Mengubah Fahrenheit Ke Celcius

Kemarin seorang rekan saya meminta tolong kepada saya untuk di buatkan satu konverter temperatur di Microsoft Excel. Satuan temperatur itu adalah dari °F (Fahrenheit) ke °C (Celcius. Seperti yang kita ketahui bahwa Fahrenheit banyak di gunakan di Amerika sedangkan Celcius banyak di gunakan di negara-negara yang menggunakan satuan metrik termasuk Indonesia. Keperluan teman saya itu di gunakan untuk membayangkan suhu-nya di dalam Celcius karena kebetulan teman saya tersebut baru memasang satu akuarium ikan hias air laut yang tentu harus memperhatikan parameter suhu di akuariumt tersebut.

Lalu, saya ingin membagikan hasil dan caranya kepada rekan sekalian, mungkin ada rekan-rekan yang membutuhkan perhitungan yang sebenarnya sederhana ini.

Untuk perhitungan konversi saya mengambil dari situs Math is Fun, karena jujur saja saya sudah lupa akan perhitungan konversi antara dua satuan tersebut, maklum pelajaran SD. Nah, untuk membuat dalam Microsoft Excel sebagai berikut:

  1. Buat posisi input dan hasil di sheet Excel anda, dalam hal ini saya akan membuatnya dalam bentuk table.
    contoh table
  2. Saya isikan contoh-contoh dari sample suhu air yang sudah di ukur dengan Fahrenheit. Untuk masukan Fahrenheit saya taruh di kolom C dan hasil di kolom D.
  3. Menurut Math is Fun, rumus untuk mengubah dari °F ke °C adalah: (suhu fahrenheit-32) x 5/9 rumus itu juga bisa di tuliskan seperti ini: (suhu fahrenheit-32) / 1,8. Darimana 1,8? yaitu pembagian dari 9 bagi 5. Lho bukannya 5 bagi 9? Ini juga pelajaran matematika SD (waktu menulis artikel ini sambil mengingat-ingat…). Karena operatornya dari kali ke bagi, maka pembagian bisa di balik.
    rumus di hasil
  4. Nah, sekarang anda tinggal copykan rumus tersebut ke cell hasil yang lainnya.
  5. Lalu saya ingin ‘menghias’ nilai-nilai tersebut dengan satuan derajat-nya, sehingga tidak membingungkan ketika di baca. Untuk memberikan ‘ekor’ di nilai-nilai tersebut, pertama blok nilai yang akan di berikan tambahan Fahrenheit.
  6. Lalu klik kanan di cell yang telah di blok itu, lalu pilih Format Cells…
  7. Di tab Number, pilih Custom, pilih General lalu arahkan kursor mouse ke setelah kata General lalu buat tanda derajat dengan menekan tombol Alt + 0176 lalu ketikan F. Lalu tekan tombol OK.
    Beri satuan derajat
  8. Lakukan hal yang sama di cell hasil, tapi kali ini beri akhiran C sehingga hasilnya seperti gambar di bawah ini.
    Hasil

Rekan-rekan bisa mengunduh contoh dari artikel ini di sini. Semoga bisa bermanfaat…

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

5 Komentar

DJUNEK  on June 12th, 2009

Saya sudah mencoba Alt+0176 F . Mengapa gak berhasil ?

Bart. Edi  on June 12th, 2009

@DJUNEK: Tekan dan tahan tombol Alt sambil menekan 0176 lalu lepaskan tombol Alt, baru ketik F.

johan gates  on July 9th, 2010

wah postingannya bagus apalagi yang ALT+0176 keren terimakasih atas ilmunya

maq_inn  on September 8th, 2010

gak sengaja mo cari konversi suhu, ktm blog ini. makasih bagi ilmunya

ahmad  on June 8th, 2011

terima kasih atas informasinya, sangat berguna bagi saya. semoga pembelajaran selalu menyertai kita semua

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge