Nyicipi NetBeans

netbeansBanyak sekali cara untuk membuat proyek pemrograman PHP di luar sana. Mulai dari yang paling sederhana yaitu Notepad sampai ke aplikasi-aplikasi IDE canggih yang berbayar. Nah, kali ini saya ingin mencoba salah satu alat pengembangan aplikasi PHP yang tidak bisa di pandang sebelah mata, karena aplikasi satu ini di kembangkan salah satu divisi yang dinaungi oleh Sun Microsystem. Nama alat ini adalah NetBeans IDE yang ketika artikel ini ditulis sudah di versi 6.5.1. Tentu saja NetBeans di develope dengan bahasa Java sehingga ketika instalasi, NetBeans akan menginstall juga Java Runtime Environment (JRE). Yuk, kita lihat sekilas (karena saya juga baru instal malam ini, abis downloadnya gagal melulu).

Saya tidak akan menulis langkah-langkah seperti biasanya, tetapi cenderung ke pengenalan muka dulu, karena saya juga sangat nubie di aplikasi ini. NetBeans sendiri membuat IDE ini tidak hanya untuk PHP saja tetapi juga untuk Java, JavaFX, Java SE, Ruby, C/C++ dan PHP sendiri. Selain itu NetBeans juga mendukung penggunaan GlassFish dan Apache Tomcat.

Download NetBeans

Anda bisa mengunduh NetBeans di sini. Dan untuk proses instal aplikasi ini seperti instalasi aplikasi lainnya, ya… klik tombol Next melulu setelah klik ganda di file hasil download-nya.

Setelah proses instalasi selesai, saatnya untuk mencoba. Untuk membuka biasa, melalui Start -> All Programs -> NetBeans. Ketika saya ingin mencoba membuat project PHP baru, NetBeans langsung mendetek lokasi folder webserver Apache di komputer lokal saya, sehingga saya tidak usah susah-susah mengarahkan ke folder htdocs Apache saya.

Lokasi htdocs

Apache detect

Tidak hanya di situ, NetBeans juga mendukung kemudahan-kemudahan untuk koneksi ke database MySQL (Ya,karena MySQL di bawah naungan Sun Microsystem juga).

MySQL Support

mysql

Untuk penulisan coding PHP maupun HTML juga sangat mudah, karena NetBeans akan membantu dalam bentuk dialog-dialog yang akan membantu kita.

penulisan coding

Nah, itu sekilas tentang NetBeans untuk pemrograman PHP, kalau anda tertarik dengan NetBeans anda bisa mendapatkannya dengan gratis koq… Selamat mencoba

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

5 Komentar

Suwahadi  on April 24th, 2009

Kayaknya lebih user-friendly nih.
Langsung meluncur ke TKP, thanks… 🙂

artikel terakhir Suwahadi | Blocking via DNS Filter Nawala

Willy - KL  on April 24th, 2009

NetBeans ini juga buat Java ya Mas?
Kalo ga salah,pas jalanin program ini makan banyak resource..
hehe..

artikel terakhir Willy – KL | Shortcut key untuk mematikan monitor

Bart. Edi  on April 24th, 2009

@Willy – KL: Iya, dia juga bisa buat Java, C++/C dan Ruby tapi yang buat dia memang terasa agak berat karena dia di buat dengan java sehingga butuh JRE yang pengamatan saya yang biasanya JRE membuat aplikasi yang berjalan di atasnya menjadi agak berat. Tapi jika RAM kita besar tidak terasa koq 😀

sa underline  on January 18th, 2010

netbeans ini bgz tampilanNya tapi gimana yaaaa
netbeans ini menghamburkan memory doank sampe2
komputer aku begitu double klik netbeans tersebut
lamanya luar biasa tapi bgz untuk membuat websitenya
professional aplikasinya ….

IdeGue! Blog  on June 17th, 2010

salam kenal…
saya mau tanya, bagaimaca cara membuat tombol open yang digunakan untuk membuka program lain di java net beans??….
kalo gak keberatan balas di blog saya yaa,,,,
terimakasih…
IdeGue! Blog´s last blog post ..IDM 5.19 Buid 3 Full + Patch

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge