3 hari yang lalu, wah… saya benar-benar senang bahwa sekarang Google Translate memasukkan bahasa Indonesia termasuk bahasa yang di dukung-nya. Itu berarti anda dapat menerjemahkan bahasa asing (daftar bahasa yang telah di dukung Google Translate dapat anda lihat di site-nya yang terletak di combo box nya) ke bahasa Indonesia dan sebaliknya.

Lalu saya pun mencoba menerjemahkan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Sumber kata-kata bahasa Inggris saya ambil dari blog nya John Chow.

lalu saya mendapatkan hasil seperti ini:

Dan hebatnya lagi, kita dapat men-suggest Google jika ada hasil terjemahan yang menurut kita meleset atau salah dengan klik link Suggest a better translation. Lalu hasil terjemahan versi anda tersebut akan di masukan database Google dan akan di review oleh tim mereka, jika punya kita yang benar maka mereka akan memperbaiki database mereka. Dengan begitu kita juga bisa membantu orang lain juga.

Memang kalau saya lihat dari hasil-nya sih ada beberapa kata yang wagu tapi ya… ini sudah sangat membantu saya dalam membuat blog-blog berbahasa Inggris saya dan tinggal benerin beberapa grammar yang salah. Kalau anda ingin mudah tinggal karang aja artikel anda dalam bahasa Indonesia, masukkan Google Translate, klik Translate.. jadi dah.. tinggal copy-paste ke blog kita dan edit sedikit sana-sini dimana ada kata-kata yang dirasa kurang pas atau salah terjemahan.

Bagaimana menurut anda?

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

4 Komentar

ipung  on October 13th, 2008

Berarti kita tinggal menulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar ya agar sistem translator mereka tidak kebingungan juga 🙂

Bart. Edi  on October 16th, 2008

iya bro, nanti kalo pake bahasa prokem malam bingung si google nya hehehe

ijhal  on October 27th, 2008

weleh-weleh…. so Greattttt!!!!!]
skarang ane dah ga pusying lagi baca website yang bahasa inggris.. soale cuma bisa bahasa bantul tok. thanks mas.. thanks GOOGLE!!! hanya ALLAH & Rosulnya yang bisa menyaingimu.

agung  on March 1st, 2009

aplikasi itu versi berapa

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge