Menjaga Volume Suara Di iTunes

iTunes adalah aplikasi pemutar MP3 kesukaan saya. Memang ada banyak sekali aplikasi pemutar MP3 di luar sana, tetapi entah kenapa MP3 player besutan Apple ini begitu pas dengan kebutuhan saya. Dari fungsi cari lagu nya yang luar biasa dengan kecepatan cari secepat kilat, interface yang sederhana tapi sangat membantu, di samping fasilitas standard seperti import lagu (rip) ke AAC, MP3 dengan berbagai bit rate dengan hanya satu tombol saja semua lagu dari CD audio anda akan berpindah format sampai ke pembuatan smart play list sehingga kita bisa mengelompokkan musik ke smart play list sebanyak yang kita suka.
Dan jangan lupa iTunes juga terintegrasi dengan toko musik online milik Apple (tentu saja ya…). Nah, kali ini saya akan membahas fitur standar yang mungkin player lain juga memiliki tapi saya rasa iTunes mengerjakannya lebih baik. Fitur itu adalah menyamakan level suara setiap lagu sehingga mempunyai keras keluaran suara yang sama. Ini terlihat fitur yang tidak begitu penting, tapi di ribuan file audio koleksi kita itu mempunyai level suara yang berbeda-beda sehingga jika kita memainkan banyak lagi mungkin saja tiba-tiba suara menjadi keras sendiri karena file lagu tersebut memang mempunyai level suara yang keras. Tentu ini sangat menjengkelkan karena akan sering mengagetkan kita apalagi jika lagu sebelumnya mempunyai level suara yang pelan dan di lagu selanjutnya mempunyai level suara yang jauh lebih keras.

Untuk melakukannya di iTunes anda harus mengaktifkan fitur di iTunes yang dinamakan Sound Check. Caranya:

  1. Klik menu Edit -> Preferences… (atau anda bisa pencet tombol Ctrl + ,)
  2. Klik tab Playback dan centang opsi Sound Check lalu klik tombol OK untuk menyimpan konfigurasi baru ini.

Nah, sekarang tiap lagu akan mempunyai level suara yang sama sehingga kita ngga perlu lagi di kagetkan dengan suara yang tiba-tiba menggelegar dan membangunkan seisi rumah.

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

Satu Komentar

Mencicipi iTunes 8 | Edi Susanto dot Com  on October 8th, 2008

[…] saya katakan di sini, bahwa iTunes adalah aplikasi pemutar MP3 favorite saya. Beberapa saat yang lalu Apple merilis […]

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge