Menjumlahkan Dengan Kriteria Tertentu

Kalau anda bekerja dengan Excel atau aplikasi spreadsheet yang lainnnya, tentu rumus SUM adalah rumus yang hampir tiap hari kita pakai untuk menjumlahkan angka di range tertentu. Tetapi SUM memiliki keterbatasan, SUM hanya bisa menjumlahkan angka tanpa kriteria apapun. Jadi misalnya kalau kita ingin menjumlahkan angka hanya untuk tanggal 1 saja, tentu anda harus secara manual menjumlahkannya di range data tanggal 1. Tapi bagaimana kalau datanya belum ada? Karena kalau kita pakai rumus SUM secara manual, berarti datanya harus ada dulu, baru kita nanti jumlah tanggal 1 di range data tanggal 1, tanggal 2 di range tanggal dua. Dan tentu itu tidak efektif sama sekali.

Excel menyediakan rumus pendamping SUM yang sangat bagus jika penjumlahan anda memerlukan pengkondisian tertentu. Rumus itu adalah SUMIF. Contohnya jika anda ingin menjumlahkan penghasilan rumah makan anda per tanggal, dan inputnya dimasukan secara acak tentu itu menjadi tugas yang berat jika harus menjumlahkan satu persatu.

Penggunaan rumus SUMIF adalah SUMIF(range_cell_kriteria;nilai_kriteria;range_cell_yang_akan_dijumlahkan). Jadi jika data tanggal anda di range A3:A19 dan tanggal yang ingin di jumlahkan adalah 1 dan range data anda adalah B3:B19, maka rumus yang harus anda tulis adalah =SUMIF($A$3:$A$19;1;$B$3:$B$19).

Oya, buatlah range cell nya absolute dengan cara menekan tombol F4 waktu cursor anda di A3, A19, B3, B19 jika mengacu pada contoh diatas. Lalu karakter $ akan muncul. Dengan begitu range cell nya tidak akan berubah ketika anda ingin membuat rumus berikutnya untuk tanggal 2 dan selanjutnya.

Anda bisa memakainya dikriteria-kriteria lainnya. Untuk lebih jelasnya anda dapat mengunduh contoh yang telah saya bikin.

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

9 Komentar

aziz  on March 25th, 2009

Trimakasih tipsnya.

Mengenal Formula SUMIFS | Edi Susanto dot Com  on October 12th, 2009

[...] dengan kriteria tertentu bisa dilakukan dengan formula SUMIF dengan sangat sederhana. Hanya saja ada kelemahannya ketika [...]

jerink  on October 16th, 2009

bos mo tanya klo misal mo jumlahin per tanggal dan per item di jadiin satu rumusnya gmn bos???
thanks

Mengenal Formula SUMIFS « Aldemar haloho  on March 25th, 2010

[...] dengan kriteria tertentu bisa dilakukan dengan formula SUMIF dengan sangat sederhana. Hanya saja ada kelemahannya ketika [...]

chiko  on April 8th, 2011

mas gimana jika data itu ada dua file dengan range lebih dari satu??
misal data berdasarkan plafon kredit dan berdasarkan dan nama orangnya.
contoh lain cari berdasarkan nama tetapi yang belum melebihi plafon apa bisa pake sumif???
jika tidak pake apa??????

andy  on August 10th, 2011

saya ada masalah di SUM, misalkan ada 5 kolom berisi angka dan hendak saya jumlah, saya menggunakan sum. saat pertama di sum jumlahnya keluar dengan benar. tetapi apabila saya ingin merubah angka di kelima kolom tersebut, hasil sumnya nggak berubah sama sekali. biasanyakan berubah
ada yang bisa bantu… sudah satu abad saya cari belum dapet2 juga jawabannya.
terimakasih

sanjaya  on August 23rd, 2012

mas,mau tanya SUM ,JIKA KOLOM A=TANGGAL ( 1JAN S/D 31MARET ) B=PEMBELIAN ( JAHE , KUNIR ,KENCUR ) ,C=JUMLAH ( KG ) , BAGAIMANA UNTUK MENGETAHUI JUMLAH PEMBELIAN JAHE PADA TGL 4 PEBRUARI S/D 20 PEBRUARI ,PADA DASARNYA UNTUK MENGETAHUI JUMLAH RANGE TGL PEMBELIAN. TRIMAKASIH BANYAK .

aku ganteng  on November 27th, 2013

kalo menghitung penjumlahan data berdasarkan tanggal pake delphi gimana ya mastah??
:hormat

Bart. Edi  on December 18th, 2013

@aku ganteng: maaf, saya tidak menguasai bahasa Delphi.

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge