Mesin Pencari Bing

Kompetisi mesin pencari memang baru ketat akhir-akhir ini. Setelah memplokamirkan diri sebagai ask engine yaitu Wolfram Alfa, Microsoft tidak mau ketinggalan dengan meluncurkan mesin pencarinya yang baru yaitu Bing. Selama ini dominasi market share mesin pencari selalu di pegang oleh Google (tentu anda sudah tahu hal ini). Di Amerika sendiri, Google memegang tidak kurang dari 65% dari total market mesin pencari di sana. Dan sudah menjadi rahasia umum, untuk menggeser dominasi tersebut tidaklah semudah membalikan telapak tangan.

Menurut ITWire, market share Google agak turun akhir-akhir ini, begitu juga dengan Yahoo dan pindah kemanakah market share yang hilang itu? Bisa di tebak, Bing lah penyebabnya. Tentu hal ini adalah berita baik untuk Microsoft. Menurut beberapa analis hal ini disebabkan karena hasil pencarian Bing yang semakin baik. Not bad, untuk mesin pencari yang masih berversi beta ini.

Kriteria hasil yang baik dari mesin pencari adalah hasil yang menampilkan yang sesuai dengan apa yang di cari oleh pencari.

Tampilan Bing juga sangat elegan dan simpel ini membuat para penjelajah internet bisa betah dengan Bing, belum lagi di hiasi dengan photo yang selalu berganti, tentu photo yang di tampilkan berkualitas tinggi.

tampilan muka Bing

Di halaman hasil Bing, ada sesuatu yang menarik, yaitu di setiap URL anda dapat mem-preview isi setiap hasil-nya dengan hanya mengarahkan kursor mouse anda ke arah kanan. Juga, di sebelah kiri hasil cari, anda bisa melihat hal-hal yang berhubungan dengan kata kunci yang anda ketikan. Saya cukup kagum juga dengan related resources yang di berikan oleh Bing, ketika saya mengetikan kata kunci “Susilo Bambang Yudhoyono”, saya di berikan suggest Wiranto, Sukarno, Megawati Sukarnoputri, hal itu membuktikan keakuratan database dan algorithma dari mesin pencari Bing ini.

Halaman hasil Bing

Lalu hasil cari Bing jika di banding dengan Google? Mari kita buat percobaan dengan mengetikan nama Presiden kita yaitu dengan kata cari “Susilo Bambang Yudhoyono”.

hasil cari Google

Mana yang lebih baik? Anda sendiri yang menilai…

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

4 Komentar

Seorang Blogger  on August 5th, 2009

katanya bing ini saingannya mbah guugle ya bang,, tapi sejauh ini ane belum coba .. buka situsnya aja belum.. hehe..
.-= Seorang Blogger´s last blog ..PIN Google Adsense akhirnya Sampai Juga =-.

bolosmpil  on August 7th, 2009

bing mesin pencari ini…. bgus juga tampilan uku udah pernah coba
.-= bolosmpil´s last blog ..EZ ZUMIN MARKETING =-.

RajaMp3.com  on August 11th, 2009

Wah aku bikin website ku pertama kali dapet inspirassi dari sini, mkasih ya bang edi…

iyah ne web aku banyak dikunjungi dari bing padahal kan aku daftar direktorinya di msn, pa otomatis ya masuk ek bing…hehehe

Zuula, Portal Mesin Pencari Yang Praktis | Edi Susanto dot Com  on January 13th, 2010

[…] yang secara frontal menantang Google seperti Yahoo dan Bing tapi ada juga yang mengambil ceruk pasar yang lain, seperti Zuula […]

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge