PCMAV 2.0

Tidak di ragukan lagi, bahwa anti virus buatan anak bangsa satu ini adalah anti virus terbaik untuk membasmi virus-virus lokal. Anti virus yang di bundel dalam CD/DVD yang di sertakan setiap penerbitan majalah PC-Media atau PC-Mild ini selalu menjadi andalan saya ketika, komputer di rumah maupun di kantor saya terserang oleh virus lokal yang kadang tidak terdeteksi oleh anti virus-anti virus import.

Di versi-nya yang teranyar ini (sebelumnya 1.93), PCMAV mempunyai fitur-fitur baru yang tidak kalah dengan anti virus import. Berikut fitur-fitur baru yang saya salin dari file README-nya:

  1. IMPROVED! Implementasi modul baru untuk manajemen operasi memory dan pencarian file yang lebih cepat dan stabil.
  2. NEW! IntelligentScan (iScan) engine for ClamAV untuk meningkatkan akselerasi pendeteksian ketika engine ClamAV digunakan. Pada PCMAV generasi 1.x banyak dikeluhkan mengenai betapa lambatnya PCMAV ketika digabung dengan engine ClamAV. Untuk itulah kami melakukan riset mendalam untuk mengembangkan sebuah engine tambahan, yang diharapkan secara signifikan dapat meningkatkan performa PCMAV ketika digabung dengan engine ClamAV. Hasilnya, terciptalah iScan for ClamAV yang secara meyakinkan mampu meningkatkan performa scan PCMAV+ClamAV hingga 40% lebih cepat.
  3. NEW! RealTime Protector (RTP) for Vista dan Windows 7. RTP kini dapat berjalan lancar dan stabil di Windows Vista. Khusus untuk Windows 7, walau cukup berjalan lancar, RTP masih bersifat eksperimental mengingat Windows 7 sendiri yang masih berstatus Beta.
  4. NEW! Virus Quarantine (karantina) untuk mengisolasi file-file yang  dicurigai bervirus ke tempat yang aman dan terlindungi sebelum diambil tindakan lebih lanjut, seperti penghapusan maupun perbaikan file. Jika ternyata file tersebut tidak berbahaya (false alarm), maka dapat dikembalikan ke lokasi awal di mana file tersebut berasal. Klik angka pada info Quarantined untuk masuk ke menu karantina. Folder dan file “\quarantine\quarantine.dat” secara otomatis akan terbentuk ketika PCMAV dijalankan untuk pertama kalinya di harddisk.
  5. NEW! Virus Submit yang terintegrasi di menu Virus Quarantine.  Jika pada PCMAV generasi 1.x ditemukan file yang dicurigai (suspected) maka Anda harus mengirimkan contoh file tersebut secara manual melalui e-mail dengan sebelumnya dilakukan kompresi yang terpassword. Kini keribetan tersebut tidak ada lagi. Fitur Virus Submit hadir untuk mempermudah pengiriman otomatis file-file yang dikarantina ke PC Media. Tinggal pilih file yang dimaksud di menu Virus Quarantine, lalu pilih Submit. File yang berhasil dikirim akan dianalisa dan sesegera mungkin dibuatkan update antivirus-nya berdasarkan skala prioritas.
  6. NEW! PC Media Updates Manager untuk update online otomatis, baik untuk file database virus PCMAV (update.vdb) maupun ClamAV (main.cvd & daily.cvd).
  7. IMPROVED! Integrasi awal PCMAV Cleaner & RTP. Proses awal PCMAV Cleaner kini lebih cepat karena tidak lagi memeriksa memory/sistem start-up Windows ketika RTP telah aktif. Dan untuk lebih menghemat penggunaan memory, kini PCMAV Cleaner & RTP mampu menggunakan memory bersama untuk database virus.
  8. IMPROVED! Fitur scan melalui klik-kanan pada Explorer (/REGSHELL). Bukan hanya file, kini folder juga dapat dilakukan scan dengan klik-kanan.
  9. NEW! Fresh-Look dengan tampilan baru yang lebih simpel, cerdas, informatif, dan tentunya menyenangkan.
  10. BUG FIXED! Kesalahan deteksi (false alarm) heuristik pada beberapa program dan script.
  11. IMPROVED! Database virus utama (pcmav.vdb) kini dikeluarkan dari modul utama dan bersama file update database virus (update.vdb) diletakkan di folder “\vdb”
  12. IMPROVED! Engine dan CVD tambahan ClamAV (0.9x) kini wajib diletakkan di folder “\plugins\ClamAV”
  13. IMPROVED! Ditambahkan database pengenal dan pembersih 54 virus lokal/asing/varian baru yang dilaporkan menyebar di Indonesia. Total 2614 virus beserta variannya yang banyak beredar di Indonesia telah dikenal di versi 2.0.0 ini oleh core engine PCMAV.
  14. IMPROVED! Perubahan beberapa nama virus mengikuti varian baru yang ditemukan.
  15. IMPROVED! Perbaikan beberapa minor bug dan improvisasi kode internal untuk memastikan bahwa PCMAV tetap dapat menjadi antivirus kebanggaan Indonesia.

Penggunaan anti virus satu ini sangatlah mudah:

  1. Download dulu anti-virus PC MAV 2.0 (File ini sudah saya sertakan update sampai hari artikel ini di tulis).
  2. Ekstrak/mekarkan file hasil unduhan tersebut.
  3. Matikan dulu System Restore di Windows XP/Vista/7 beta anda.
  4. Masuk ke folder hasil ekstrak (nama folder: !PCM4P), dan anda akan mendapati 2 file yaitu: PCMAV-CLN.EXE dan PCMAV-RTP.EXE. PCMAV-CLN untuk aplikasi pembersihan virus dengan memilih drive-drive yang anda duga ada virus-nya. Untuk PCMAV-RTP.EXE untuk program resident di memory sehingga jika ada gerak-gerik yang mencurigakan (kaya maling aja nih hehehe…), maka PCMAV-RTP.EXE akan memberitahukan pada anda. PCMAV-RTP.EXE akan terlihat sebagai ikon di systray (dekat ama jam di pokok kanan bawah).
    PCMAV-CLN.EXE

Nah, selamat membasmi virus…

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

6 Komentar

Benningthon  on March 14th, 2009

pak..bagaimana si supaya domain blog saya..mau saya rubah menjadi .com (namablog.com)

blog saya : http://www.radjasaham.blogspot.com saya mau ganti menjadi radjasaham.com <<–
mohon tips & trick nya ya pak..
thx lo..
saya juga pembaca setia & langganan edi susanto dot com…^^

pemula  on March 28th, 2009

Setuju mas.. khusus untuk virus2 lokal.. PCMAV memang wokee.. oya.. bagaimana trik menggabungkan dengan ClamAV.. soealnya sering gagal neh.. thanks..

Bart. Edi  on March 28th, 2009

@pemula letakan aja library punya clamav ke folder plugins/clamav. Folder tersbut dibuat di bawah folder PCMAV nya. Filenya: daily.cvd, libclamav.dll, libclamunrar.dll, libclamunrar_iface.dll, main.cvd

SUSANTO HIDAYAT  on April 22nd, 2009

Om Edi, setelah saya install PCMAV 2.0, semua virus langsung koit. Hebat. Namun setelah hampir 2 minggu-an saya pakai anti virus tsb, komputer saya jadi terganggu. Drive D dan Drive E saya jadi tidak dikenal. Setiap masuk explore / my computer, saat akan detect D, E dst system jadi “setengah hang”. Saya sebut “setengah hang” karena saya tetap bisa menjalankan aplikasi lainnya – misalnya msoffice ( walaupun jadi ‘lola’ ). Saya curiga, apakah ada virus jenis baru ya ? saat saya cek Taks Manager, ada satu program yang aneh yaitu : abSkoIqitu ( yang tertulis huruf besar hanya S dan I yang pertama – i yang kedua tetap huruf kecil ). Lalu saat saya coba-coba ‘cancel’ PCMAV RTP 2.0 dengan cara men-End Task program tsb (abSkoIqitu ) drive D dan drive E saya bisa diketemukan lagi. Mohon solusinya. Oya, Om Edi, jika memang penyebabnya dari PCMAV RTP 2.0, cara uninstallnya bagaimana ya… karena saya cari di Add or Remove Program kok gak ada ? atau mungkin Om Edi punya solusi yang lebih jitu ? Terima kasih. Maju Terus : edisusanto.com

Bart. Edi  on April 22nd, 2009

@SUSANTO HIDAYAT: Coba pak saya sampaikan ke PCMAV untuk permasalahan ini.

SUSANTO HIDAYAT  on April 23rd, 2009

Oke, terima kasih atensinya. saya tunggu ya om jawaban dari PCMAV.

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge