Menghitung Perolehan Penjualan

Jika anda ingin menghitung penjumlahan dari dua kolom data atau lebih, biasanya kita akan mengalikan mereka satu-persatu dulu lalu baru kita jumlahkan hasil pengalian tersebut untuk mendapatkan total dari hasil penjualan kita.

Misalnya, kita punya data A, B dan C yang masing-masing adalah komponen multiplier dari produk anda dan anda harus menjumlahkan semuanya untuk mendapatkan total penjualan, biasanya kita akan mengalikan kolom A x kolom B x kolom C untuk mendapatkan sub total hasil pengalian per baris dan akhirnya rumus SUM akan digunakan untuk menjumlahkan semua sub total yang ada.

Sebetulnya ada satu rumus yang bisa membuat tugas kita lebih efisien untuk mengetahui jumlah pengalian beberapa kolom data. Rumus itu adalah SUMPRODUCT. Penggunaannya cukup mudah, yaitu SUMPRODUCT(range_data_1; range_data_2; range_data_3; dst).

Misalnya anda mempunyai data 3 kolom (di kolom A, B dan C) dan range data dari baris 3 sampai 10, maka untuk mendapatkan total pengalian kolom A x kolom B x kolom C anda cukup ketikkan =SUMPRODUCT(A3:A10;B3:B10;C3:C10), maka hasil pengalian dari ketiga kolom tersebut akan anda dapatkan dalam sekejap.

Atau anda bisa menggunakan SUMPRODUCT untuk menghitung hasil pengalian dengan kriteria tertentu. Misalnya anda ingin mengetahui total pengalian untuk tanggal penjualan 2 saja, maka anda cukup mengetikkan =SUMPRODUCT((A3:A12=2)*(B3:B12)). Dimana A3:A12 adalah range data yang berisi dengan tanggal penjualan dan B3:B12 adalah range data hasil penjualan. Hasil dari rumus =SUMPRODUCT((A3:A12=2)*(B3:B12)) adalah total pendapatan di tanggal 2 saja.

Untuk lebih jelasnya anda dapat mengunduh contoh yang sudah saya buat di Ziddu atau di JogjaUpload.

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge