Menghilangkan Link Pages Di WordPress

Dengan konfigurasi standart, WordPress akan menampilkan semua tautan/link Pages yang ada. Ya, sebetulnya bagus sih karena setiap kita bikin Pages maka link akan secara otomatis akan di tampilkan, apalagi memang Pages ini dibikin untuk keperluan-keperluan tertentu saja. Tapi ada susahnya juga, jika suatu saat kita ingin ada beberapa Pages yang ingin kita ‘sembunyikan’ tautannya maka hal ini akan menjadi hal yang sedikit membingungkan kita. Jika anda mempunyai masalah yang sama, mungkin rekan-rekan bisa mencoba ‘resep’ yang satu ini.

Seperti yang saya alami kemarin, saya bermaksud memberi tambahan Google Adsense for Search pada salah satu blog saya, yang biasanya saya buat dulu template-nya dalama Pages dan celakanya tautan Pages yang berisi template ini juga di tampilkan di halaman blog tersebut. Dan ini yang ingin saya hilangkan.

Intinya, kita akan memberikan parameter exclude pada function wp_list_pages. Dan berikut langkah-langkahnya:

  1. Kita harus tahu Pages ID dari Pages yang ingin kita sembunyikan tetapi sayangnya Pages ID ini tidak bisa terlihat secara langsung. Untuk itu rekan-rekan bisa menggunakan plug-ins Reveal IDs for WP Admin Plugin. Tinggal unduh dan install plug-ins tersebut ke WordPress rekan-rekan.
  2. Lalu kembali ke layar Administrator WordPress Anda, klik menu Edit di bawah Pages untuk melihat daftar Pages Anda dan catat ID nya.
  3. Lalu edit template WordPress anda lalu mencari penggunaan function wp_list_pages, biasanya dapat di temui di Header (header.php).
  4. Jika function wp_list_pages di gunakan tanpa parameter berikan parameter: ('exclude=nomor_id' ). Jadi misalnya ID Pages anda adalah 885 maka keseluruhan penggunaan function menjadi seperti ini: “wp_list_pages('exclude=17,38' );“. Tapi jika disana sudah ada parameter yang digunakan tambahkan tanda & untuk menyambung dengan parameter exclude sehingga akan terlihat seperti ini: wp_list_pages('sort_column=menu_order&title_li=&depth=1&exclude=885' )
  5. Klik tombol Update File.
  6. Nah coba buka blog anda, apakah link yang anda maksud sudah hilang?

Untuk melihat secara lengkap parameter-parameter funcion wp_list_pages bisa Anda temui di sini.

Selamat mencoba…

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

Satu Komentar

tips business and healthy  on May 16th, 2010

thank …..udah share tentang link ini….semuanya sangat berguna bagi saya
.-= tips business and healthy´s last blog ..How to Choose the Best WMA Converter =-.

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge