Menghitung Cell Yang Kosong

Dalam pengisian dari data-data yang kita lakukan di Microsoft Excel, terkadang ada beberapa cell yang kita biarkan kosong, karena memang tidak ada entry value untuk cell itu. Hal itu bisa terjadi karena memang tidak ada penjualan misalnya di hari itu sehingga kita membiarkannya kosong. Jika memang demikian keadaannya, tentu kita suatu kali pernah ingin menghitung, berapa kali sih tidak ada penjualan? Atau berapa banyak cell yang kosong?

Daripada kita menghitung secara manual, ada satu formula milik Microsoft Excel untuk melakukan tugas tersebut. Formula tersebut ada COUNTBLANK.

Penggunaan dari COUNTBLANK sangat mudah, tinggal ketik =COUNTBLANK(range_awal:range_akhir). Misalnya range isian omzet ada di cell B2 sampai B10, maka penulisan formula yang benar adalah =COUNTBLANK(B2:B10).

Maka dengan cepat kita bisa mengetahui berapa cell-kah yang dibiarkan dalam keadaan kosong. Anda bisa mengunduh contoh file artikel ini.

Semoga bermanfaat….

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

3 Komentar

adi  on June 30th, 2009

makasih buanget sangat bermanfaat bauanget,

Menghitung Jumlah Cell Yang Terisi | Edi Susanto dot Com  on December 17th, 2009

[…] aja, di artikel ini kita akan belajar kebalikan dari cara menghitung jumlah cell yang kosong di Microsoft Excel. Rumus yang kita gunakan ada […]

Menghitung Jumlah Cell Yang Terisi « Aldemar haloho  on March 25th, 2010

[…] aja, di artikel ini kita akan belajar kebalikan dari cara menghitung jumlah cell yang kosong di Microsoft Excel. Rumus yang kita gunakan ada […]

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge